MUSIC REVIEW : REKOMENDASI LAGU HEIZE, SOLOIS BERBAKAT DARI KOREA SELATAN

I’m comeback with another music review! Biasanya bahas – bahas soal make – up tapi kali ini aku mau share soal salah satu penyanyi wanita korea kesukaan aku, yaitu HEIZE! Sebelum ke daftar Rekomendasi, aku mau share ke kalian tentang siapakah HEIZE itu? Sepertinya masih belum banyak orang yang kenal sama Heize unnie ini. Penyanyi dan Rapper yang memiliki nama asli Jang Da-Hye yang lahir pada tanggal 9 Agustus 1991 ini menurutku adalah salah satu penyanyi wanita korea selatan yang berbakat dan unik. Menurutku, Heize layak disejajarkan levelnya dengan para penyanyi wanita korea yang udah lebih popular sejak dulu. Pada awalnya aku kenal Heize hanya seorang Rapper, seperti Kisum atau Kasper (cast Unpretty Rapstar) Sebenarnya aku sendiri baru bener – bener mengenal Heize saat aku iseng – iseng berselancar di youtube pada akhir tahun 2016, aku menemukan MV nya heize yang berjudul ‘Star’ di beranda youtube aku karena ternyata mv-nya sedang trending saat itu. Lalu, aku tonton dan ternyata lagu – nya bagus banget! MV nya juga cantik, suasana luar angkasa gitu. Ketika aku buka salah satu situs berita entertainment korea, ternyata lagunya Heize Unnie ini lagi hits banget di Korea saat itu dan meroket hingga mendapat certified all – kill di banyak situs chart music korea. Lagunya yang berjudul ‘star’ ini sukses mengantarkan dia ke puncak popularitas dan membuatnya berhasil meraih peringkat pertama di berbagai situs chart music ketika comeback. Heize gak pernah nyangka lagunya ‘star’ ini bakalan sukses bertengger di chart no.1, bahkan dia gak melakukan promosi single nya itu di program music, tapi lagu itu bisa menang di chart dan mendapatkan trofi. Heize ini melakukan debut pada tahun 2014 dengan agensi Stone Entertainment (dulu nama agensinya CJ Entertainment, Cuma sekarang udah ganti nama)

source : twitter

Saat pertama kali mendengar suaranya ketika nyanyi, aku terkesan sekali. Suaranya itu ringan tapi berkarakter (?) iya maksudnya ringan di kuping gitu alias easy listening. Match banget tipikal suaranya dengan genre lagu yang ia pilih, yaitu Jazz dan R&B/Synthpop. Kalau ngedengerin suaranya lagi nyanyi, tanpa tahu judul lagunya pun, aku bisa mengidentifikasi kalau suara itu adalah suaranya Heize! Kalau misalnya heize ikutan program King of Masked Singer aku yakin pasti dia bakal gampang banget ketahuan karena suaranya yang berkarakter itu. Jadi, Heize ini punya warna suara yang khas/unik, sehingga menjadikan suaranya berkarakter dan mudah dikenali. Kurang lebih sama ketika kalian dengerin suaranya Rose Blackpink, atau CL 2NE1, keduanya memiliki suara yang sangat berkarakter, sehingga kita bisa mengenal itu suara siapa tanpa melihat wajahnya sekalipun. Pada tahun 2014 aku juga lihat Heize lewat survival show ‘Unpretty Rapstar’ yang tayang di Mnet yang mana ia berkolaborasi dengan Chanyeol EXO dalam lagu ‘don’t earn money’ dan saat itu aku hanya mengetahui Heize hanya sebagai seorang rapper bukan seorang penyanyi. Ia juga pernah berkolaborasi dengan chen EXO untuk projek SM Station dalam lalu ‘lil something’ cuman aku sampai saat ini belum sempet dengerin lagunya hehehe.

Heize juga pernah berkolaborasi dengan musisi korea lainnya, seperti Dean, GroovyRoom, Kisum, Davii, Crucial Star dan Vanilla Acoustic.Dulu aku gak terlalu tertarik dengan Heize, sampai dengan lagunya yang berjudul ‘Star’ dirilis, aku mulai penasaran tentangnya. Setalah googling sana sini, ternyata Heize ini bukan hanya sekedar Penyanyi atau Rappper, dia juga adalah seorang composer dan penulis lagu! Dia ternyata menulis lagu dan meproduksinya sendiri, hebat kan? pastinya dia pinter dong karena bisa membuat lagu sendiri! Aduh jadi makin nge-fans deh. FYI, Heize juga dipercaya menjadi produser untuk sub unit Wanna One The Heal (Ong Seong-Woo dan Lee Dae-hwi) dalam lagu debut unit mereka berjudul ‘sandglass’, lagu sentimental yang sangat menyentuh hati para wannable hehe. Nah, Aku mulai mencari lagu – lagunya terdahulu, ternyata lagu – lagu nya gak kalah bagus dari lagu andalannya ‘star’! kebanyakan sih lagu – lagunya Heize ini cocok didengerin saat bersedih hati atau lagi baper, aku juga bisa bilang kalau lagunya Heize ini perfecto banget buat didengerin lagi hujan! Liriknya nancep nancep begitu dalam nyampe menusuk hati dan bisa menggali kuburan yang didalamnya ada fosil kenangan mantan ? hahah aku pun tahu karena cari translate lirik lagunya.
Oke, aku akan kasih kalian beberapa rekomendasi lagu HEIZE yang easy listening alias enak didengar dan sangat sayang untuk kamu lewatkan!

(Recommended untuk kamu yang suka lagu KR&B seperti lagu – lagu Dean, zion.T, Crush, Offonoff, Miso, Rosy atau Crucial Star)

1.       STAR/(10/10)


Lagu ini temponya lambat, dengan instrument-nya terdengar lirih tetapi memiliki sisi yang unik. Pada awal verse, dibuka dengan dentuman piano diikuti bas yang seloww, pas bagian pre-chorus keluar instrument gitar, dan masuk ke chorusnya telinga terasa adem dan kalau emosi kita kebawa, rasanya jiwa kitapun hanyut dalam lagu ini T_T. Lagu ini punya suasana yang berbeda dari lagu – lagu Heize yang pernah ia rilis sebelumnya. Dalam lagu ini, Heize lebih mengutamakan dominasi part Vocal daripada rap. Aku sebelumnya gak pernah dengerin lagu heize yang kedengaran hampir sama seperti lagu ini. Dan lirik lagunya juga dalam sekali. Saat tahu translate-nya tiba – tiba aku teringat gebetan yang hilang entah kemana atau mantan yang udah punya pacar baru wkwk. Berikut penggalan liriknya

“혹시  별 나를 보고 있을까
아니 보고 있지 않을까
별도 나를 보고 있을까
아니
지금 찾고 있진 않을까
아니 피해 가고 있을까
아니 날”

------------
“Is that star looking at me too?
Won’t it be looking at me?
Is that star looking at me too?
At me?
Isn’t it looking for me right now?
Or is it avoiding me?
At me?”

-------------
“내가 있는 그대
순간에도
보고 있다고 믿는
그래서 네가 떠난 이후로
스쳐간 흔적도 없지 누구도
그런데 항상 보여도
닿을 수도 안을 수도 없는 걸”

---------------
“What I can do
Right now Is to believe that you’re looking at me
So even after you left me
Without a single trace
But why is that I can see you
But I can’t touch you or hug you?”
Sumber : popgasa

Intinya lagu ini sih bercerita tentang perasaan kehilangan karena udah ditinggal jauh oleh orang yang dicintai  entah itu karena doi mati atau berkhianat? Haha. Nah, karena udah terpisah dengan jarak yang jauh, sekarang semuanya udah berbeda dan pasti sudah sangat sulit untuk melihat orang yang udah pergi jauh itu disaat kita merindukannya. Heize sendiri mengasumsikan lagu star ini sebagai bentuk pernyataan perasaan atas kehilangan keluarga, kekasih bahkan waktu yang tidak akan bisa diulang kembali.. Aih malang bener ya cocok didengerin buat pengantar bobo atau lagi hujan atau lagi bad mood biar makin bad mood wakakak dan lagunya ‘star’ ini juga salah satu lagu yang dijadikan contoh inspirasi lagu oleh ong seong-woo untuk lagu debut unitnya bersama lee daehwi loh (lihat di wanna one X Cone Ep 3)

2.       Underwater (10/10)




Ini juga salah satu list lagu Heize terfavorit! Lagu ini dirilis tahun 2014 lewat EP ‘And July’ dan berada di track ke-2. Lagu ini bukanlah title track mini album/EP-nya. Tapi lagu ini sukses mencuri hatiku dan telingaku. Lagu ini liriknya pedes yang menceritakan seorang cewek yang perasaannya disia – siakan oleh cowok yang ia suka. Si cewek sadar diri dong, terus si cewek mati – matian berusaha buat mengabaikan dan menghindari si cowok tapi cowoknya gak tahu diri dan marahin ceweknya itu karena mengabaikan dia. Pokoknya liriknya jleb banget deh, hampir semua bagian lirik lagunya bener – bener bermakna dalam dan tentu saja sangat menusuk perasaan haha. Kalau lagu ini dirilis setelah heize naik daun karena lagu ‘star’ aku yakin deh lagu ini juga bakal sukses! Oh iya Lagu – nya bertempo sedang dan tentu sangat easy listening. Pada intro pembukaan lagu, ada suara aliran/cipratan air gitu, dan suara airnya itu jelas banget sampai ada suara petikan gitar mengalun dan semakin membawa emosi kita larut dalam lagunya ini. Warna suara Heize di lagu ini lebih jelas dibanding lagu yang lainnya. Berikut penggalan liriknya yang menurutku paling bagus!

“오늘도 얼굴 보기가
It seems today seeing your face
힘들 같아 이해해줘
is hard, please understand
씹는 것도 한두 번야
I ignored you once or twice
피하는 것도 하루 이틀이야
I avoided you for one or two days
미안해야 하니 내가
Why should I be sorry
씹는 편하진 않아
Ignoring you isn't easy”
---------
“죄책감도 들지만
Felt some guilt
좋은 친구 사이가 없다면
If we can't become good friends
, 안녕! 다른 여잘 찾아가줘
Um, bye! Go find another woman
지금 잠수 중이야
Right now I'm underwater
상태 메시지 봐줘
Look at my status message
까만 물안경을 껴서
I wear black googles
너네가 보이지 않어
So I don't see you
이건 산소 통이야
This is my oxygen tank
막히니까 비켜
Because I'm suffocating please move aside
지금 잠수 중이야
Right now I'm underwater”


3.     But Are You?/괜찮냐고 (9.5/10)


Lagi – lagi lagu bertempo slow, yang ini menurut aku liriknya lebih menyayat hati daripada dua lagu sebelumnya. Ini adalah lagu terbaru Heize dalam EP ‘Baram’ yang dirilis maret 2018 lalu, dan bukan lagu title track-nya, tapi aku suka lagu ini. Aneh, lagu sebagus ini gak dijadiin title track ya, tapi sebenernya aku juga bingung karena lagu – lagu di EP-nya kali ini bagus bagus semua deh! FYI, dalam EP ini lagunya ditulis oleh Heize dan dibantu oleh rekannya Davii. Daehwi wanna one juga mengungkapkan kekagumannya terhadap lagu ini langsung kepada heize (lihat wanna one x cone EP 03). Daehwi menyebutkan bahwa minhyun juga menyukai lagu tersebut. Nah ‘but are you?’ punya Lirik yang menceritakan tentang ‘pasangan yang bertengkar’ si cewek merasa cowoknya egois dan berbuat semaunya, si cewek dah frustasi dan udah gak peduli. Udah hampir menyerah dengan kisah cintanya ini. Terus si cewek nanya “kamu beneran gak apa – apa jika kita berpisah seperti ini? Akankah kamu baik – baik aja? jika kamu merindukan aku nanti, kamu bakalan gak bisa melihatku lagi. Coba pikirkan baik – baik” intinya ini lagu pas banget untuk melengkapi scenario cinta kamu yang complicated hehe. Heize juga menyanyikan lagu ini emosional banget, bener – bener kena feel-nya huhuhu

“잘 모르겠어 원하는 대로 해
어차피 이젠 너의 마음을
돌리려 해도 너는 정했잖아 답을
어설픈 차가운 말투
내 두 눈도 똑바로 못 보네
연기라도 제대로 해
나 강요하지 않을게
오늘 네가 생각해 온 대로 해
------
I don’t know, just do what you want
Even if I try to turn your heart around
You’ve already made the decision
You’re so bad at trying to act cold
You can’t even look into my eyes
You should try harder to act better
I won’t force you
Just do as you planned today”


“근데 난 대답을 듣고 싶어
넌 괜찮냐고
나 없이 살 수 있냐고
날 보고 싶어도 못 볼 텐데
날 안고 싶어도 못 안을 텐데
내 목소릴 듣고 싶어도 참는 게
괜찮냐고
-------
But I want to hear your answer
Are you alright?
Can you live without me?
Even if you miss me, you won’t be able to see me
Even if you wanna hold me, you won’t be able to
Even if you wanna hear my voice, you’ll have to hold it in
Are you alright with that?”

------
“In all the places of my future
There isn’t a place that’s without you
So how can this be for me?
Please think about this again”


4.     In the time spent with You/너와 함께한 시간 속에서 – Seo Taiji Remake Songs (9.5/10)




Lagu ini merupakan lagu lama dari musisi Seo Taiji yang telah di re-make/aransemen ulang kemudian mempercayakan lagu tersebut kepada Heize untuk dinyanyikan kembali. Lagu ini adalah salah satu lagu project Seo Taiji dalam me-remake lagu – lagu lamanya di album ‘time : traveler' dan menggaet penyanyi seperti Suran, Eddy Kim hingga BTS. Kalau lagu – lagu sebelumnya yang dinyanyikan oleh Heize berisi kisah sedih, kali ini lagu nya mengisahkan kisah romantis. Liriknya so-sweet, menceritakan sepasang kekasih yang selalu menghabiskan waktu Bersama, bahkan ketika Bersama rasa sakit satu sama lain terasa hilang dan yang ada malah bahagia selalu. Aku juga suka sekali dengan suaranya Heize pada lagu ini, dia sukses menyanyikan part dengan nada rendah hingga tinggi tanpa fals dan bagian rap secara sempurna! Dan yang pasti karakter suaranya bener – bener dikeluarkan dalam lagu ini. Tempo lagunya gak slow – slow amat dan aku suka instrument lagu-nya karena kentel banget unsur synthpop-nya uhh love this song! Andalanku sebagai salah satu lagu pengantar tidur favorit.

“Oraen chingu gata
Kau seperti teman lama
Haneopsi haengbokhae
Aku bahagia tiada henti
Neowa hamkke han sigan sogeseo
Kini saat aku bersamamu
Apeumeun sarajigo
Rasa sakit hilang
Naui maeumi pogeunhaejine
Dan hatiku menjadi hangat
Geudaewa na seulpeun yaegido manhassji
Kau dan aku, kita juga punya banyak cerita sedih
Geudaega tto naega seoroege baradeon
Kau dan aku, apa yang kita harapkan dari satu sama lain
Sumanheun iyagi manheun sayeondeul
Cerita tak berujung dan momen yang tak terhitung
Ijen amu geosdo anin geoseul alge dwaesseo
Kini aku tahu semua itu tiada artinya”


5.     Didn’t Know Me/내가 더 나빠 (9/10)

source : here

Lagu ini terdapat dalam EP ‘Baram’ dan merupakan title track kedua setelah ‘jenga’. Lagi – lagi aku lebih suka track lain yang ada di  album ini daripada title track – nya yang berkolaborasi dengan Gaeko. Entahlah, aku merasa track lagu lain lebih oke ditelinga aku dibandingkan title tracknya sendiri. Lagu ini sendiri isi liriknya hampir sama dengan track ‘But are you’ yang aku rating sebelumnya. Hanya saja lagu ini memiliki lirik penyesalan karena meninggalkan seseorang yang disayangi tanpa mengetahui betapa sakitnya perasaan orang yang ditinggalkan tersebut. Lalu penyesalan mendalam tersebut begitu membuat frustasi nyampe rasanya kek dalam neraka, rasa menyesal karena terlalu larut dalam emosi amarah terhadap orang yang disayang akhirnya jadi menyakiti diri sendiri. Lirik lagu ini juga menyebutkan bahwa dirinya lebih buruk daripada kekasihnya. Yahh emang liriknya begitu mengenaskan. Yang lagi galau kalau gak mau makin galau sebaiknya gak usah denger lagu ini hihi
Nah berikut penggalan liriknya :

“But I finally realized
How you had to secretly hurt
Because of my resentful texts
I’m worse, I’m worse
I’m worse than you
Now I finally know
How you were hurt even more
I knew that about you
But just because you left me
I hurt you more”
---------
You said it was for my future
Now I understand
Times without you felt like hell
But I endured through them
So can’t you say I did a good job
Can’t you hug me?
And come back to me?


6.     Don’t know You (9/10)

www.thekrazemagazine.com

Kalau lagu ini dirilis tahun 2017 lalu, lewat EP ‘/// (You Are Cloudy/ 너 먹구름 비)'  dan merupakan tittle tracknya. Lagu ini punya tempo yang lebih cepat dan berbeda dari lagu Heize yang pernah ia rilis sebelumnya. Dalam EP /// (‘You are cloudy 너 먹구름 )’, Heize juga bekerja sama dengan GroovyRoom dalam memproduksi lagu – lagu didalam EP-nya. Lagu ini juga sukses menyapu chart music korea setelah dirilis. Lagu ini berisi curhatan seorang cewek tentang dirinya yang merasa serba salah ketika berhadapan dengan pacarnya, si cewek jengkel dong, dia merasa gagal karena ‘gak mengenal dengan baik’ pacarnya itu orang yang seperti apa. Padahal ia sudah berubah agar sesuai dengan apa yang diinginkan pacarnya tapi tetap aja apa yang ia lakukan dan berikan salah di mata cowoknya. Si cewek pun rela melakukan segalanya agar si cowok bisa bahagia bersamanya. Cocok didengerin biar semangat ngehadapin cowok atau pacar yang jengkelin tapi malah bikin kita makin greget.
Berikut penggalan liriknya :

“I didn’t know you
I didn’t know your heart
I didn’t even know you were getting farther away
I really didn’t know
And I was just picking out your gifts
But that wasn’t what you wanted”

7.     You, Clouds, Rain ft Shin Young Jae (8.5/10)

lealbum.deviantart.com

Kayaknya lagu ini juga merupakan salah satu la
gu hits Heize yang gak boleh kamu lewatkan! Lagu ini setelah rilis sukses menyapu bersih berbagai situs chart music korea saat itu. Lagu bertempo slow dan ada suara percikan rintik hujan ini emang cocok didengerin pas patah hati dikala hujan sambil merem membayangkan orang yang pernah kita sayang. Pada lagu ini Heize lebih menampilkan kemampuan vocalnya dengan maksimal. Aku juga sering mendengarkan lagu ini ketika lagi sedih biar makin sedih hehe. Kolaborasinya dengan Shin Young jae beneran sukses! Dan FYI lagu ini jadi favorit beberapa member Wanna one, seperti lai guanlin, daehwi, dan jaehwan ketika diwawancari mengenai rekomendasi lagu ketika mereka menginginkan suasana ketenangan. Aku belum searching liriknya. Tapi emang liriknya nyeritain lagi hujan sesuai judulnya, “ketika hujan datang, aku memikirkanmu, karena itu aku memikirkanmu..”

8.     MIANHAE (8.5/10)

Ini lagu bertempo cepat dan hampir mirip seperti ‘don’t know you’ ada suasana ceria karena dentingan piano mengiringi lirik dengan apik. Aku suka dengan instrument-nya, tapi ada lagu heize yang lain yang lebih hebat dibandingin ‘mianhae’ ini jadi aku simpan di urutan ke-8 ya! Lagu ini memiliki lirik tentang penyesalan karena mengecewakan orang yang disayang, tapi penyampaiannya gak memiliki suasana yang menyesal sih, malahan kedengarannya kayak yang senang gitu melakukan ‘kesalahan itu’ berikut liriknya :


“Sorry for hurting
Sorry for being sad
For being someone who is emotional
For being so damn weak
I’m really so sorry”
 source : popgasa.com

9.     Would Be Better (8.5/10)



Lagu ini merupakan lagu yang dinyanyikan Heize untuk soundtrack drama wise prison life . aku belum sempat searching liriknya, tapi kedengarannya lagu ini lirih banget, sakit hati banget, menancap hati banget. Yah emang menyayat hati. Lagi baper pengen tambah baper boleh dengerin lagu heize yang satu ini! Aku pertama kali tahu lagu ini lewat postingan video di Instagram heize yang sedang menyanyikan potongan lagu ini disebuah studio latihan dance (?) dan suaranya ringan banget di kuping<3

Nahh itu 9 rekomendasi lagu heize yang jadi favorit aku selama ini. Semoga dapat membantu kalian yang lagi penasaran dengan lagu – lagunya heize tapi masih mikir – mikir buat streaming atau download karena takut lagunya ‘zonk’. Lagu – lagunya heize yang aku sebutkan diatas adalah murni opini aku ya! Nah gimana dengan kalian? Apakah udah punya lagu favorit dari heize dan dijadikan andalan saat lagi bersedih? Yukk share di kolom komentar!

outfitnya selalu swag~

cantik ya?


See you on another music review!


ULI

0 Response to "MUSIC REVIEW : REKOMENDASI LAGU HEIZE, SOLOIS BERBAKAT DARI KOREA SELATAN"

Post a Comment

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel