REVIEW : Wardah Lightening Series

Assalamu'alaikum Guys!
Berasa udah lama gak nongol di blog ya, di kesempatan kali ini, aku mau review skincare yang udah aku pake dengan “niat banget” alias “serius” sekitar 3 bulan lamanya. Tapi sebelum review, aku mau CERITA SEDIKIT hehe. Sebenarnya ini bukan kali pertama aku pakai wardah lightening series. Ini kali keduanya. Sejujurnya, aku pake wardah tuh di bulan juli 2016. First impression pake wardah muka aku awalnya fine fine aja. But, I minggu kemudian kulit aku berasa kering, pake banget. Agak beruntus juga (semacam jerawat nasi keci-kecil yang ada matanya tapi gak sakit dan gak banyak jumlahnya) dibagian dahi tapi gak parah sih. Jadi aku lanjutin aja, mungkin ini efek penyesuaian. Saat itu sih aku milih untuk bertahan. Setelah 1 bulan pakai dan ngerasa cocok, kemudian aku melakukan operasi tanam pen di rahang aku, otomatis pasca operasi aku berhenti pake wardah karena gak ada waktu buat rawat muka. Mandi aja susah :’( . Karena pipi aku bengkak dan agak susah bersihinnya, akhirnya  pipi kiriku jerawatan. Waktu itu cream wardah aku masih banyak, terutama night creamnya. Kemudian aku hibahin sama saudara yang kebetulan lagi nyobain wardah, daripada gak kepake kan sayang, lebih baik dikasih aja sama orang lain. Tapi, dulu  gentle wash sama scrubnya tetep aku pake. Sekarang udah enggak repurchase buat GW+scrubnya.



Setelah pasca operasi, kulitku jadi kering, kurang lebih selama 2 bulan lamanya aku sama sekali men-STOP pemakaian skincare karena pipi kiriku kena jerawat. Setelah jerawatannya sembuh, akhirnya aku pake love nature oriflame yang wild rose (REVIEW : ORIFLAME LOVE NATURE WILD ROSE DAY CREAM). 6 bulan aku pake oriflame, kulitku emang jadi sehat tapi kok serasa kucel kusem gitu gak secerah pake wardah. Apalagi setelah pulang dari pantai santolo, beuhh muka aku jadi dekil. tapi wajar sih creamku yang oriflame kan gak “mencerahkan” gak ada spfnya juga. Setelah pikir-pikir sepertinya aku harus nyoba lagi pake wardah. Alasan pertama pengen cerahin muka inget ya “CERAH” bukan “PUTIH” toh aku nyadar diri kulit aku tuh emang Indonesia banget ehehe, tapi aku pengen kelihatan bersih aja enak kan dilihatnya. Alasan kedua aku pengen pake yang HALAL, Soalnya yang oriflamme enggak jelas halal enggaknya.
Katanya CERITA DIKIT ehh tapi panjang juga ya?! Ehehe maaf sekarang mulai deh reviewnya

1.    Wardah Lightening Gentle Wash
Ini udah gak pake lagi, tapi recommended lah buat  tipikal orang yang suka face wash yang busa-nya dikit, wangi-nya manis dan finishingnya lembut serta licin. Menurutku bakal cocok buat kulit kering tapi jarang jerawatan. Tapi buat kulit dan hidungnya yang sensitive akan wewangian kayaknya enggak deh, karena menurutku wangi dari FW ini cukup strong walau wanginya enak. Aku sih gak bermasalah dengan wanginya. 

Kesimpulannya, Aku love-hate sama face wash ini. Sukanya karena bikin muka lembut dan gak bikin kering, gak sukanya sabun-nya licin, susah ngeratain-nya di telapak tangan, jadi sabun-nya suka loncat sendiri dari telapak tangan sewaktu dibusakan, lalu face wash ini berasa kurang bersih aja karena busanya tuh irit banget gak sukanya juga karena face wash ini gak bisa cegah tumbuhnya jerawat, karena tipikal kulit wajahku itu normal-kering tapi suka jerawatan 1-2 gitu kalau mau ada tamu bulanan, jadi face wash ini gak bisa mengendalikan pertumbuhan jerawat agar tak meradang. Tapi maaf aku gak ada fotonya buat yang gentle wash karena udah abis, botolnya dibuang dan udah gak pake lagi. Sekali-kalinya pake sabun ini karena tadinya mikir bakalan bagus hasilnya, ternyata kurang cocok buat aku. Soal packagingnya simple khas wardah dan berwarna biru muda.

sumber gambar : disini
Recommended untuk : Kulit Normal Kering hingga Kombinasi, Not Too Sure untuk tipe kulit Oily terutama Sensitive dan acne prone.
Rating            : 6/10
Repurchase : No
Price               : Rp. 13.500/60ml di drugstore
2.    Wardah Lightening Series Facial Scrub
Scrub pertama dari wardah yang pernah aku coba, wanginya sama seperti gentle wash, teksturnya agak kasar karena ada butiran scrub kecil berwarna biru. Pemakaian 2 hari 1x. kurang suka karena bikin kulit wajahku kering ketarik dan mengelupas dibagian hidung. Sepertinya kulitku memang kurang baik responnya ketika memakai face wash yang ada scrub-nya (seperti garnier fruit energy yang pernah aku coba). Akhirnya dipake sama kakak. Packaging hampir sama seperti gentle wash, hanya tulisannya saja yang membedakan. Gak ada fotonya udah abis dan dibuang. 
Rating            : 5/10
Repurchase : NO
Price               : Rp. 13.500/60ml di drugstore

3. Wardah Lightening Cream
PACKAGING
Honestly, menurutku kemasannya so cheapy, mianhae wardah :( tapi wajar sih harganya murah meriah hehe, jadi aku gak teralu ngarep soal estetika kemasannya. Bentuk jar-nya sama seperti krim-krim kebanyakan, tapi menurutku terlalu klasik aja. Namun, wardah nih niat banget loh, soalnya pas buka box kemasan, ada kertas brosur kecil tentang produk dan pemakaian wardah lightening series, yah walaupun bacanya butuh ketelitian ekstra karena font-nya yang sangat kecil :3. lalu pada jar cream ada sekat pembatas biar krimnya gak tumpeh-tumpeh.









Product Claims

Lightening Day Cream
huruf dikemasannya kecil-kecil banget, gak jelas kalau difoto :( jadi aku harus ngetik dehh:(
“Membuat kulit tampak lebih cerah dan melindungi kulit dari sinar UV”
Wardah Lightening Day Cream step 2 krim perawatan lanjutan untuk kulit tampak lebih terawat dan cerah bercahaya lebih lama. Dengan pemakaian teratur dapat membantu melembabkan, mencerahkan sekaligus menutrisi wajah. Diformulasikan dengan 3 bahan aktif licorice extract, vit B3 dan Vit C Yang membantu mencerahkan kulit kusam dan menyamarkan noda hitam di wajah. Dilengkapi dengan UV Protection  SPF 30 PA+++ yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Moisturizing untuk membantu melembabkan kulit, serta Vit E sebagai antioksidan. Kulit tampak cerah halus dan lembab.

Lightening Night Cream

“Membuat Kulit tampak lebih cerah Alami, Terasa halus dan terjaga kelembabannya”
Wardah Lightening Night Cream Step 2 Krim perawatan lanjutan dengan kandungan AHA 2x lebih tinggi dari step 1 yang membuat regenerasi sel kulit menjadi lebih optimal sehingga kulit tampak lebih cerah alami lebih lama.
Bekerja sinergis bersama 7 white Active complex+AHA memberikan perawatan intensif agar kondisi kulit tetap lembab dan ternutrisi sepanjang malam serta membantu menghambat proses pebentukkan melanin agar kulit tampak cerah lebih lama. Dilengkapi vit E sebagai antioksidan dan moisturizing agent untuk melembabkan sekaligus menutrisi kulit, membuatnya terasa halus, lembab dan kenyal di pagi hari

Swatch and Texture

day cream tektsurnya tak terlalu creamy dan agak kental
night cream teksturnya sangat padat dan agak susah untuk dicolek



day cream finisingnya oily :3




The Verdict!
Wardah Lightening Day Cream step 2
Ini main item buat mencerahkan dan menutrisi kulit. Day cream alias pelembap wajah untuk pagi/siang hari. Kan baru nyoba, kenapa gak step 1 dulu? Kata BA Wardah sih, karena sebelumnya aku curhat ke BA-nya kalau aku pernah pake berbagai cream pencerah wajah *eakkk --semacam ponds, olay (lama banget pake ini, tapi berenti karena halalnya belum jelas),garnier dll. Jadi kata dia sih aku boleh loncat step-nya karena menurutnya, kulit aku udah badak (red:bandel/nakal). Yang step 1 itu katanya buat mereka yang kulitnya masih pure alias masih perawan alias belum terkontaminasi bahan-bahan krim pencerah :D jadi untuk kulitnya yang masih virgin dikhawatirkan bikin mereka iritasi diawal pemakaian jika langsung ke step 2 terutama buat yang kulitnya acne prone atau sensitive. 

Jadi kesimpulannya mengenai penggunaan step 1 dan 2 adalah :


Jadi untuk yang sama sekali belum pernah pake krim pencerah wajah atau kulitnya sensitive, sebaiknya melalukan penetralan kulit dulu dengan berhenti menggunakan skincare yang digunakan sekarang sebelum pake wardah lightening series, penetralan ini bisa dilakukan 1-4minggu atau kamu bisa melakukan penetralan menggunakan wardah basic series (soal ini kamu langsung tanyain aja ke mba BA Wardah ya).. jika sudah melakukan penetralan mulailah dengan menggunakan step 1 terlebih dahulu. Nah, jika selama memakai step 1 tidak ada reaksi alergi dan ada perubahan, kamu boleh melanjutkan ke step 2. Step 1 dianjurkan digunakan selama 1 bulan. Untuk perawatan selanjutnya, kamu tinggal menggunakan step 2 hingga seterusnya jika kamu merasa cocok dan tentunya gak bosan pake-nya :3


Kalau yang kulitnya jerawatan tertarik mau nyoba wardah lightening series, wajib untuk sembuhin dulu jerawatnya biar gak iritasi atau breakout.


Untuk kulit yang sudah terbiasa menggunakan krim pencerah atau krim dokter, menurut BA Wardah-nya boleh lamgsung ke step 2, karena kulitnya sudah terbiasa dengan kandungan pencerah. Aku sendiri sudah terbiasa dengan berbagai macam krim dari berbagai merk (kecuali krim dokter), maka aku langsung loncat ke step 2 namun aku tetap melakukan penetralan selama seminggu sebelum pake wardah lightening series.


Oke balik lagi ke review ya. Klaimnya sih, day cream ini perawatan lanjutan dari step 1. Bikin kulit cerah, lembab dan sehat juga terlindungi karena formulanya udah mengandung spf 30 PA+++ Jadi gausah pake sunblock lagi.. krim siang ini mengandung AHA dengan jenis Lactic Acid (biasanya berasal dari susu) pada komposisinya. Jadi jangan lama-lama panas-panasan diluar walau krimnya udah mengandung spf. Karena kulit yang sedang dirawat dengan AHA lebih sensitive dengan sinar matahari, sehingga rawan iritasi jika lama-lama kepanasan. AHA itu baik untuk ekfoliasi kulit dan meregenerasi kulit baru selain itu baik juga buat mencerahkan warna kulit supaya gak kusam. wanginya enak, dan teksturnya kental, pake dikit aja udah cukup. Jadi krim ini bakalan awet.
yang pakai garis bawah itu bahan aktifnya

bahan suncreen anti UV B ada diurutan kedua, dan AHA serta licorice seebagai bahan utama yang diandalkan dalam day cream ini tidak terlalu mendominasi karena berada di urutan belakang serta pertengahan.
Pada Awal pemakaian aku merasa krim ini kok lama meresapnya, padahal tipe kulit aku itu lumayan kering. Sesaat setelah pengaplikasian, malah kelihatan ‘herang/glowy” nempel aja gitu, masih dalam tingkat wajar sih glowynya gak ganggu-ganggu amat, karena tipe kulitku kering jadi aku gak terlalu masalah sama finishingnya. Hampir sama seperti Olay Natual white rich yang pernah jadi HG Moisturizer ku. Tapi sensasi susah menyerap itu cuman berlangsung selama 3-5hari, kesananya aku merasa enak aja. Krim-nya udah bisa meresap dengan baik dikulit aku.
Aku merasa kulitku lebih halus dan lembut, setelah 2 bulan lebih pemakaian baru terlihat kulitku tambah sedikit lebih cerah dan bersih. dan sejak pake ini, komedoku enggak agresif malah sepertinya berkurang :) 

*UPDATE 9/7/2017

Belakangan ini aku merasa day cream wardah ini bikin muka ku terlalu berminyak. Padahal jenis kulitku kering. Ketika semakin siang, entah kenapa hidungku jadi berminyak walau gak parah tetep aja gak enak dilihat karena kusyem :( Aku mengatasi efek berminyak ini pakai bedak tabur, jadi wajib setelah pakai ini harus pakai bedak tabur, kalau enggak jadi kelihatan kusem gitu kayak belum mandi :3 tapi anehnya walau berminyak kulitku tetap terasa kering dibagian pipi dan cuping hidung :( what a weird effect :3

Soal kemasan sih, biasa aja. Bentuknya sama persis seperti night creamnya. Yah wajar juga harganya juga murah meriah dengan isi 30gr. Aku berharap kemasannya segera diupgrade lagi biar lebih menarik.
Rating            : 8/10
Repurchase : Maybe
Price               : Rp. 27.000/20gr RP. 38.000/30gr di Drugstore

Wardah Lightening Night cream step 2
Menurut aku, night cream wardah ini krim malam yang agak “keras” formulanya. Aku gak merekomendasikan ini buat yang kulitnya acne prone apalagi sensitive bakal bikin sensi pake bangetttt deh. Awal pemakaian, aku agak ambigu mendeskripsikannya, ini sejuk atau perih sihh?? Tapi banyak orang yang bilang kalau night cream wardah itu bikin perih dan panas di wajah. Kayaknya sih aku juga setuju sama mereka. 1-2 minggu berasa gak enak pake ini, terutama dibagian cuping hidung. Kulit aku emang kelihatan lebih cerah setelah cuci muka pas bangun, tapi aku merasa kulit aku kering terutama dibagian cuping hidung dan dagu hingga mengelupas, dahi aku juga mengelupas dan beruntusan dikit, sepertinya sih efek purging dari AHA, yaitu proses pembersihan kulit dari kotoran. Aku ngalamin purging/penyesuaian ini kurang lebih 2mingguan. minggu berikutnya, respon kulit aku membaik dan cocok. Efek kering dari night cream ini ketulungan sama day creamnya yang oily. Seiring berjalannya waktu, sekarang aku udah nyaman pakai night cream ini. Udah gak ada sensasi perih dan gak beruntus lagi. Malahan menurutku yang paling ngefek lighteningnya itu dari night cream ini. Noda bekas jerawatku perlahan-lahan menipis dan memudar walau agak lama prosenya, sekitar habis 1 jar dalam waktu 3bulan-an baru kelihatan noda bekas jerawat memudar. Sebenernya gak apa apa lama juga, Yang penting aman aja buat kulitku. Sekarang efek keringnya udah gak berasa, semakin kesini tekstur kulit wajah aku sudah lebih baik dari sebelumnya dan kelembapannya lebih terjaga. sukaknya pake ini, kulit kelihatan lebih cerah,pori-pori di pipi aku juga mengecil dan komedo yang biasanya muncul disekitar cuping idung gak ada lohh beneran ini mah. hidungku halus bersih dari komedo-komedo nakal :D


Penyebab night cream ini bikin sensi karena AHA nya tinggi dengan kadar 4% jenis AHA-nya juga Glycolic Acid berada diurutan kedua! (setahuku berasal dari beras, kedelai dll.) yang merupakan jenis AHA yang paling bagus. Tekstur night cream ini juga berbeda dari night cream pada umumnya yang biasanya bertekstur seperti lotion atau cream yang watery, teksturnya ini anti mainstream menurutku, karena seperti balsem,! Iyaa padat gituu, tapi tekstur krimnya lembut. Karena padat, dicoleknya pun agak susah, meresapnya sih lebih baik daripada day creamnya. But this is worth to try menurutku walau bikin galau pas diawal pemakaian. menurutku bahan yang bikin sensi selain AHA di cream ini tuh adalah, menthol, arbutin, dan triethanolamine. sayangnya ekstrak licorice ada diurutan belakang, menandakan bahwa ekstrak licorice dalam produk ini tuh gak dominan.

*UPDATE 9/7/2017

Aku udah 3x repurchase buat night cream nya, karena aku senang dengan efek nya ke wajah aku.. soalnya nambah cerah, bersih dan kulit terasa lebih lembab dan supple di pagi hari. Sebelum tidur aku selalu pake Night cream ini. Walaupun harus nunggu berbulan bulan efeknya aku tetep suka karena gak bikin komedoan atau breakout. Malah kulit makin sini makin terasa halus. Tapi buat Day cream sih sekarang gak tiap hari dipake hehehe kayaknya udah jenuh sama day creamnya karena di aku entah kenapa setelah pakai 4bulanan kok muka aku jadi gampang minyakan tapi tetep berasa kering pipi sama area hidung :(


UPDATE 25/07/2018

Sekarang wardah lightening series punya kemasan baru! Aku baru repurchase night cream-nya karena emang cocok sih hehe




Sekarang klaim nya ada yang berubah, boleh cek foto diatas untuk membaca claim produknya ya


Sekarang wardah lightening series tidak memiliki tahapan step seperti sebelumnya. Jadi night cream yang sekarang adalah versi improved formula dari yang step 2. Aku rasa sekarang formulanya lebih lembut dan lebih banyak mengandung ekstrak tumbuhan. Untuk detailnya nanti akan aku tulis reviewnya ya.

Rating            : 9/10
Repurchase : YES, insyaallah
Price               : Rp. 28.000/20gr, Rp. 39.000/30gr di drugstore

Plus :
+HALAL
+night cream-nya bikin kulit lembab setelah melewati masa purging dan akhirnya cocok (yippie!)
+Mencerahkan tidak instan, 1-2 Bulan pemakaian terlihat efek mencerahkannya. aku suka yang seperti ini :) berarti menggunakan bahan yang aman.
+night cream-nya setelah penggunaan teratur membuat wajah Kelihatan Lebih mulus dan Bersih gak memicu tumbulnya komedo :)
+Sudah mengandung Sunscreen untuk day cream
+Affordable, kalian bisa beli online di Wardah Official Store Lazmall

Minus :

-Krim malam-nya bikin muka kering mengelupas dan purging lumayan lama pada awal pemakaian :( mungkin ini efek purging dari AHA didalam-nya)
- Krim malam agak bikin perih :( tapi setelah lama kelamaan sekitar 1-2 minggu hingga sekarang efek perihnya sudah tidak terasa lagi di aku. Malahan paling cocok dengan Night Creamnya hingga hari ini
- Butuh waktu lama untuk menghilangkan noda ekas jerawat :( memudar setelah abis 1 jar atau kurang lebih 3 bulan.
- Gentle wash-nya Licin dan terlalu wangi
- Facial Scrubnya kurang cocok untuk kulit kering sepertiku karena bikin kulit hidung terkelupas
-setelah pemakaian day cream yang lama >4bulan di aku wajah jadi gampang berminyak sehingga kelihatan kucel (namun dapat diatasi dengan loose powder) tapi tetep suka sih hehe.
- kemasan gak dilengkapi segel/plastik wrap



NOTES!
Disini aku mau beropini, banyak yang bilang  kurang cocok sama produk ini. Aku juga pada awalnya merasakan hal yang sama. Namun, karena aku terus bersabar nunggu hasilnya dan gak langsung menjudge kalau aku gak cocok sama ini, walau bikin galau karena purging di awal pemakaian, aku tetep lanjutin sampe abis. karena aku tipikal orang yang bakal nyebut gak cocok kalau produknya udah aku sikat habis tapi gak ngefek apa-apa tau tau malah bikin muka rusak hehehe. Oh iya, sebelum pakai wardah,aku netralin dulu wajahku sekitar 1minggu biar kulit aku gak terlalu kaget disaat aku pakai produk baru yang berbeda.
Aku juga merasa enggak cocok sama gentle wash dan scrub seri lighteningnya dan ternyata sekarang dengan day cream nya pun gak sregg lagi wkwk. Jadi cuman demen sama night cream-nya saja.

“Hasil cocok atau tidak cocoknya akan berbeda-beda bagi setiap individu”

WARDAH LIGHTENING SERIES ini hanya “mencerahkan” dan menutrisi, BUKAN  “memutihkan” tingkat mencerahkannya itu akan menyesuaikan sesuai dengan bagian kulit tercerah pada tubuh kita. Seperti warna kulit pada bagian bawah lengan dan paha yang biasanya memiliki warna kulit yang lebIh cerah daripada bagian tubuh lainnya. Jadi jangan berekspektasi bisa putih mulus licin kinclong kek park shin hye yah kawan :’v. Nah, kemampuan mencerahkannya kira-kira hanya akan mencapai tingkat kulit tercerah yang ada dibagian tubuh kita tadi. Jika kemampuan mencerahkan suatu produk melebihi tingkat warna kulit tercerah pada tubuh kita, maka dapat dipastikan krim tersebut mengandung bahan berbahaya seperti merkuri atau hydroquinone yang berbahaya untuk kulit. Kedua bahan tersebut biasanya terdapat pada krim pemutih abal-abal dengan tagline “racikan dokter”.. hiiiii jangan berani coba-coba krim yang gak jelas komposisi dan pembuatnya siapa ya guys! Pastikan apa yang kita pakai memiliki izin BPOM dan usahakan telah terdaftar halal dari MUI bagi para muslimah.
ini review jujur, sama sekali gak di sponsorin wardah :')
Gimana? Kalian udah coba atau baru nyoba? Boleh share dong di kolom komentar?

Salam hangat


Uli

50 Responses to "REVIEW : Wardah Lightening Series"

  1. Aku suka pakai wardah day cream nya bikin wajah aku lembab waktu pemakaian nya karena sebelumnya wajah aku tipe yg kering. But setiap ngambil air wudhu wajah aku yg tadi nya oily gitu jadi balik ke awal biasa aja. Nah minta sarannya dong gimana biar day cream nya tahan lama kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau untuk menjaga kelembaban dari day cream agar lebih lama kayaknya susah juga kak, baik dari merk wardah maupun day cream merk lain. Biasanya sih kelembaban suatu day cream bisa bertahan 4-5 jam setelah itu terakadang sudah hilang rasa lembabnya. Apalagi kalau dibasuh air pasti bakalan ilang, solusinya sih kalau menurut aku ya harus re-apply setelah terkena air atau dirasa diperlukan, semoga bisa membantu :)

      Delete
  2. sangat bagus cream wardah mba , ikut bagi link ya mba jangan dihapus :) https://paketcreamwardah.blogspot.co.id/2018/01/wardah-lightening-series-kulit-normal.html

    ReplyDelete
  3. Dulu pernah pake produk wardah step1 tp kulit ku jd ada jerawat kecil2 gt trs aku putuskan buat berenti pake wardah. Dan skrg aku tergiur lg untuk pake produk ini, karna liat temen pada cocok dan baca review kaka juga hehe. tp kalo aku pake lg takut tumbuh jerawat kecil2 lagi. Jd andilau:((

    ReplyDelete
  4. Aq sudah 4tahunan pake dan alhamdulillah wajah cerah, bnyak kawan2 yg bilang begitu setelah awal beberapa bulan pake dulu.
    Memang baiknya day cream di aplikasikan kembali tiap 3 jam supaya efek SPF nya tetep aktif melindungi wajah.
    Komedo jg ga sebanyak dulu sblum pake wardah..
    Sayangnya wardah belum mengeluarkan produk eye cream untuk perawatan lanjutan 😔 buat mencegah keriput dan mata panda di mata 🐼

    *ga brani pake krim wajah ke mata takut bikin iritasi mata nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba aku juga merasakan efek yg sama sprti mba, wajah jadi lebih cerah dan komedo gak terlalu agresif hehe, walau untuk merasakan efek tersebut butuh waktu yg lama, sekitar udh habis 1-2 jar baru terasa perubahannya..
      Iyaa seandainya ada produk eye cream nya pasti lebih mantap lagi :(

      Delete
  5. Haii sist salam kenal yahh... nice review �� aku juga pake wardah yang lightening series ini baru sekitaran 2 bulan memang tapi alhamdulillah muka aku jadi cerahan dan sehat sekarang, memang aku udah bnyak coba krim ini itu tapi aku nga lngsung loncat ke step 2 tapi step 1 dulu karna kulit aku sensitif tapi sejauh ini cocok sih ��

    Btw aku mau saranin pake WARDAH PERFECT BRIGHT buat ganti day krim karna pnglman aku sama kya kmu nga cocok pke day krim karna oily bgt, trs aku ganti sma krim wardah yang perfect itu jdi ini moisturizer enak kalo di pake nga bkin oily lho, sama facial foam nya pake yang lightening creamy foam warna biru putih itu jadi kalo buat cuci muka dia keset tapi nga bikin kering, boleh di coba ����

    Seneng bgt pake Wardah muka jadi bersih dan cerah ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal juga ;) wahh terimakasih :)

      terimakasih sarannya, jadi tertarik coba yang wardah perfect Bright hehe mana tau formulanya cocok juga untuk kulitku yang kering

      Terimakasih juga sudah berkunjung :)

      Delete
    2. Halo mbk aku baru jdi reader blog mbk nih, and menurut aku this review is very good, aku juga lg nyoba pke lightening series tp baru milk cleanser,gantle wash,toner sma lightening perfect bright, yg night/day nya belum krna aku tkut nnti ga ccok, aku baru make mlkcleanser toner sma sw sktr 4hri yg lalu mbk, blm ngerasa ngefek si di wajahku tp wajahku jdi kaya ada jerawat kecil2 gtu mbk tp ga gatel apakah itu purging?? Dan awalnya aku make kerasa aga panas tp ga panas bgt cuma aga gerah risih gtu, tp ttep aja aku nyoba, trs kulit aku kn klo kena dingin panas atau situasi buru2 pasti merah apa itu tndanya kulit sensitif ya mbk? Tp aku ngerasa kulit aku bner2 kering dan kulitku pun trmasuk kedalam tanda2 kulit kering cuma itu td klo lg dingin buru2 atau panas tiba2 muka jdi merah and than itu ngebuat face aku jdi item kusem gtu :((( oya mbk trs aku mau nnya lg nih kan ktanya td day cream itu udh ngandung spf pa 30+++ nah di perfect bright juga kandungan spfnya sma jdi apakah ga pke day cream tp pake perfct bright aja bisa? Jdi aku tinggal beli nigh cream nya aja gtu, bsa ngga ya mbk? Btw sorry bgt bnyak tanya dan agak curcol, cuma ini trmasuk bigproblm bgt buat aku krna bkin kualitas pd jdi down :( pliss respon me ya yaa..sebelum nya thanks a lot for u and ur review skli lg that is so very good dan sngt membantu hihii :))

      Delete
    3. Hai mba nadya, wahh terimakasih alhamdulillah kalau review aku bisa membantu ya hehe.. biasanya kalau mencoba produk baru kulit akan bereaksi seperti beruntusan, rasa panas atau tidak nyaman. Namun biasanya hal itu terjadi tidak lama paling lama pengalaman aku sih satu minggu aja..

      Untuk purging agak susah bedain apakah itu purging atau reaksi tidak cocok.. tapi kalau purging jerawat/beruntusannya akan sembuh dengan sendirinya namun memang agak lama.. aku juga awal pake wardah ada sedikit purging di jidat dan rasa panas.. tapi setelah beberapa minggu udah gak terasa lagi panas atau purging.

      Untuk masalah kulit sensitif, ciri cirinya adalah sangat sensitif pada sinar matahari (mudah kemerahan), lalu mudah alergi pada bahan kosmetik tertentu terutama yang mengandung parfum.

      Sebenarnya sama saja mau yang versi day cream atau perfect bright. Yang membedakan hanya hasil akhirnya. Kalau perfect bright matte, sedangkan day cream lebih dewy. Jadi bisa saja menggunakan yg perfect bright dan menggunakan night creaam

      Semoga jawabannya membantu ya

      Delete
  6. Hai Mba, trimakasih reviewnya sangat membantu.. Sy baruuu aja nyoba Wardah lightening day & night cream setelah liat2 review sana sini :D

    Biasanya sehari2 sy cm pakai BB Cream langsung bedak taburnya (dr wardah juga)... Nah sy mau tanya, setelah saya pakai pelembab ini apa langsung pakai bedak tabur atau pake bb cream dulu br bedak ya?

    Salam kenal
    Husna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbaa husna,
      Kalau saya sih biasanya Untuk urutan pemakaian, pertama gunakan day cream-nya, setelah day cream meresap gunakan BB cream dan langkah selanjutnya baru gunakan bedak tabur agar bb cream nya tahan lama.. semoga jawabannya membantu ya mba

      Delete
  7. Hay mba, trimakasih untuk reviewnYa
    Mau cerita dikit ni,
    Kebetulan sya skrng lagi pake produk wardah step 1.
    Sebelum nya sya udah banyak coba berbagai krim pemutih gtu
    Karna berpikir kpingin punya kulit yg sehat, sekitar kurang lebih 2 bulan saya pakai wardah step 1
    Tpi sekarng saya ngrasa ada keluhan dwajah banyk brntus kecil, jerawat & kusam, itu termasuk detox apa gk cocok ya...??

    Nah...
    Sebaik nya saya stop beralih ke wardah step 2 apa bagai mana ya...??
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga mbaa..
      Oh mungkin jika begitu coba lihat dulu kondisi kulit mba nya, saya juga awal awal pake wardah ada semacam detox/purging jerawatan gtu tapi gak lama, hanya 1-2 mingguan aja seingat saya.

      Jika kondisi kulit mbaa setelah penggunaan 1 bulan jd seperti itu saya kurang yakin juga apakah itu gak cocok atau detox..

      Saran saya sebaiknya jangan dulu ke step 2, lebih baik sembuhkan dulu beruntusan/jerawatnya mbaa dan alangkah lebih baik lagi coba konsultasikan ke dokter jika kulit mba nya masih tetap beruntusan, semoga membantu :)

      Delete
  8. Hai kakak
    Saya mau tanya
    Sehari2 saya pakai cream pemutih n toner dri salon. Mau pindab ke wardah, tapi masih bingung mau pakai yg mana dulu kalau muka ku udah terkontaminasi dg cream oemutih sperti ini?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya dari BA wardahnya kalau kulitnya sudah terbiasa pake berbagai macam krim dokter/pemutih boleh langsung menggunakan wardah lightening series step 2, tapi jika mba takut kulitnya kaget coba dulu step 1. Tapi kalau mba nya mau netralin dulu kulitnya dari produk cream dokter boleh gunakan wardah nature daily series nya sebelum menggunakan yang lightening series. Semogaa membantu :)

      Delete
  9. Hai kakak
    Saya mau tanya
    Sehari2 saya pakai cream pemutih n toner dri salon. Mau pindab ke wardah, tapi masih bingung mau pakai yg mana dulu kalau muka ku udah terkontaminasi dg cream oemutih sperti ini?
    Trims

    ReplyDelete
  10. day cream sama nigth cream yang ini pastinya nggak pernah ketinggalan nih,apalagi untuk base makeup saya juga suka pake dulu yang day cream nya.
    lebih gampang meresapdan nggak bikin agak jeblok kayak white secret nya, kalo yg :)white secret nya pas dioles harus cepet2 di blend yah..
    sharing review nya sangat mendetail kak..
    salam kenal yaah kak :)
    main juga ke blog saya yaaah hehe
    https://naziezie.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak yang seri lightening day cream nya lebih cepet meresap dan gak whitecast.. itulahh kenapa aku lebih suka yang ini dripada yang seri white secret atau perfect bright
      Salam kenal juga kak ;)
      Makasih udahh mampir yaa!! Oke siap meluncurrrr

      Delete
  11. Saya pakai Wardah Lightening Series Facial Scrub juga kering dan mengelupas di samping mulut dan hidung, sakit dan nggak nyaman banget, saya bingung apakah ini berarti tidak cocok kah sama kulit saya.

    ReplyDelete
  12. Hai kak, review nya sangat bagus,
    Aku juga baru coba pakai yang night cream step 1, baru sekitar 1 mingguan wajah aku jadi lumayan bersih, biasanya kalau siang gampang kusam, tapi setelah pakai night cream ini kok jadi lumayan cerah ya , hehehe kapan² ingin coba yang day cream nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Hehe makasih mbaa heni 💜 Iyaa aku jugaa paling lama pakai night creamnya entah udh habis berapa jar 😂 karena memang terasa efeknya bikin muka lebih cerah dan ga kusam. btw untuk wardah lightening series terbaru, krim nya gak ada step-step-an lagi.. aku dah repurchase, baru tahu deh kalau skrg yg lightening seris udh memperbarui desain kemasannya juga

      Delete
  13. Assalamu'alaikum mbak.. saya mau tanya selama proses pemakaian Night Cream nya mengalami kusam dulu kah? Soalnya saya sudah 1 bulan pake' cream Theraskin tapi malah kusam banget+bruntusan di jidat😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam,, kalau aku engga sih mba, tapi rasanya agak berminyak aja pas bangun pagi. tapi gak nyampe yang kilang minyak banget. malahan suka efeknya karena lembab dan halus setelah cuci muka

      Delete
    2. Halo kak aku mau tanya, kalau pemakaian night creamnya apakah aman digunakan setiap hari? Karena kandungan AHAnya lumayan tinggi.

      Delete
  14. mo minta sarannya dong kak.. klo untuk ibu menyusui.. kira2 aman ga ya..
    lgi galau niih.. nyari skincare yg aman buat busui..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh gatau mbaa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya mba :)

      Delete
  15. Aku kira cuma aku aja yg sotoy beli night cream lngsung step 2 😂 tp pas baca penjelasan tntang step 1 nya ga nyesel sih lngsng lompat malah beruntung lngsung lompat aja😂. Sama si aku jg pas awal2 pake ngerasa perih panas gitu kaya rasa2 menthol gitu tp aku biarin aja aku pikir mungkin mukanya lg manja mangkany aga perih ternyata emg efeknya gitu ya, aku malah baru pake sekitar 3minggu tp udh kerasa efeknya muka aku jd lbh cerah bersih agak glowing juga , tp klo biasa nya klo glowing pasti muka keliatan kucel nah ini engga meskipun glowing gitu ttp keliatan bersih dan glowing nya jg bukan glowing minyakan😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju nih sama penjelasan dari kamu! aku juga merasakan hal yang sama kok.. hingga hari ini yang aku repurchase cuma night cream-nya aja karena beneran ada efeknya,, muka halus cerah dan glowing, yippie!

      Delete
  16. mksih kak review ny sangat membantu.. aku baru mau coba wardah.. mau pindah ke produk halal. semoga aja cocok.jadi masih butuh referensi. hehe

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum mb.. Ngejatuhin banget reviewnya 😍😍😍.. Aq baru pertama pake night cream nya dan berasa ademmmm banget mb di wajah.. Ada sensasi mentolnya tapi aq ga ngerasa perih mb.. Gpp kan yaa soalnya q liat komen2nya kok ada perihnya gitu.. Makasiiii mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, hehe ngejatuhin gimana mksudnya mba? 😅

      Btw aku bikin review sesuai dgn apa yg aku rasakan kok, ini pure pengalaman aku selama pake produk tersebut.

      Oh iya aku udah habis berjar-jar night cream nya wardah karena emang cocok.. pada awalnya aku merasakan efek perih gtu dan banyak juga org lain yg merasakan hal yang sama. Namun mungkin itu adalah masa penyesuaian kulit dgn produk tersebut. Tapi setiap org memiliki tingkat sensitifitas kulit yg berbeda.. ada beberapa org yg mendefinisikan itu "terasa perih" ada juga yang "terasa adem" seperti yg mbaa sebutkan.

      Jadii memang reaksi kulit seseorang terhadap suatu produk itu gak akan selalu sama, pasti ada beberapa org yg merasakan reaksi yg berbeda.

      Btw terimkasih telah mampir dan berkomentar!~ :)

      Delete
  18. Ak udh 2 minggu ini pake wardah night creamnya, jerawat muncul semua gak tau deh ini purging or breakout krn produknya, tp search dan bca riviewnya jerawat purging muncul di tempat yg biasa langganan jerawat, dan bener jerawat ku bruntus di t4 biasa ak jrwtn. Cuma agak g pede aja krn jerawatnya parah, takut jg pke make up. Tapi mukaku lebih cerahan apalagi klo bgun tidur,cuma yaa ituuu jerawatan :(((

    ReplyDelete
  19. Aku pakai wardah kurang lebih nya udah 4tahun ini
    Sekarang aku lagi pake produknya yang lightening day cream, lightening night cream, micellar waternya (cucok meong bgt say bisa dicoba, menurut aku lebih ringan dari tonernya), facial washnya aku pake yg seri c-defence (buat aku lebih cocok yg ini, pertama dr harumnya harum orange2 gt enak bikin rileks pas makenya, aku tipe orang yang suka busa banyak pas cuci muka dan facial wash yg seri ini busanya melimpah :D, hasil akhirnya enak bgt lembut tp gak licin kyk facial wash yg seri lightening, trus aku pake DD cream nya yg seri c-defence juga (juaaaraaak bgt, aku lebih suka DD cream nya drpd BB creamnya) lebih gampang di blend (menurut aku) walau gak ngecover bgt kyk BB cream, tp buat daily make up kece bgt dan ringan, bedaknya aku pake yg bedak tabur yg nomer 1 (suka aku campur pake bedak bayi juga wkwkwk, truss aku juga pake mascara yg keluaran terbarunyaa dan pake eyelinernya juga yg spidol (kalo buat acara kondangan aja pake eyeliner), wkwkwkwkk pokonyaa wardah lovers bgt .. :D

    ReplyDelete
  20. suka banget riviewnya. tp aku pakai produk wardah lightening seris sudah 3 bulan tp belun ada perubahan sis. apakah q harus lanjut atau stop aja. dn masih pensran bgt krn temenku banyak ug cocok

    ReplyDelete
  21. Sekarang wardah lightening gak ada step 1 step 2 nya ya????
    Bantu jawab dong yg tau??

    ReplyDelete
  22. Kakak , aku pake semua produk wardah lightening series , pemakaian pertama muncul jerawat d kedua pipiku beruntusan gitu dan itu belum sembuh bekasnya dari bulan februari sampai sekarang september , gimana yaaaaa hmm padahal dulu kalo ganti produk ga pernah ada masalah apapun malahan wardah ini skincare ke 4 aku tapi ko jadi gini ya ? Dikit sih tpi ttp aja ga pd namanya juga wanita

    ReplyDelete
  23. Mba selama bertahan pake cream wardah, cara ngatasin jerawat2 yg muncul itu diobatin pake apa ya

    ReplyDelete
  24. Hai mba Atina, wktu itu aku pake acne gel buat obatin jerwaatnya.. maaf aku gabisa balas komentarnya langsung karena comment button-ku sedang error :(

    ReplyDelete
  25. hi ka yulia,salam kenal,kusuka sekali review dr kaka,aku mau tanya,kulit aku ini kan masih kulit"remaja bngt ka,umurku baru sekitar 17 thnan,tp aku mau coba pkai cream wrdah untuk yg night sama day nya,tp aku masih bimbang bngt ka,krna yg pertama kulit aku ga ada masalah sama jerawat,cuma bekasnya aja sih sedikit,dan biasa klau mau dtng bulan memang ada jerawat kecil dan itu hanya sedikit serta cepat hilangnya,yg kedua,kulit wajahku suka aneh gtu kaya kk ,tiba"suka kering mengelupas,btw kulitku ini dibagian pipi dan dahi kering tp ga smpai mngelupas,smntara bagian hidungnya sllu berminyak,nah tp trkadang aku bingung kulit wajah bagian pipiku suka mengelupas,pdhl aku ga pakai apa"sampai bedak pun aku ga pakai,krna kalau mngelupas aku pakaikan bedak,malah makin kelihatan,maaf ya panjang..
    trus aku udh prnh skali coba pake night cream wrdah punya kk aku,krna kk aku pakai itu dan yg kulihat kk ku trlihat lbh cerah,akhirnya kucoba pakai skali dan kurasa wajahku sdikit lbh lmbab ga se kering biasanya.
    ini the first time nya aku mau pake cream wajah hhe,mnurut kk gmn ya aku pakai yg cream step 1/2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dear, skrg wardah lightening day & night cream gak ada step 1 atau 2.. kamu gak usah bingung mau pilih step yg mana ya. Selamat mencoba semoga cocok

      Delete
  26. Kak kan aku bru beli wardah lightening yg night cream aku mau beli step1 nya gk ada katanya sdh gk produksi lagi, yang ada step2 aja. Itu gimana kak, gpp kalau aku pakai?


    Bls yah kak heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg wardah lightening series gak ada step step lagi, jd yg sekarang udh direformulasi kandungan produknya. Jika saat ini kamu punya yg step 2, coba aja dulu, selama gak menimbulkan reaksi negatif.. sebaiknya coba dulu di area kulit belakang telinga untuk mengetahui jika ada reaksi alergi sebelum dicobain ke muka. Aku juga dulu lansung loncat ke step 2 dan alhamdulilah cocok.

      Delete
  27. Kak, akukan bru beli wardah lightening night cream yg step2. Mau beli step1 tpi udh gk ada lagi produknya. Jdi, aku ambil step2 . Jadi gimana kak, aku pakai aja apa gk?

    ReplyDelete
  28. Assallamulaikum temen temen ;)
    Aku mau minta saran kaliann..
    singkat aja yahh..kan dulu aku pakai cream racikan dari dokter.. udah 2 minggu.. dan malah membuat kulit aku rusak.. merah dan terkelupas gitu.. trs udah lah aku stop..2 bulan ngga makai cream apa apa trs aku disaranin temen aku pakai wardah lightening series ini.. udah deh karane aku orangnya gak pd an aku tu pengenya muka aku cerah dan kinclong.. ya udah aku langsung beli nih semua lengkap.. minggu pertama aku pakai oke aman aman aja minggu kedua muncul deh tu jarawat bruntusan.. aku tenang" aja minggu ketiga mankin parah makin parah sampe hampirr 3 bulan.. udah lah aku dah nyerah aku stop makai wardah ini mulai hari ini.. aku sedihhh bangett jerawat bruntusan aku dimana mana.. wajahku jadi kusam parah:(
    Aku minta saranya dong teman teman.. aku harus pakai skin care apa biar wajahku jadi cerah kinclong dan ilang ni semua bruntusan.�� tipe kulit wajahku sih berminyak ya

    ReplyDelete
  29. Haiii kak aku juga pakek wardah lightning day cream dan night cream nya, pas 1-3 mingguan wajah aku baik baik ajak dan bener lebih cerah dari sblumnya dan komedo yg biasanya bayak di hidung menjadi lebih dikit, tpi pas 3 mingguan ke atasnya sy pakai yang night creamnya ini buat muka saya panas dan perih klo di pakek jadinya sy takut buat lanjutin apalagi klo pipi saya ini kena air mata brasa banget perihnya,dan kulit sya jadi kering dibagian pipih paling banyak banget dan jiga bagian samping" bibir gitu, jadinya gimana ini kak aku ttp pakek wardah ini atau gimna ????

    ReplyDelete
  30. Aku beli wardah di toko kosmetik gitu. Iya ga disegel ya.. jd khawatir bisa dipalsukan ga sih...

    ReplyDelete

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel