REVIEW : Wardah Lightening Series (Terbaru, Formula Baru, Kemasan Baru!)

Hai! ketemu lagi di blog aku dengan salah satu review dari brand kosmetik lokal yang populer banget di Indonesia, yaitu Wardah. Di blog aku sendiri entah udah berapa jenis produknya Wardah yang udah aku tulis review-nya disini. Nah, belum lama ini Wardah meluncurkan kembali salah satu line produk best seller-nya yaitu Wardah Lightening Series yang hadir dengan formula baru dan tampilan kemasan baru yang lebih fresh. Kini formula Wardah Lightening Series terbaru memiliki kemampuan untuk meangkal efek buruk dari sinar Blue Light yang berasal dari benda digital yang kita gunakan sehari-hari. Terlebih selama pandemi kita lebih sering beraktifitas didalam rumah dan mengharuskan kita menggunakan gadget atau benda digital lebih lama dari biasanya, jadi penting banget kan ya untuk melindungi kulit dari sinar blue light dari paparan benda digital yang kita gunakan sehari-hari. Selain hadir dengan formula perlindungan dari sinar blue light, Wardah Lightening Series juga kini memiliki formula 0% alkohol, jadi yang kulitnya sensitif terhadap bahan itu menurutku boleh banget pake Wardah Lightening Series, dan yang pasti udah teruji dermatologis dan halal.

3 tahun lalu aku pernah bikin review Wardah Lightening Series versi lama yang dalam rangkaian produknya terdapat 2 step, lalu aku update lagi di tahun 2018 karena saat itu Wardah Lightening series udah gak pake step-step lagi. Hingga akhirnya dulu aku cuma repurcahse night cream-nya aja hingga awal tahun 2019 karena emang cocok banget sama night cream-nya. Artikel yang aku tulis soal wardah lightening versi lama itu cukup populer di blog aku karena banyak banget yang baca meski udah lama pun masih ada yang baca.

kamu bisa baca lebih lanjut mengenai yang versi lama di link ini Review Wardah Lightening Series (2017)

Pertengahan 2019 aku stop pake wardah lightening night cream dan berpindah pake skincare Korea. Lalu akhir tahun 2020 ini aku kepikiran lagi buat pake Wardah Lightening Series karena aku bingung mau pake apa :( sebelumnya aku melakukan kesalahan. Jadi aku pake produk skincare Korea yang aku dapat dari PR Package, produknya sunscreen yang udah aku pake selama 2 bulan. Ketika aku akan menuliskan review-nya betapa kaget dan nyeselnya aku karena gak teliti baca ingredients dan katalog produknya, ternyata didalam sunscreen-nya mengandung Wine. Dalam agamaku wine jelas diharamkan penggunaannya untuk dikonsumsi maupun hanya sebatas dioleskan seperti skincare karena kan tetep skincare tuh meresap melalui pori-pori jadi masuk ke tubuh. Aku jadi kepikiran apakah skincare Korea-ku yang lain ke-halal-annya gimana :( aku memutuskan pengen stop dulu pake skincare Korea walaupun sebenernya skincare Korea ku masih banyak banget dan balik lagi pake Wardah, karena sebelumnya aku pernah pake dan cocok. Sebenernya aku masih pake produk serum dari salah satu brand skincare Korea, tapi kalau udah habis aku mau coba ganti pake serum merk lokal aja :')


Cukup sekian intermezzo-nya ya, mari balik lagi ke review. Sebelumnya aku bingung mau nyobain wardah lightening series atau Hydra Rose, tapi berhubung sekarang wajahku lagi kusam dan banyak spot bekas jerawat jadi aku memutuskan nyobain yang Wardah Lightening Series-nya aja. Wardah Lightening series sendiri terdiri dari beberapa produk.Dalam review kali ini aku hanya akan menuliskan 3 rangkaian esensial wardah lightening series saja, mulai dari Wardah Lightening Micellar Gentle Wash, Day cream dan Night cream. Setelah mencoba selama lebih dari 2 minggu, aku rasa udah cukup ya untuk menuliskan review-nya disini. postingan kali ini akan jadi postingan yang cukup panjang karena aku bahas 3 produk sekaligus, jadi siap-siap fokus ya! yuk keep scrolling buat review-nya!

Wardah Lightening Micellar Gentle Wash
Sebenernya Wardah Lightening Micellar Gentle Wash ini adalah versi improved formula dari versi lamanya, setahuku dulu namanya adalah lightening gentle wash, sekarang berubah menjadi lightening micellar gentle wash karena sekarang dilengkapi dengan formula Micellar technology yang membentuk busa, angkat minyak dan kotoran pada wajah dengan bersih. Untuk kemasannya masih mengusung warna biru pastel yang imut dengan perpaduan warna putih sehingga kasih look yang clean dan simpel. Aku beli kemasan besarnya, tube plastik pipih dengan isi 100ml. Bisa aku pake selama 3-4 bulan.



Selain mengklaim memiliki formula Micellar Technology, Wardah Lightening Micellar Gentle Wash ini juga mengandung advanced niacinamide untuk kulit tampak lebih lembut, bercahaya dan terjaga kelembabannya. Wardah lightening micellar gentle wash juga memiliki formula pH balance dan non soap formula untuk menjaga keseimbangan pH alami kulit dan membersihkan kulit dengan tetap menjaga kelembabannya tanap meninggalkan rasa kesat atau tertarik setelah penggunaan.

Klaim Produk

Berdasarkan klaimnya, Wardah Micellar Gentle Wash ini diformulasikan untuk pemilik kulit normal cenderung kering. Cocok memang untuk jenis kulitku. Jika tipe kulit kalian normal cenderung berminyak mungkin bisa coba varian lightening Whip facial foam-nya.

Ingredients

Untuk highlight ingredients-nya mengandung niacinamide dan licorice extract. Minusnya mungkin produk ini masih mengandung fragrance ya. tapi menurutku aroma produknya jauh lebih soft dibandingkan versi lamanya. Bagi kalian yang pernah coba Wardah Lightening series pasti hafal lah ya aroma khas-nya seperti apa. Wanginya enak pokoknya, tipikal wangi soft tapi manis gitu wkwk aku suka sih sama wangi produknya.

Untuk tekstur produknya menurutku masih sama seperti yang versi lama, teksturnya lebih ke gel cream gitu. Light weight banget dan tergolong cair sih gak seperti facial foam yang tekstur produknya kek pasta. Warnanya putih dan busanya memang gak banyak. Gak sepadat facial foam. Karena kondisi kulitku sekarang emang gampang kering, aku malah suka dengan busanya yang sedikit ini. Sesuai namanya gentle banget di muka, setelah dipake muka berasa bersih dan halus gak ada feel ketarik sama sekali.


Tapi kalau untuk dipake first cleanser aku gak rekomen sih ya, karena Wardah Lightening Micellar Gentle Wash ini emang gentle banget jadi kurang nampol kalau diandalkan buat bersihin makeup, bahkan makeup ringan sekalipun yang cuma bedakan doang, aku tetap menyarankan pake first cleanser kayak micellar water atau makeup remover dulu ya, baru untuk menuntaskan sisanya pake Wardah Micellar Gentle Wash ini. Selama 2 minggu pemakaian, aku suka dengan Wardah lightening Micellar gentle wash ini karena bikin mukaku kelihatan cerah, halus dan tetap lembab setelah cuci muka. Gak menimbulkan efek yang aneh-aneh juga. Jadi kalau misalnya habis aku sepertinya bakal masukin Wardah lightening micellar gentle wash ini ke list face wash yang akan aku repurchase.

Wardah Lightening Day Cream & Night Cream
Bisa dibilang kalau Day Cream dan Night Cream itu adalah key product dari sebuah rangkaian skincare. Karena konsistensi produk berbentuk "cream" itu jelas lebih tinggi kandungannya dan bekerja jauh lebih maksimal. Wardah Lightening Series punya Lightening Day Cream dengan Advanced niacinamide dan SPF 30 PA+++ yang diformulasikan untuk pemilik jenis kulit normal cenderung kering dan Lightening Night cream dengan advanced niacinamide dan licorice extract yang diformulasikan untuk semua jenis kulit yang akan aku tuliskan review-nya disini.


Kemasan barunya hadir dengan nuansa warna biru pastel dan putih yang memberikan look yang fresh, clean dan simpel. Karena dulu aku pernah pake Wardah Lightening series dan cocok, jadi aku langsung beli kemasan full size-nya dengan berat 30gram. Material kemasannya dari plastik doff yang cukup tebal. Kalau dulu untuk membedakan yang mana day dan night cream cukup sulit karena emang kemasannya mirip banget, yang ngebedain cuma simbol matahari sama bulan. Tapi kalau untuk kemasan baru yang sekarang lebih mudah bedainnya. Untuk day cream pot-nya berwarna biru dengan tutup putih, sedangkan night creamnya, pot-nya berwarna putih dengan tutup biru, jadi gak susah lagi bedain yang mana day cream dan mana night cream. Saat keadaan baru tentunya kemasannya dilengkapi dengan box berisi informasi produk dengan lengkap.


Seperti yang udah aku bahas sebelumnya kalau Wardah Lightening series punya formula baru yaitu Advanced niacinamide, 0% Alcohol, non-comedogenic serta blue light protection. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai blue light, kamu bisa cek foto di bawah soal penjelasan blue light yang tertera pada kemasan Wardah lightening day dan night cream :


Wardah Lightening series sendiri mengandung highlight ingredients advanced niacinamide yang berikan 5 manfaat yaitu : mencerahkan kulit, melindungi kulit dari paparan blue light, membuat warna kulit tampak merata, menyamarkan bekas jerawat dan menjaga kelembaban kulit. Jujur aja 5 manfaat produknya itu memang yang sedang aku butuhkan saat ini ehehe.


Oh iya kemasannya juga dilengkapi sekat/lid penutup biar isi produknya gak belepotan keluar dan menempel ke tutup pot-nya. Aku udah bawa 2 produk ini travelling sekali dan isinya  tetap aman gak belepotan sama sekali walau aku masukin ke skincare pouch-ku yang penuh.


Keep scrolling biar tahu review tiap produknya ya! Mari kita kupas dari Day Cream-nya dulu~

Wardah Lightening Day Cream Advanced Niacinamide + SPF 30 PA+++
"Pelembab pagi dengan tekstur krim yang ringan yang melembabkan dan mudah meresap dilengkapi dengan advanced niacinamide untuk mnecerahkan kulit sekaligus meindungi dari sinar blue light serta SPF 30 PA+++ untuk melindungi dari sinar UVA dan UVB, cocok untuk kuit normal cenderung kering"



Klaim

Ingredients

Wardah Lightening Day cream yang akan aku review ini diformulasikan khusus untuk jenis kulit normal cenderung kering, dan ini cocok untuk jenis kulitku. Buat kalian yang memiliki kulit kombinasi atau berminyak, tenang... Wardah juga kini punya Lightening Day Gel nya yang ditujukan bagi konsumennya yang memiliki jenis kulit normal cenderung berminyak ☺ Dilihat dari list ingredients-nya, kandungan niacinamide-nya cukup tinggi ya karena pada baris awal ingredients setelah kandungan ethylhexylmethoxycinnamte yang merupakan chemical sunscreen alias anti UV. selain itu ada kandungan allantoin, licorice dan ekstrak Actinidia polygama fruit extract (Silver vine) yang bantu meningkatkan tingkat transculency kulit walau konsistensinya gak banyak karena berada di urutan akhir ingredients.

Aku pake wardah lightening day cream ini setelah pake toner rose water atau langsung setelah aku cuci muka. Terus aku lanjut pake makeup dan gak aku timpa apa apa lagi kalau diem di rumah hehe


Wangi produknya khas wardah lightening series, wangi manis yang soft kalau menurutku sih. Untuk tekstunya sendiri memang ringan sesuai klaimnya, agak pekat kalau dibandingkan dengan night cream-nya. Tapi kalau diaplikasikan ke kulit langsung meresap dan kasih efek sedikit "dewy" sih di kulit aku ada glowing-glowingnya dikit. Poin penting walau ada efek dewy ke muka, dia gak bikin mukaku lengket apalagi kusem. Ini sih yang aku suka, karena seingetku yang versi lama 3 tahun lalu malah bikin mukaku kusem setelah beberapa jam pemakaian. Kalau yang versi sekarang enggak, meskipun enggak aku set bedak setelahnya. Untuk kemampuan melembabkannya juga pas, gak over atau kurang. Dipake base sebelum makeup juga oke, gak bikin makeup-ku cepet oily atau geser. 

Sejauh ini selama 2 minggu lebih pemakaian gak ada efek negatif ke kulitku, rasanya biasa aja di kulitku gak ada efek panas atau perih. Enak deh pokoknya di muka aku. Untuk efek mencerahkan dan menyamarkan bekas jerawat sih sih aku belum gitu notice perubahan yang signifikan, tapi kalau untuk kulit kusamku udah agak berkurang. Ada bekas bentol dipelipisku juga jadi hilang tak berbekas oh, tapi akalau untuk bekas jerawat yang udah lama sih kayaknya perlu waktu ekstra ya. Selama 2 minggu pemakaian juga kulitku teksturnya jadi lebih halus dan lembab, komedo juga aman gak jadi barbar setelah pake ini. Aku kira aku gaakan gitu suka sama day cream-nya, eh malah suka dong

Wardah Lightening Night Cream Advanced Niacinamide + Licorice Extract
"Pelembab malam dengan tekstur krim ringan yang menutrisi dan melembabkan sepanjang malam sekaligus bantu mencerahkan kulit ketika tidur, dilengkapi dengan advanced niacinamide bantu mencerahkan kulit sekaligus berikan perlindungan ekstra terhadap sinar blue light yang berkerja sinergis dengan licorice extract untuk menjadikan kulit cerah bercahaya"


Klaim

Ingredients

Kalau di ingredients versi terdahulu Wardah Lightening Night cream meng-highlight kandungan AHA (Alpha Hydroxyl Acid) dengan jenis AHA glycolid acid dengan konsentrasi cukup tinggi karena berada di list awal ingredients, surprisingly untuk formula terbaru ini gak ada kandungan itu lagi! tapi masih tetep ada AHA nya kok, yaitu dari citric acid. Tapi konsistensinyagak tinggi karena berada di pertengahan list ingredients. AHA emang baik untuk kulit terutama membantu untuk proses regenerasi dan mencerahkan kulit. Namun tidak semua orang cocok dengan AHA terkadang kasih efek "panas" atau "pedes" ke kulit. Untuk versi formula barunya ini aku cukup kaget pas pertama kali coba. Selain ada niacinamide ternyata ada kandungan arbutin dan glutathione loh yang dikenal bagus untuk mencerahkan kulit. Selain itu ada kandungan vitamin E juga serta licorice extract. Tapi sayang sih ekstrk licorice yang jadi key ingredients-nya berada di urutan paling akhir, artinya gak banyak ekstrak licorice nya. Selain itu ada ekstrak akar bunga peony (paeonia suffruticosa root extract) dan scutellaria baicalensis root extract.

Untuk wanginya sama seperti rangkaian lightening series lainnya wangi soft yang sedikit manis. Tapi jika dibandingkan sama yang versi lama, versi yang sekarang ini jauh lebih soft wanginya, dan aku suka sih sama wanginya soalnya enak 🙈

Aku pake Wardah Lightening Night Cream ini setelah pake toner dan serum, tapi kalau misalnya lagi males pake skincare berlayer, aku pake ini langsung setelah cuci muka dan langsung tidur 🤭


Teksturnya ini lebih ke gel cream menurutku dan cukup watery, beda sama yang versi lama yang lumayan thick dan sedikit agak nge-balm gitu teksturnya. Pas diolesin ke kulit juga ada sensasi seger adem gitu. Poin plusnya dia cepet meresap dan sama sekali gak lengket, gak nempel di bantal dan pas bangun pagi muka juga jadi halussss dan lembab tanpa efek muka jadi oily. Aku suka banget sama yang formula baru ini. Dia bantu ngelembabin kulit tanpa bikin kulit jadi kilang minyak esok harinya. Selama pemakaian 2 minggu aku merasa wardah lightening night cream ini bantu memperhalus tekstur kulit aku dan mengurangi tampilan kulit kusamku. Kalau untuk efek mencerahkan dan menyamarkan bekas jerawat sih belum kelihatan dengan signifikan ya, sepertiya harus aku pake lebih telaten lagi. Tapi kalau untuk bekas bentol sih mantap, dalam 2 minggu bekas bentol di pelipis aku hilang dong 🥺 aku gak nyangka. Tapi kalau untuk bekas jerawat yang udah lama kurang nampol. But overall aku suka sama night cream nya karena beneran ngebantu memperbaiki tekstur kulit aku jadi lebih halus dan tetap lembab tanpa bikin mukaku kilang minyak. Aku yakin sepertinya night cream ini sesuai klaimnya cocok untuk semua jenis kulit, aku berpendapat demikian karena melihat tekstur krimnya yang lightweight dan watery.

Perbandingan tekstur krim



Bisa kalian lihat kan kalau yang night cream lebih runny teksturnya dan kelihatan lebih berair daripada day cream yang teksturnya terlihat lebih pekat. Kalau setelah diaplikasikan wajah kelihatan ada "glow" nya sedikit tapi gak bikin lengket kok.

Nah ini perbandingam kulitku setelah lebih dari 2 minggu pake Wardah Lightening micellar gentle wash, day cream dan night cream :

My bare face

Apakah kalian notice ada yang berbeda dari kulitku? Kalau menurut mataku aku sih kelihatan sama aja cuma emang bekas bentol di pelipis aku jadi hilang. Kalau bekas jerawat mah ya tetep ada sih 🥺 tapi aku tetep suka kok sama Wardah Lightening Series ini dan akan lanjutkan pemakaiannya ☺

OVERALL REVIEW
Aku cukup kagum sama formula Wardah Lightening series yang sekarang. Aku akui formula yang sekarang lebih bagus dan lebih gentle di kulit. Aku rekomen produk ini buat kalian yang pengen mengatasi tampilan muka kusam dan kering karena di kulitku bekerja dengan baik untuk mengurangi kulit kusam, jaga kelembaban dan menghaluskan kulitku. Kalau untuk efek mencerahkan sama menyamarkan bekas jerawat sih belum begitu kelihatan ya, mungkin harus aku pake dalam kurun waktu beberapa bulan baru kelihatan efeknya. 
Oh iya untuk harganya bervariasi ya, untuk Wardah Lightening Micellar Gentle Wash aku beli di marketplace dengan harga IDR 21.000/100ml, sedangkan untuk Wardah Lightening Day cream dan night cream aku beli di Asia Toserba garut. Kalau gak salah pas beli aku dapat diskon, day cream-nya IDR 38.000/30gr dan night cream-nya IDR 40.000/30gram. Kalau kalian mau coba coba dulu bisa beli kemasan tube nya ya karena isinya lebih sedikit. Harganya terjangkau banget yaa, pasti Wardah Lightening series ini bakalan jadi skincare yang akan selalu aku repurchase kayaknya kalau lagi bingung mau pake skincare apa 🙈 oh iya kalian juga bisa beli produk ini secara online melalui Wardah Official Store Lazmall karena banyak diskon juga disana.

Atau kalian juga bisa beli lewat Shopee dengan klik link dibawah ini ya!


Oke gengs sekian review-ku kali ini, semoga membantu ya!

See you on another review^^

4 Responses to "REVIEW : Wardah Lightening Series (Terbaru, Formula Baru, Kemasan Baru!)"

  1. Toner sama serum nya pakai wardah lightening juga kak?

    ReplyDelete
  2. Halo kak muka nya bruntsn ga yaa??

    ReplyDelete
  3. Kak boleh tau nggak rangkaian skincare kaka apa soalnya jenis kulit kita sama ..aku takut salah kalo beli" gitu

    ReplyDelete
  4. Hmbbh~ facewash nya menarik nih; ga ada palmitic acid & stearic acid di ingredients nya

    ReplyDelete

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel