REVIEW : Teratu Beauty UV Protect Moist Sunscreen SPF 30 PA++++

Sepanjang tahun 2022 banyak banget pelajaran yang aku ambil, salah satunya adalah mulai menggunakan sunscreen secara teratur! Dulu aku termasuk bodo amat pakai sunscreen walau sebenernya aku rajin skincare-an tapi sesuka hati pakai sunscreen. Akhirnya skincare yang aku pakai gak memberikan hasil yang optimal dalam hal memudarkan dark spots. Namun setelah aku mulai rajin pakai sunscreen, aku mulai notice perbedaannya, terutama dalam hal memudarkan bekas jerawat. Jadilah tahun 2022 ini sebagai awal aku aware rajin pakai sunscreen. Nah, akhirnya di penghujung tahun ini aku mencoba sunscreen baru! Kali ini aku tertarik untuk mencoba dari brand Teratu Beauty, yaitu Teratu Moist Sunscreen SPF 30 PA++++ teruji broad spectrum in-vitro yang baru saja dirilis tanggal 12 Desember 2022 lalu.  Anyway aku seneng banget karena bisa berekesempatan untuk mencoba jauh-jauh hari sebelum launching resminya😳

Oh iya bagi yang belum tahu, FYI Brand skincare Teratu Beauty adalah brand skincare lokal milik beauty influencer Alifah Ratu. Dulu ketika tahun 2017, dimana aku masih belajar soal skincare dan makeup, kadang kala aku menemukan dan nonton konten kak Alifah Ratu, mulai dari nge-review produk hingga tutorial makeup. Ternyata kak Alifah Ratu sudah meluncurkan brand skincare-nya sendiri yaitu Teratu Beauty dengan tagline 'Gentle skincare for Acne prone and sensitive skin' aku inget memang kak Alifah Ratu dulu kulitnya acne-prone.

Alasan aku tertarik mencoba sunscreen terbaru dari Teratu ini karena formulanya yang non-fragrance, non-alcohol, non-paraben serta formulanya yang cocok untuk semua jenis kulit termasuk acne-prone dan kulit sensitif, bisa digunakan untuk muka dan badan serta size nya yang termasuk besar, yaitu berisi 100ml. Jarang banget kan sunscreen wajah dan badan dari merk lokal dengan isi sebanyak itu. Biasanya isinya mulai dari 30, 40, sampai 50 ml. Namun karena pemakaian susncreen memerlukan takaran yang cukup banyak, kadang kala sunscreen isi segitu jadi lebih cepet habisnya. Nah Teratu Moist Sunscreen ini menjadi jawaban buat kamu yang menginginkan sunscreen dengan isi melimpah hihi.

Setelah aku coba kurang lebih 2 minggu, kini aku akan berbagi review-nya ke kalian sekarang. Gimana kesanku setelah menggunakan Teratu Moist Sunscreen SPF 30 PA++++ selama 2 minggu terakhir? Yuk keep scrolling for the review👇

PACKAGING

Kemasan dari Teratu UV Protect Moist Sunscreen ini berbalut box yang kokoh berwarna dasar putih dan dihiasi dengan aksen motif batik berwarna abu-abu, seakan menjadi identitas yang mengingatkan bahwa Teratu merupakan brand lokal asli Indonesia. Desain kemasannya simpel dan to the point. Sunscreen-nya sendiri dikemas dalam kemasan tube plastik berwarna ivory dan bertekstur glossy. Desainnya kurang lebih sama dengan box luarnya bertulisakan huruf dengan arah vertikal.




Kalau biasanya kemasan sunscreen pada umumnya berisi 27 ml, 30 ml, 40 ml, hingga 50 ml, nah Teratu ini punya sunscreen dengan size yang jumbo, yaitu 100 ml! Menurutku sunscreen dengan isi 100 ml termasuk jarang ditemukan terutama yang bisa digunakan untuk wajah. Nah Teratu Moist Suncreen ini keknya bisa menjadi jawaban bagi yang mencari sunscreen yang bisa digunakan pada wajah serta badan dengan isi yang banyak. 

Seperti yang kita ketahui bahwa takaran memakai sunscreen itu disarankan sebanyak 2 jari untuk wajah, leher dan telinga (tapi kembali lagi disesuaikan dengan kebutuhan + tekstur sunscreen-nya), dengan isi 100 ml menurutku Teratu Moist Sunscreen ini gak akan cepet habis walau dipake sebanyak 2 jari, jadi mungkin akan lebih ekonomis karena gak perlu sering-sering beli sunscreen. Walau dengan isi 100 ml menurutku ukuran tube-nya masih tergolong travel friendly.


Saat keadaan baru, Teratu Moist Sunscreen ini dilengkapi dengan pengaman segel alumunium pada mulut botolnya, jadi pastikan membuka segel di dalam mulut botolnya terlebih dahulu ya. Segelnya menempel dengan kuat sampe susah buat dicopotin, akhirnya aku bolongin aja segelnya pake bantuan jarum. Menurutku Teratu sangat memperhatikan keamanan produknya karena selain dilengkapi segel pada mulut botol, Teratu juga menggunakan segel plastik pada box nya ketika kondisinya masih baru. 




Informasi pada box-nya cukup informatif, mulai dari deskripsi produk, ingredients, scan barcode BPOM, dan expired date. Material box nya juga terasa kokoh, bisa melindungi tube sunscreen-nya dengan baik. Karena aku dapet dari official store-nya jadinya dikemasnya aman banget, dilengkapi dengan box tambahan yang cantik denganmotif batik berwarna biru (bisa aku gunakan kembali untuk storage) dan bubble wrap yang sangat tebal.

CLAIMS & INGREDIENTS

"Teratu Beauty UV Protect Moist Sunscreen for Face & Body SPF 30 PA++++ (based on in vitro test) merupakan broad spectrum Hybird Sunscreen yang mampu melindungi kulit dari UV A & UV B.  Bisa digunakan pada wajah dan tubuh. Diperkaya dengan triple combination  3 kelompok key ingredients yaitu 4 hyaluronate & Triglyceride yang membantu menjaga kelembaban kulit. Vit E sebagai antioksidan pendukung UV Protection serta kombinasi Niacinamide & Acetyl Glucosamine untuk membantu mencerahkan kulit"

Benefit dari pemakaian sunscreen dilansir dari Shopee Teratu Beauty :
1. Melindungi kulit
2. Melembabkan kulit
3. Menghindari oxidative stress pada kulit
4. Menghambat pembentukan melamin berlebih
5. Merawat skin barrier
6. Anti Oksidan


Cara pakai :
1. Gunakan 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan
2. Oleskan secukupnya ke seluruh tubuh, termasuk wajah dan leher
3. Disarankan untuk re-apply 2-3 jam sekali ketika full di luar ruangan.

Aku biasanya pakai sunscreen setelah mandi pagi, di wajah, punggung tangan dan punggung kaki (aku berhijab). Untuk wajah aku pakai takaran 2 ruas jari penuh. Aku pakai setelah skincare routine atau sebelum makeup. Btw Sunscreen Teratu ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, ya!


Ingredients :
Aqua, Caprylic/Capric Triglyceride, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Glycerin, Niacinamide, Cyclomethicone, Nylon-6/12, Titanium Dioxide, Phenoxyethanol, Sodium Polyacrylate, Cetyl Alcohol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Tocopheryl Acetate, Lauryl Peg-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Butylene Glycol, PEG-75 Stearate, Ceteth-20, Steareth-20, Octocrylene, Silica, Ethylhexylglycerin, Olea Europaea Fruit Oil, Disodium EDTA, Lactobacillus/Collagen/Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Dimethicone, Lecithin, Morus Alba Bark Extract, Polyglutamic Acid, 1,2-Hexanediol, Sodium Hyaluronate, Acetyl Glucosamine, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate, Broussonetia Papyrifera Bark Extract, Morus Alba Bark Extract, Pyrus Malus (Apple) Fruit Extract, Camellia Japonica Flower Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Madecassoside, Rhus Semialata Extract, Tricholoma Matsutake Extract, Caprylhydroxamic Acid

*yang aku beri highlight adalah Key/Hero Ingredients 
Teratu Beauty UV Protect Moist Sunscreen

Teratu Beauty UV Protect Moist Sunscreen ini merupakan perpaduan chemical sunscreen (Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butyl Methoxydibenzoylmethane dan Octorylene) serta physical sunscreen (Titanium Dioxide) sehingga termasuk dalam kategori Hybird Sunscreen. Dengan proteksi Broad Spectrum, Teratu UV Protect Moist Sunscreen ini memiliki daya proteksi yang luas mencakup anti UV A (UV A1 dan UV A2) serta UV B. Sunscreen Teratu ini akan membentuk lapisan pelindung diatas permukaan kulit untuk memantulkan sinar UV dan mencegahnya masuk ke dalam kulit.

Disamping manfaatnya sebagai anti UV, Teratu Moist Sunscreen ini juga memiliki manfaat lainnya dengan key ingredients Niacinamide sebagai bahan aktif yang mampu mencerahkan kulit serta Acetyl Glucosamine yang mampu menghambat produksi enzim tirosinase yang dapat memicu produksi melamin pada kulit, sehingga bahan aktif tersebut dapat mengurangi produksi melamin yang berdampak hiperpigmentasi pada kulit.

Lalu ada kandungan Tocopheryl Acetate alias vitamin E yang berperan sebagai anti oksidan serta mendukung kinerja dari proteksi susncreen. Sementara itu, 4 jenis kandungan Hyaluronate (Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate dan Sodium Acetylated Hyaluronate) serta Triglyceride pada ingredients-nya bantu menghidrasi dan mempertahankan kelembapan kulit.

Selain key ingredients yang sudah aku jelaskan, dilihat dari ingredients-nya Teratu Sunscreen terdapat kandungan olive oil (Olea Europaea Fruit Oil), green tea, white mulberry, madeccasoside (senyawa dari centella asiatica), bunga kamelia dan jamur matsutake yang memiliki beragam manfaat untuk kulit. Aku dapat info dari Instagram dan Shopee Teratu Beauty, kalo sunscreen terbarunya ini pada uji in vitro ternyata memiliki kadar SPF 48!

Dilansir dari postingan @teratubeauty

Lantas, kenapa di kemasannya di tulis SPF 30? Dari info yang aku dapat memang sudah dari tim produksinya ditulis SPF 30, lalu ketika uji in vitro/lab barulah diketahui kalo ternyata sebenernya SPF nya itu 48. Sehingga karena mungkin udah tanggung jadinya tetep aja ditulis keterangan SPF 30.

PRODUCT PERFORMANCE

Warna sunscreen-nya berwarna putih, tidak ada aroma dan tekstur sunscreen-nya menurutku mirip lotion yang cenderung thick/kental, terasa ada sensasi emollient (lembab) pada teksturnya. Awalnya aku agak was-was ketika melihat teksturnya, takut susah meresap. Eh ternyata setelah aku coba blend dia dapat meresap dengan baik tanpa terasa keset atau pilling (menggumpal) saat dibaurkan. Pada bagian wajah aku selalu pake sebanyak dua ruas jari penuh, biasanya aku apply sedikit demi sedikit biar enak dan rata ngblend-nya.


Aku biasa pakai 2 ruas jari untuk penggunaan pada wajah. Kalo pengaplikasiannya ditambah leher+telinga takarannya ditambah juga ya menjadi 2 jari atau setara 6 ruas jari.

Setelah diblend dan nge-set, rasanya aman-aman aja di kulitku. Gak ada perih atau tingling. finishnya lebih ke semi-matte, namun masih ada glow-nya dan kerasa ada lembab-nya, seperti setelah memakai pelembap, namun tetep terasa ringan di wajah, gak terasa sumuk atau gerah.  Pernah aku pakai sunscreen dengan finish yang lumayan matte jadi rasanya agak kurang nyaman di kulit karena rasa hidrasinya kurang. Untungnya, Teratu Moist Sunscreen ini kasih feels yang melembabkan di kulit aku yang cenderung kering. Aku ngerasa finishnya juga bikin kulit terlihat sedikit lebih cerah, namun tetep kelihatan natural (tone up effect), suprisingly walau ada efek tone-up nya, dia gak whitecast di kulit aku. Terus ada kan sunscreen yang terasa perih saat dipake di muka atau deket area mata, nah Teratu ini enggak gengs, aman banget kalau di kulit aku, gak kerasa ada bau nyengat seperti alkohol atau fragrance juga karena memang formulanya tanpa alkohol dan fragrance which is good for all skin types especially for acne prone and sensitive skin.

Teratu UV Protect Moist Sunscreen SPF 30 PA++++,
No Whitecast


Before after pemakaian setelah skincare routine, ada sedikit efek tone up, No filter

No filter, progress pemakaian sejak 29 November 2022 hingga 14 Desember 2022. Foto diambil setelah penggunaan Teratu UV Protect Moist Sunscreen


Akhir-akhir ini aku lebih sering pakai sunscreen sebagai base makeup terus langsung pake bedak (gak pakai bb cream atau foundation). Aku seneng karena Teratu UV protect Moist sunscreen ini gak bikin mukaku kusam setelah beberapa jam pemakaian dan gak bikin bedak yang kupake jadi kelihatan aneh atau bikin bedaknya jadi cakey. Sebelumnya aku pernah mencoba sunscreen yang setelah beberapa jam pemakaian bikin mukaku kumel dan kusam, atau karena finishnya yang terlalu matte jadinya bikin bedak susah nempel tanpa base complexion, tapi Teratu ini tidak begitu di kulitku, jadinya aku suka. Perlu diingat kalau sunscreen-nya ini gak tahan air ya, dia bakal luntur kalau terkena air (semisal ketika aku wudhu) jadi perlu diaplikasikan kembali setelah terkena air. Setelah terkena air, dia gak bikin mataku jadi perih atau bikin mukaku cemong, aman banget.

Lalu gimana proteksinya? karena sudah teruji in vitro, aku yakin proteksinya pasti sesuai dan terbukti. Dari yang aku rasa proteksinya bagus karena selama kupakai kurang lebih sebulan kulitku gak belang dan gak menggelap juga, jadinya proteksinya terbukti bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Malahan aku merasa notice kalau bekas jerawatku juga mulai sedikit memudar. Oh iya, aku jarang full beraktivitas di luar ruangan jadinya aku jarang sih re-apply sunscreen di wajahku, tapi biasanya aku suka re-apply pada bagian punggung tangan dan kaki ketika mau keluar naik motor. Aku pakai hijab dan always pake masker kalau keluar rumah. 

Kalau dari segi mencerahkan kulit aku gak gitu memperhatikan, karena concern-ku sih yang utama itu perlindungannya, kalau mencerahkan aku anggap bonus aja karena bagi aku yang penting itu kulit yang sehat dan skin barrier-nya kuat. Tapi yang pasti selama aku pakai sunscreen Teratu ini gak bikin mukaku jadi kusam/menggelap ataupun muncul gejala ketidak cocokkan/ breakout.

OVERALL REVIEW

Awalnya aku gak banyak berekspektasi, tapi ternyata produknya ini bagus! Aku suka dengan formulasinya yang melembabkan namun tetap kerasa ringan di kulit, alias gak terasa ada sesuatu di muka dan gak bikin gerah. Teratu Beauty UV Protect Moist Sunscreen ini seakan menjadi jawaban bagi kalian yang mencari sunscreen face & body dengan formula yang ramah di kulit (no fragrance, no alcohol, no paraben dan suitable for all skin types). Keunggulan lainnya Teratu Beauty UV Protect Moist Sunscreen ini memiliki size yang besar dibanding sunscreen pada umumnya  yaitu 100 ml, jadi gak perlu was-was sunscreen-nya cepet habis. Aku rutin pakai tiap hari aja selama hampir 2 minggu ini masih sisa banyak banget suncsreen-nya, belum tahu kapan bakal habis hihi.


Teratu UV Protect Moist Sunscreen SPF 30 PA++++ ini memiliki harga resmi Rp. 125.000 per-tube nya. Menurutku harga segitu sebanding dengan isinya yang 100 ml. Jadi gak merasa kemahalan. Formulasinya juga bagus karena ramah di semua jenis kulit, selain berperan untuk memproteksi dari sinar UV, di dalamnya ada kandungan skincare-nya juga yang bisa menjaga kelembaban serta mencerahkan, lalu multi fungsi karena bisa dipakai pada wajah dan badan menjadikan susncreen-nya memiliki keunggulan yang patut untuk dipertimbangkan buat dipinang nih gengs😳 kalau kamu tertarik mau mencoba juga yuk bisa klik link di bawah ini 👇


Kalau kamu perlu informasi lebih lanjut bisa kepoin official instagram Teratu Beauty @teratubeauty. Baikkk sekian review-ku kali ini soal Teratu Beauty UV Protect Moist Susncreen, semoga bisa membantu teman- teman yang sedang bingung mencari infromasi soal produk ini maupun sedang mencari rekomendasi susncreen, ya. See you^^

0 Response to "REVIEW : Teratu Beauty UV Protect Moist Sunscreen SPF 30 PA++++"

Post a Comment

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel