REVIEW : Pyunkang Yul Essence Toner

Haiiii gengs! Ketemu lagi di blog aku. Setelah mengumpulkan niat selama sebulan akhirnya aku kembali dengan postingan terbaru. Jujur akhir – akhir ini aku malas untuk update blog, padahal banyak banget konten yang ingin aku posting. Memang saat ini sepertinya trend blog mulai meredup semenjak adanya sosial media Instagram dan youtube. Banyak influencer di blog yang pindah lapak ke Instagram dan youtube. Sayangnya aku masih belum bisa terjun di dua platform tersebut dalam waktu dekat dan belum kepikiran pindah kesana. Aku masih betah di platform blog ini karena aku dapat feedback baik disini. Tapi tidak menutup kemungkinan suatu hari nanti aku nyobain ke platform lain selain Blog. Bisa dibilang blog saat ini popularitasnya sedang meredup, tapi aku yakin platform blog gak akan nyampe gulung tikar sepertinya. Disamping platform audio visual makin menanjak, aku yakin platform literasi dapat terus berkembang dan hidup beriringan dengan platform audio visual macem sosial media Instagram dan Youtube. Karena aku yakin masih banyak diluar sana segmen masyarakat yang lebih suka cari informasi lewat bentuk tulisan di Blog. Jadi jangaan patah semangatt untuk tetap menuliss konten buat para blogger, khususnya beauty blogger! (menyemangati diri sendiri)

Oke sekian curhatnya 🤭, kali ini aku akan mereview produk yang bisa dibilang perpaduan dari 2 produk yaitu essence dan toner. Jujur selama 2 tahun terakhir aku absen gak pake toner dalam skincare routine-ku karena aku gak menganggap toner itu “penting” wkwk aku pake face wash, serum dan cream aja. Tapi belakangan kulitku mulai rewel, sering beruntusan, mengelupas dan banyak tumbuh komedo juga. Entah apa penyebabnya tapi sumpah ganggu banget. Nyampe akhirnya temenku menceramahi aku soal pentingnya pake toner. Dia bilang ada 2 jenis toner, yaitu exfoliating dan hydrating toner. Aku tahu cuma aku males pake aja wkwk. Karena Lelah lihat mukaku yang makin gak karuan akhirnya aku memutuskan nyobain produk yang udah hype banget di kalangan skincare enthusiast yaitu Pyunkang Yul Essence Toner yang masuk dalam kategori hydrating toner untuk melengkapi skincare routine aku. Produk ini praktis banget kan ya, karena gabungin essence+toner. Produk ini udah sangat overrated dan banyak mendapatkan ulasan positif. Pada postingan kali ini aku akan membagikan review dan pengalamanku setelah menggunakan Pyunkang Yul Essence Toner, apakah worth the hype? Yuk simak review-nya!

 

PACKAGING

Kemasannya datang dengan box dengan material kardus doff berwarna navy yang cukup kokoh dan dilengkapi segel saat masih dalam keadaan baru, baik pada box nya maupun dalam mulut botolnya yang dilengkapi segel plastic alumunium. Jadi sebelum digunakan untuk pertama kali kalian lepas dulu ya segel didalam botolnya biar isinya keluar. desain kemasannya simple banget. Gak banyak cingcong wkwk kelihatan to the point. tapi walau simple kelihatannya kek skincare mahal gitu gak sih? malah selewat kadang-kadang aku mikir kemasannya mirip botol obat batuk wkwk



Tonernya sendiri dikemas dengan botol plastik transparan yang tebal dengan warna sapphire blue khas brand Pyunkang Yul. Walau plastiknya transparan tapi warnanya agak gelap jadi agak sulit melihat isi didalamnya tanpa bantuan cahaya. ketika aku senterin baru deh aku notice isi produknya berapa banyak lagi. Oh iya tutupnya tutup botolnya flip top dengan mulut botol yang kecil. Tutupnya secure banget gak was-was takut tumpah. Aku punya kemasan paling besarnya dengan isi 200ml, setahuku ada size 30 ml, 100 ml dan 200ml. Aku modal nekat sih langsung beli yang gede wkwk soalnya dulu pernah pake moisture cream-nya pyunkang yul juga dan cocok di aku tapi gak sempet ke review.


walau isinya 200ml, aku merasa botolnya gak gitu besar, tapi tetep terlalu bulky sih kalau dibawa travelling wkwk. Overall aku suka suka aja dengan kemasannya yang simple tapi tetep berkesan sih, menggambarkan banget image-nya brand pyunkang yul yang dikenal simple dan memanfaatkan bahan obat-obatan alami dari Korea yang disebut Hanbang.



Pada boxnya tertera deskripsi produk. Hanya saja karena Pyunkang Yul ini berasal dari Korea Selatan, tentunya deskripsi produk yang tercantum ditulis pakai bahasa korea. jangan khawatir karena ada juga deskripsi menggunakan bahasa inggris. Tapi tenang aja ya, Pyunkang Yul ini udah resmi masuk pasar indonesia jadi udah terdaftar BPOM dan tertera juga deskripsi produk melalui label dari importir Pyunkang Yul di Indonesia yaitu PT. Style Korean yang menambahkan deskripsi singkat dan cara pemakaian menggunakan bahasa indonesia.





CLAIMS & INGEDIENTS
"Pyunkang Yul Essence Toner which is full of nourishment and rich hydrated"
Pyunkang Yul Essence Toner ini mengandung 91.3% Milk Vetch Root Extract untuk mengembalikan energi kulit & meningkatkan elastisitas. Tekstur padat dan kental yang menyerap dengan cepat ke dalam kulit untuk hasil akhir yang lembab namun halus dan bersih.

Cara penggunaan : Tuang secukupnya pada kapas. Aplikasikan secara lembut dengan mengikuti garis-garis kulit.




Berdasarkan list ingredientsnya, bisa dibilang Pyunkang Yul ini memiliki ingredients yang minimalis sekali,  hanya 7 bahan yang digunakan. Aku bahkan gak melihat ada bahan seperti paraben maupun fragrance dari produknya. Hebat banget kan ya. Oh iya bahan utama dari pyunkang yul essence toner ini adalah milk vetch root extract (atau disebut juga astragalus membranaceus root extract) yang sangat tinggi yaitu sebanyak 91.3%. Bahan tersebut sudah sangat lama digunakan dalam dunia pengobatan di Tiongkok, manfaatnya mulai dari untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi efek samping kemoterapi, mengurangi kecemasan dan gangguan tidur, meredakan gejala alergi musiman serta manfaatnya untuk kulit adalah sebagai anti penuaan dini, seperti mengurangi kerutan di wajah serta flek dan membantu memicu pertumbuhan sel sel kulit baru (Sumber : klikdokter). Produk Pyunkang Yul berasal dari sebuah klinik di Korea Selatan yang bermama Pyunkang Oriental Medicine Clinic. Pyunkang Yul sendiri mengklaim bahwa bahan utama tersebut dapat memberikan manfaat untuk mengembalikan energi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

MY REVIEW
Mari kita bahas performa produknya. Saat pertama kali aku mengeluarkan produknya, aku cukup impress karena dia teksturnya memang agak sedikit lebih kental daripada toner pada umumnya. Banyak yang bilang teksturnya seperti essence. Ya mungkin karena si Pyunkang Yul ini gabungan dari essence+toner. Nah tapi ketika udah dituangkan ke telapak tangan dia agak runny dan surprisingly cepet banget meresapnya. Gak ada drama lengket atau nunggu lama buat tonernya meresap.

Oh iya kalo dari segi warna, toner ini hampir gak ada warnanya karena dia transparan gitu, hampir mirip kek warna air pada umunya. Soal wangi dia sebenernya bisa dibilang gak ada wangi sama sekali. Bener-bener minimalis skincare banget. Tapi lama kelamaan ketika aku hayati, dia ada wanginya samaaaar banget. Kek wangi tumbuhal herbal gitu loh (?) Macem bau daun atau akar-akaran tapi beneran wanginya gak akan ke-notice kalo gak bener bener dihayati pake hidung wkwk. Overall aku gak ada masalah sama aroma produknya karena bisa dibilang dia gak ada wanginya sama sekali kok. Jadi aman banget, terutama buat yang sensitif banget sama wewangian dalam produk skincare.


Biasanya aku pake Pyunkang Yul essence toner gak sesuai instruksi pemakaiannya. Mengingat teksturnya yang agak kental, aku butuh mengeluarkan banyak produk hingga kapasnya terasa cukup basah, dan aku merasa cara tersebut kurang efektif wkwkwk aku milih cara yang lebih efektif dan efisien dengan menunangkan tonernya langsung ke telapak tangan aku sebanyak 5-7 tetes, aku baurkan dulu di telapak tangan kemudian aku tap tap ke muka dan aku rasa tonernya lebih banyak meresap ke wajah aku daripada pake kapas. Well, emang tergantung preference kalian sih ngikut cara yang mana sebenernya sama aja. Tapi kalo seleraku sih pake tonernya langsung #tuangditangan wkwk. Oh iya saat pertama kali pake toner ini, kulitku gak ada reaksi apa apa macem perih atau gatel, bahkan di area kulit yang lagi iritasi juga gak kerasa cekat cekit, malah ada efek calming dan lembab seketika gitu, me likey! Biasanya aku gabung pake Pyungkang Yul Essence toner ini setelah pemakaian exfoliate tonernya Cosrx dan lanjut pake serum serta cream.

Kulitku termasuk kering dan kumayan krengki ketika pake exfo toner bahkan ketika aku pake exfo toner yang mild formulanya macem cosrx clarfying toner. Kulitku kadang jadi agak sedikit cekat cekit, nah setelah pemakaian si Cosrx aku lanjut pake Pyunkang Yul essence toner ini dan sangat membantu banget ngademin kulitku dan kurangin efek cekat cekitnya. Tapi aku pake exfoliate toner hanya 2 hari sekali, sedangkan Pyunkang Yul Essence Toner aku pakai tiap hari pagi dan malam serta sebelum pake makeup buat bantu menghidrasi kulit aku yang gampang gersang ini.

Sekarang aku bahas performanya di kulit aku. Kulitku cenderung kering nyampe mengelupas gitu dan biasanya menjelang period/menstruasi suka mendadak makin kering mukanya, banyak komedo dan jerawat beruntusan huhu T^T beberapa bulan kebelakang aku struggle banget sama jerawat hormonal yang pada terpendem dalam kulit *gakadamatanya, jadi ya susah sembuhnya tuh jerawat. Akhirnya aku coba nambahin exfoliate toner dan hydrating toner dari Pyunkang Yul ini. Surprisingly, dalam pemakaian 1 bulan aku notice banget sama perbedaan kulitku ketika belum nambahin toner dan setelah nambahin toner dalam skincare routine aku.


Aku merasa pyunkang yul essence toner bisa mengoptimalkan kinerja skinkerku yang lain, dan aku juga notice kalau semenjak pake Pyunkang Yul toner skin barrier aku jadi lebih baik. Gak gampang kering dan jerawatan. Bulan lalu ada jerawat hormonal menejelang aku mens, bulan ini gak ada sama sekali jerawat baru yang muncul, seneeeng banget 😭 bener bener sesuai ekspektasiku. Katanya sih bahan utama toner Pyunkang Yul yaitu Milk Vetch Root Extract ini juga memiliki fungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur, jadi apakah toner ini juga berperan dalam mencegah timbulnya jerawat di kulit aku ya? 🤔 


Terus aku juga notice kalo tekstur kulit aku sekarang jauh kelihatan lebih halus dan lebih berseri gitu, gak kusem.. kalo pake makeup juga jadi lebih gampang karena dry patches hampir gak ada sekarang. Aku notice juga pori pori di area pipi aku jauhh kelihatan lebih samar. Kemarin kemarin aku sempet combine sama serum yang mengandung vitamin c juga, tapi aku merasa kurang nampol dan balik lagi pake serum propolis dari beauty of joseon. Sumpah sih jadi makin baguss efeknya ketika aku kombinasikan sama tonernya Pyunkang Yul, muka aku jadi lebih kelihatan glowingnya. Bahkan ketika gak pake highlighter ketika makeup juga kulit aku kelihatan glowing yang sehat gitu bukan yang kusem minyakan. 

Aku rasa toner ini bekerja sesuai dengan klaimnya, yaitu "mengembalikan energi kulit dan meningkatkan vitalitas kulit" karena setelah kupake memang dia seperti mengembakikan energi kulitku yang hilang menjadi lebih kuat, dengang skin barrier aku yang membaik serta tekstur kulit aku juga membaik setelah nambahin Pyunkang Yul Essence Toner ini. Kalo untuk menghilangkan bekas jerawat sih menurutku gak ngefek ya, toh Pyunkang Yul juga gak ngeklaim bisa kurangi bekas jerawat tapi kalau di aku dia lumayan bisa ngalemin kulitku yang lagi jerawatan biar gak semakin meradang.

OVERALL REVIEW
Selama ini aku melakukan kesalahan pada kukitku karena mengabaikan pentingnya pake toner 😭 ini bisa dibilang pertama kalinya aku pake hydrating toner dan hasilnya bener bener ke notice sama aku. Pyunkang Yul Essence toner cukup memenuhi ekpektasi yang dibutuhkan oleh kulitku. Aku merasa produk ini memang worth the hype karena udah overrated banget dan banyak yang pake. Menurutku wajar banget produk ini overrated karena memang bagus produknya. Oh iya produknya juga tergolong murah sih untuk toner brand korea, waktu itu aku beli di shopee dengan harga IDR 112.000an dengan isi 200ml dan menurut aku isinya cukup banyak. Tapi walau harganya terjangkau dia ori kok, karena toner Pyunkang Yul punyaku ini berasal dari distributor resmi Pyunkang Yul di Indonesia yaitu PT. Style Korean Indonesia.

Kalau kamu tertarik mencoba juga, bisa klin link di bawah ini 👇🏻 


Oke gengs, overall aku puas banget sama performa Pyunkang Yul Essence toner karena hasilnya bagus di kulit aku. Hasil yang kudapat tentu tidak hanya kudapatkan dari pemakaian toner Pyunkang Yul saja, tapi juga merupakan gabungan dari rangkaian skincare aku yang lain dimana pyunkang yul ini bantu skincare-ku di tahap selanjutnya jadi bekerja lebih maksimal ☺

Cukup sekian ya review dari aku, semoga membantu! See you on another review^^

0 Response to "REVIEW : Pyunkang Yul Essence Toner"

Post a Comment

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel