REVIEW : Mineral Botanica First Defense+ Brightening Facial Foam

Alohaa!! Kesempatan kali ini aku mau berbagi review-ku setelah mencoba facial foam dari brand lokal yaitu Mineral Botanica First Defense Facial Foam. Yess facial foam. Biasanya aku lebih sering pakai facial wash atau facial cleanser karena memang pada dasarnya tekstur produknya lebih ringan dan gentle buat kulit kering. Tapi aku baru sadar setelah aku checkout produk ini dan ternyata dia adalah facial foam! 🤧 wkwk aku sebelum beli emang baca dulu deskripsi produk dari seller-nya dan varian facial foam mineral botanica ini katanya sih ditujukan buat kulit normal-kering karena dari tulisannya "pH balance" sehingga aku gak jadi panik deh. Setahuku produk facial foam biasanya memiliki busa yang melimpah dan bisa menarik minyak/sebum lebih efektif sehingga facial foam biasanya ditujukan buat yang kulitnya berminyak. Tapi karena aku lihat mineral botanica ini punya formula pH balance, jadi aku memutuskan untuk mencobanya. Lalu gimana pengalamanku setelah mencoba produk ini selama seminggu terakhir? Yuk simak review-nya!

PACKAGING
Kemasannya sama seperti kemasan produk sabu  pembersih wajah pada umumnya. Berbentuk tube dari material plastik dengan dominasi warna putih dengan sedikit perpaduan warna biru. Desain kemasannya terlihat simple namun on point gitu gengs, aku sih suka sama desain kemasannya, kelihatan kredibel gitu gak sih? 



Oh iya finish material kemasannya itu glossy ya dengan berat/isi 100 gram, buat aku isi segitu cukup buat 3-4 bulan pemakaian dengan frekuensi pemakaian 2x sehari ya. Saat dakam keadaan baru aku seneng lihat kemasannya karena dilengkapi dengan segel plastik wrap gitu, jadi aman gak akan takut bocor atau isinya dikeluarin oleh orang iseng.


Dibelakang kemasannya juga dilengkapi dengan informasi produk yang cukup lengkap, mulai dari deskripsi produk, cara pakai, ingredients hingga informasi produsen. Lalu yang bikin aku bangga sama mineral botanica adalah karena ternyata produk mineral botanica ini animal cruelty free, fortified with natural extract, PAO 12 month, dan sudah tersertifikasi Halal MUI! Me likey🥺 masih jarang sih ya brand-brand lokal yang mencantumkan produknya cruelty free atau masa PAO produknya, nah minerla botanica ini tertera dengan jelas, jadi merasa aman dan tentram nih pakai produknya.


Tapi, mungkin aku lagi zonk kali ya? Untuk tutup tube nya yang aku dapetin kok kualitasnya kurang bagus gitu gengs, gak bisa menutup dengan rapat dan rawan kebuka gitu huhuhu sedih, aku takut kalau bawa ini travelling takut kebuka sendiru tutupnya :')

Gak bisa ditutup rapat :(


Overall kemasannya udah cukup bagus sih dari material, perpaduan warna sama desainnya. Cuma aku kebagian yang kualitas tutup tube-nya kurang bagus jadi yaa semoga kedepannya kualitasnya ditingkatin lagi.

CLAIMS & INGREDIENTS
First Defense+ Brightening Facial Foam memiliki pH seimbang dengan formula lembut pada kulit dan mampu mengangkat kotoran. Diformulasikan untuk semua jenis kulitdna dilengkapi denhan kandungan bahan-bahan yang membuat kulit lebih bersih dan tampak lebih cerah sehingga kulit terasa lembut, kenyal dan bersinar. 

Cara pakai : keluarkan secukupnya pada telapak tangan lalu campurkan dengan sedikit air hingga berbusa. Pijatkan dengan halus ke seluruh permukaan wajah menggunakan gerakan melingkar ke atas. Bilas dengan air hingga bersih. Lanjutkan dengan toner, serum dan cream.


Claims & Ingredients

Dilihat dari list ingredients-nya aku menemukan glycerin, ekstrak licorice dan ada fragrance juga tapi diurutan hampir terakhir. Lalu ternyata facial foam-nya mengandung sodium lauroyl Sarcosinate, mungkin sejenis dengan sodium laureth sulfate (SLES) atau sodium lauryl sulfate (SLS) namun dengan formula surfaktan (busa) yang lebih ramah di kulit (?). Aku gak nemu ada paraben juga tapi paraben-nya diganti sama phenoxyethanol sama Dmdm hydantoin yang memiliki fungsi yang sama seperti paraben, yaitu pengawet produk dan mencegah produknya agar tidak terkontaminasi bakteri gitu. Btw aku kurang ngerti sih dengan fungsi tiap-tiap ingredients-nya, tapi kelihatannya ingredients-nya aman aman aja sih sama seperti kandungan facial foam pada umumnya.

MY REVIEW
Pas lihat teksturnya aku jadi deja vu, keinget sama creamy wash wardah yang orange itu wkwk agak takut sih sebenernya karena tekstur begini pasti berbusa banget, eh tapi setelah dibaurkan teksturnya gak se-creamy itu malah lebih ke milky gel texture gitu gengs, malah jadi keinget sama wardah gentle wash jadinya. Lumayan mirip tapi dengan feels yang berbeda. Kalo mineral botanica ini lebih kental kalo wardah gentle wash agak cair dikit. Karena ini facial foam, jadi sebelum dipakai harus dibusakan dulu ya ditelapak tangan yang basah atau dikasih tetesan air sedikit gitu, ketika udah berbusa baru deh dibaurkan ke wajah dengan lembut. Untuk wanginya ini tipikal wangi yang soft gitu, mirip sama wangi produk skincare baby atau bedak baby gitu, gak mencolok sama sekali, beneran soft dan nenangin gitu.



Bener aja, pas dibusakan emang mayan berbusa banget tapi gak begitu tebel busanya, tipikal busa yang gentle dan lembut di kulit. Awalnya aku was-was takut after effect-nya mukaku jadi kesat, eh ternyata setelah dibilas gak kesat sama sekali atau ketarik. feels-nya seger gitu. Gak ada feels licin juga kek wardah gentle wash atau facial wash-nya scarlett. Ternyata emang bener sih claims pH balance-nya.. biasanya yang formula pH balance suka ninggalin efek licin setelah cuci muka, tapi mineral botanica ini gak ada efek licin maupun kering gitu setelah dibilas. Kulit rasanya lumayan lembab, segar dan kelihatan agak cerah. Bagiku keknya memang ini tipikal facial foam yang bakal disukai banyak orang dengan berbagai jenis kulit karena formulanya emang gak neko-neko sih. Amaan banget. Gak licin maupun kering ketarik setelahnya. Alhamdulillah sejauh ini gak ada reaksi ketidakcocokan kulitku terhadap produk ini, cocok sih di kulit aku. Gak bikin kulit aku kering juga maupun beruntusan, itu sih yang paling penting buatku.

OVERALL REVIEW
It's a good product, seriously. Gak banyak claims macem macem tapi performanya dapet banget. Formula product-nya juga melebihi dugaanku, kukira karena dia pH balance jadi bakalan licin setelahnya tapi ternyata enggak dong. Jadi mineral botanica ini bisa banget dipake buat all skin types. Tapi sayang sih aku ngerasa products mineral botanica ini underrated ya, karena masih sedikit kalangan yang tahu sama mineral botanica padahal produk-produknya bagus-bagus kok. Mungkin kedepannya bisa ditingkatin lagi upaya promosi dan marketingnya biar makin populer produknya.

Oh iya aku beli produknya murah banget gengs, aku beli cuma IDR 20.000 aja di salah satu star seller shopee. Buat link-nya, kalian bisa klik link https://shope.ee/8KLloxeZbF ini ya buat dapetin produknya. Aku puas sih sama produknya dengan harga segitu bisa dapetin produk pencuci wajah dengan kualitas sebagus ini. Mungkin kedepannya produk mineral botanica first defense+ brightening facial foam ini akan jadi salah satu produk pencuci wajah yg akan aku repurchase, 'cause me likey!

Update 15/11/2021
Awalnya aku suka dengan facial wash mineral botanica ini, tapi sekarang sudah tidak. setelah 2 bulan aku merasa makin sini setelah cuci muka, kulitku jadi agak keset gitu. padahal awalnya biasa aja gak keset dan gak licin. Sekarang aku balik lagi pakai Wardah gentle wash karena lebih mild di kulit keringku.

Oke gengs sekian review-ku kali ini, semoga membantu ya, see you on another review!^^

0 Response to "REVIEW : Mineral Botanica First Defense+ Brightening Facial Foam"

Post a Comment

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel