MUSIC REVIEW : 4 Penyanyi Korea R&B/Jazz Underrated yang lagu-lagunya wajib masuk playlistmu!

Apakah kamu yang baca adalah kpopers kelas veteran yang udah mulai bosan dengan lagu-lagu kpop yang gitu-gitu aja? Atau kamu mulai jenuh dengan lagu-lagu kpop dengan dentuman bubble-gum yang monoton itu? Mungkin udah saatnya buat kamu untuk eksplor lagu-lagu dari penyanyi K-pop dari segment ‘underrated’ tapi lagu-lagunya ternyata bagus-bagus dan soothing banget di telinga. 3 tahun terakhir aku lebih suka lagu-lagu korea dengan genre R&B dan Jazz, hingga indie. Ternyata lagu-lagunya bagus-bagus! Penyanyi korea yang akan aku bahas kali ini bisa dibilang ‘underrated’ semua alias gak begitu terkenal atau populer di korea apalagi secara global. Namun dibalik kepopulerannya yang gak gitu terkekspos seperti musisi korea lainnya, tetapi karya-karya mereka menurut seleraku beneran sebuah masterpiece. Tinggi nilai seni dan beda aja feel nya dari lagu korea kebanyakan. Karena aku telah tahu mereka, disini i want to share to you dan aku akan merekomendasikan beberapa penyanyi korea dengan genre R&B/Soul/Jazz yang underrated tapi lagu-lagunya wajib ada diplaylist kamu buat menemani hari-harimu ketika bosan dengan lagu genre kpop atau dance.  Terus scroll up ya!

1. Baek Yerin
Salah satu permata milik JYP Entertainment, yang menurutku gak sepopuler artis JYP lainnya seperti twice atau got7. karena emang Yerin ini jarang banget comeback, paling sering sekali setahun. Baek Yerin adalah  Solois dengan suara angelic and dreamy voice. Selain jago nyanyi, Yerin juga pinter memproduksi lagu-lagunya sendiri. Dia juga jago main instrumen seperti gitar elektrik dan piano. Aku suka yerin sejak ia debut bareng grup duo 15& bareng pemenang Kpop star season pertama tahun 2011, Park Jimin. Dia juga setahun terakhir punya grup band beramggotakan 4 orang dengan nama the volunteers. Hampir seluruh lagu-lagu Yerin match dengan selera aku. Mulai dari album debutnya Frank (2015), Bye bye my blue (2016) dan mini album terbarunya yang dirilis Maret 2019 lalu, Our love is Great. 
Hasil gambar untuk baek yerin
Baek Yerin, source : makestar
Yerin emang agak anti mainstream genre lagunya jika dibandingkan dengan solois cewek korea pada umumnya, gayanya juga nyentrik. Disaat banyak cewek korea pengen kulit bersih dan cok-cok katanya, yerin malah punya banyak tattoo yang menghiasi kulitnya, terutama di kedua tangannya yang bagaikan taman bunga-bunga. 
Gambar terkait
tattoo Yerin pada tangannya, source : jypentertainment
Gambar terkait
source : twitter
Dia sering mengusung konsep R&B dan Jazz. Salah satu contohnya adalah lagu our love is great dengan sedikit sentuhan reggae serta full berlirik Bahasa inggris dan lagu berjudul see you again. Yerin emang punya beberapa lagu berbahasa inggris seperti as I am dan that’s why. Aku nyampe bingung mau kasih rekomendasi lagu Yerin yang judulnya apa, tapi beberapa track kesukaan aku adalah bye bye my blue, across the universe, our love is great (lagu ini unik, ada unsur reggae sekaligus jazz kalau menurut telinga aku), see you again, that’s sea, maybe its not our fault dan as I am. Tapi ada 2 lagu yang sangat aku suka dari yerin dan belum dirilis secara resmi oleh agensinya, judulnya Square dan Bunny dengan lirik berbahasa inggris. Keduanya baru dirilis via soundcloud-nya Yerin dan dibawa Live di acara-acara festival oleh Yerin (kalian bisa lihat videonya di youtube) suara yerin ini jernih banget bahkan saat live suaranya bisa stabil seperti dia puterin CD dari mulutnya atau makan CD-nya dulu sebelum konser. Aku berharap karya-karya Yerin makin banyak di notice sama penggemar kpop dunia karena she is deserves to be more popular with her art! Banyak netizen yang nyebut Yerin ini mirip Rose Blackpink loh! Gimana menurut kalian?
Hasil gambar untuk baek yerin rose blackpink
mirip kan?
Baek Yerin - Maybe It's not our fault (LIVE Onstage Naver)


Baek Yerin - Bye bye my blue


Baek Yerin - Our Love is Great (LIVE Onstage Naver)

2. Offonoff

source : kpopfiles
Colde (Vokal) & 0Channel (Produser)
source : kpopfiles

Sebenernya aku menemukan offonoff secara gak sengaja. Awalnya aku nyari lagunya Dean, terus ketemu salah satu lagu yang collab bareng Dean. Lagu itu milik grup duo bernama Offonoff, berjudul Gold. Penyanyi duo tersebut berasal dari sub label YG Entertainment, HIGHGRND.  Menurutku Namanya emang gak gitu ear-catching sih. Tapi sekali denger lagunya, astaga naga lagunya enak-enak semua! Don’t judge a musician from his name or how popularity of the singer who sang it. Offonoff gak hanya mengusung genre R&B, tapi juga Soul dan electronica Pop. Aku seneng dengerin vokalnya Colde yang ringan banget di kuping, soothing my ears everynight. Aku hampir suka semua lagu offonoff. Aku beri kalian rekomendasi lagu-lagu offonoff di album pertama mereka yang bernama ‘boy’ semua lagu didalamnya bagus dan recommend banget buat kalian pecinta R&B ala-ala koriya. Beberapa Track yang paling aku suka dari Offonoff adalah in the car, boy, midnight, gold dan photograph. Kalian bisa cek semua lagunya via spotify~

Hasil gambar untuk offonoff colde
Colde of Offonoff, source Twitter
Offonoff - Gold (feat. Dean)

offonoff - boy



3. Sam Kim 
sam kim adalah salah satu penyanyi jebolan ajang pencarian bakat dari kpop star dan aku lupa lagi dia itu finalis season keberapa. Setelah beres kompetisi tersebut ia bergabung dengan agensi antenna music bareng Kwon Jin Ah yang sama-sama finalis KPop Star. Aku menemukan Sam Kim belum lama ini berkat channel On Stage-nya Naver di Youtube. Dia tampil live membawakan lagu “Make Up” ternyata lagunya ala-ala R&B Soul kesukaan aku banget. Pertama denger melodinya langsung jatuh cinta uhuhu ditambah petikan gitar elektriknya yang badasss tapi tetep selow mellow gitu campur aduk sama suara lembutnya Sam Kim yang adem ehehe. Mulai cari-cari lagi deh lagu dia yang lain, beberapa yang aku suka adalah Sun and Moon yang mellow but powerfull, if yang soothing banget di telinga, terus The One yang agak romantic gitu ehehe. Cepetan kalian dengerin lagunyaa deh dan rasakan sendiri se-soothing apakah suaranya kedalam jiwa kalian

SAM KIM - Make Up (Live Onstage Naver)

SAM KIM - sun and Moon



4. Dean
Kalau yang ini jangan ditanya lagi. Dia pangeran R&B pertamaku dari dunia Kpop wkwk. Aku mulai suka lagu R&B awalnya karena dengerin lagu-lagu Dean. Hampir semua lagunya aku suka, bahkan aku udah nulis post khusus tentang rekomendasi lagu-lagu Dean di blog ini. Tapi semakin hari makin banyak penyanyi R&B yang aku temukan seperti offonoff yang juga pernah berkolaborasi bareng Dean lewat lagu “Gold”. oh iya Dean juga pernah kolaborasi bareng Baek Yerin untuk lagu "Come on over". Beberapa Lagu Dean yang paling aku suka adalah D/Half Moon, What2do dan Pour Up. Aku Hampir suka seluruh lagunya dalam mini album pertamanya betajuk 130mood:TRBL. Kalian kalau mau cari-cari lagu R&B yang so chill ala-ala gaya amerika boleh banget kepoin lagu-lagunya Dean. Oh iya belum lama ini dean ngerilis lagu baru judulnya “dayfly” featuring Rad Museum dan Sulli.

Dean - D (Half Moon)



Dean - Pour Up ft. Zico


Dean - D (Half Moon) Live Onstage Naver

oke guys sekian curcolku soal penyanyi korea R&B yang akhir-akhir ini aku suka. next post aku akan sharing soal lagu-lagu recommended-nya Baek Yerin ya! btw kalau kalian juga menemukan penyanyi korea R&B yang oke selain yang aku bahas disini, share dikolom komentar dong biar aku tahu juga ehehe. sekian dan see you on music review next post ^_^ 


Uli


1 Response to "MUSIC REVIEW : 4 Penyanyi Korea R&B/Jazz Underrated yang lagu-lagunya wajib masuk playlistmu!"

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel