REVIEW : Clean & Clear Acne Clearing Cleanser

Haii gengs, ketemu lagi di postingan review terbaruku. Aku sebenernya punya banyak list postingan review, tapi masih tenggelam dalam draft :( aku belum sempat nulis karena akhir-akhir ini entah kenapa aku kehilangan semangat buat nge-blog. Tapi hari ini aku menyempatkan diri untuk menulis review produk terbaru yang sedang aku pakai. Sebulan terakhir ini kondisi kulitku rentan banget berjerawat. Jadi bekas jerawat yang lama ditumbuhi lagi jerawat baru. Sebel banget kan. Entah pengaruh hormonal atau gaya hidup aku yang kurang sehat (ex: begadang, makan sembarangan), mukaku jadi lebih gampang jerawatan. Hingga akhirnya aku memutuskan untuk pake face wash khusus untuk kulit yang lagi berjerawat. Pilihanku jatuh pada clean & clear acne clearing cleanser. Dulu pas masih SMA aku terkahir kali pake produk ini dan seingetku bagus. Makanya pas sekarang aku jerawatan lagi, aku memutuskan pilih clean & clear ini lagi. Nah apakah hasilnya tetap sama seperti dulu? Yuk simak review-nya!

PACKAGING

Seingetku dulu kemasannya berwarna tube abu-abu glossy dengan tutup warna biru keunguan khas clean & clear. Tapi sekarang hadir dalam kemasan baru. Dibalut dengan tube berwarna  ungu berpadu kuning, yang bikin look kemasannya kelihatan energetic. Tapi jujur sih perpaduan warnanya bukan seleraku. Aku kurang suka. Memang sih kelihatan lebih anak muda gitu, tapi jujur jika disuruh memilih, aku lebih suka look kemasan yang lama yang warna abu-abu.



Tube nya ramping dengan isi produk 100 gram biasanya aku habiskan dalam waktu 2-3 bulan dengan pemakaian 2x sehari. Tutupnya sendiri berbentuk flip top.


Saat keadaan baru, mulut tube nya disegel dengan alumunium foil, jadi kalau masih baru pastikan di mulut tube nya ada segelnya ya. Jadi sebelum dipake dilepas dulu segelnya. Btw di tube kemasannya tertera informasi produk dengan lengkap, mulai dari deskripsi produk, komposisi, informasi produsen hingga label halal. Clean & clear sekarang sudah mengantongi sertifikasi halal. Baguss!


Menurutku kemasannya bagus kok, walau perpaduan warnanya aku kurang suka sebenernya ehehe, not my cup of tea.

CLAIMS & INGREDIENTS
Clean & clear acne clearing cleanser mengklaim punya formula unik yang mengandung active botanical extract  dan salicylic acid yang bekerja hingga ke dalam pori untuk membersihkan kulit yang berjerawat, melawan bakteri penyebab jerawat, dan minyak berlebih untuk kulit bersih.


Untuk komposisinya ternyata face wash clean & clear ini mengandung SLES (sodium laureth sulfate) ada list kedua ingredients. SLES sendiri memang umum digunakan sebagai penghasil busa dalam produk face wash, dan merupakan versi lebih ringannya dari SLS (Sodium Lauryl sulfate) yang memiliki fungsi yang sama yaitu membersihkan kotoran dan minyak (sumber : Kumparan.com). Tapi ada orang dengan kondisi kulit tertentu menghindari bahan ini. Jadi kalau kamu tidak ingin menggunakan face wash yang ada SLS atau SLES nya bisa kamu pertimbangkan lagi untuk mencoba produk ini. Face wash ini juga mengandung glycerin untuk mempertahankan kelembaban kulit, salicylic acid, cinnamonum zeylanicum bark extract (kulit kayu manis), Cedrus Altantica bark extract (kulit pohon pinus, dan portulaca oleracea extract (krokot) yang bermanfaat sebagai anti inflamasi untuk kulit yang sedang radang/iritasi karena jerawat.

PERFORMANCE
Aku pake face wash clean & clear ini sejak 5 januari 2021 hingga sekarang. Sebenernya aku udah tau dari awal face wash ini bakalan gimana karena dulu aku pernah coba sebelumnya. Clean & clear acne clearing cleanser ini teksturnya gel agak butek sedikit dan lumayan kental. Busanya gak terlalu banyak dan dia wanginya kek wangi tumbuhan gitu. Tapi aku gatau itu wangi apa. Wanginya lumayan ngasih sensasi segar ketika cuci muka. Biasanya sabun cuci muka untuk kulit berjerawat itu teksturnya creamy dan kasih feel ketarik setelah cuci muka, nah clean & clear acne clearing cleanser ini gak ada feel ketarik setelah cuci muka. Malah agak licin gitu. Makanya aku suka pake clean & clear acne clearing cleanser ini kalau kulitku sedang berjerawat. Karena dia tetep bantu bersihin kulitku yang lagi berjerawat dengan lembut gitu, gak ada feel ketarik atau kesat setelahnya.


setelah 2 hari pemakaian aku notice jerawatku di jidat mulai agak kalem dan agak kering gitu. Nyampe jerawatnya beneran ngelopek sendiri, tapi tetep aku pencet sih biar sisa sebumnya keluar semua. Walau kupencet gak sakit kok karena kan udah kering dan gak meradang jerawatnya. Tapi sebaiknya sih mending jangan dipencet ya gais (jangan tiru aku). Terus kalau ada bibit-bibit jerawat yang kecil-kecil biasanya gak nyampe jadi jerawatnya. Jadi pertumbuhan jerawatnya kehambat gara-gara face wash clean-clear ini. Memang dalam sebulan terakhir jerawatku on-off gitu. Aku menduga jerawat yang kualami ini jerawat hormonal karena selalu datang berdekatan dengan jadwal PMS-ku dan selalu tumbuh di tempat yang sama, hingga menyebabkan bekas jerawatnya susah hilang di jidatku ini :( aku udah combine penggunaan clean & clear acne clearing cleanser ini dengan produk skincare lain seperti serum beauty of joseon dan benzolac. Tapi tetep aja masih ada jerawat yang tumbuh lagi setelah jerawat lainnya sembuh :')


tapi sama seperti tipikal face wash untuk kulit berjerawat pada umumnya, setelah pemakaian lama, kulitku jadi kering juga. Setelah 2 minggu pemakaian kulitku jadi kering setelah cuci muka. Walau awalnya ada feel lembab dan licin gitu, tapi setelah beberapa menit kulitku terasa kering dan area hidungku jadi ada kulit ngelupas gitu :( Tapi kabar baiknya sih sekarang jerawatnya jadi lebih terkendali. Malah saat aku nulis review ini udah gak ada jerawat aktif di wajahku, tinggal bekas-bekasnya aja. 

Update : 10/05/2021
Aku balik lagi pake facewash ini buat cegah jerawat sekaligus basmi jerawat terpendamku di pipi. Kinerjanya cukup lama sih buat jerawat terpendam (tanpa mata) tapi dia lumayan mengendalikan kemunculan jerawat biar gak barbar. Oh iya sekarang hampir gak terlalu kentara efek keringnya karena setelah penggunaan aku langsung apply toner Pyunkan Yul jadi kulitku lebih terjaga kelembabannya.

OVERALL REVIEW
Secara performa produk, aku akui clean & clear acne clearing cleanser ini bantu ngerawat kulitku yang berjerawat dengan membersihkannya secara "gentle" gitu. Karena tekstur face washnya lebih ke gel cleanser, jadi busa yang dihasilkan juga gak begitu banyak sehingga bisa membersihkan kulit berjerawatku dengan lembut tanpa terasa kesat. Produk ini juga bisa diandalkan juga buat mencegah timbulnya jerawat di aku. Tapi tetep sih untuk jerawat hormonal agak sulit juga, harus dibarengi penggunaannya dengan bantuan produk skincare lain biar lebih maksimal hasilnya, seperti serum atau spot care. Dalam 2 minggu pemakaian jerawatku mulai mereda, tapi ternyata kulitku jadi terasa lebih kering dari biasanya. Tapi it's okay karena efek keringnya bisa diatasi dengan pemakaian moisturizer setelahnya.
Saat ini kulitku udah baikan dan udah gak ada jerawat, tinggal bekasnya aja. Tapi kalau face wash ini habis aku gak akan repurchase lagi. Aku mau coba face wash lain. Namun, clean & clear ini akan jadi salah satu opsi face wash yang akan aku gunakan kembali jika kondisi wajahku lagi berjerawat. Aku waktu itu beli face wash ini di toserba Yogya Garut dengan harga IDR 27.500/100m atau kalian juga bisa beli melalui ecommerce. Kalian bisa klik link https://shope.ee/qG42bAbVj buat dapetin produknya ya. Cukup affordable ya dengan harga segitu. 

Oke gengs sekian review-ku hari ini, semoga membantu ya! see you on another review^^

3 Responses to "REVIEW : Clean & Clear Acne Clearing Cleanser"

  1. Halo kak, mau meluruskan aja. SLS itu sodium lauryl sulfate, kalau sodium laureth sulfate itu SLES. Jadi clean and clear ini pakenya SLES kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, makasih ya informasinya. Udah aku ralat ya :)

      Delete
  2. Saya sudah 10 tahun pakai cleanser brand Clean & Clear yang ini. Ditukar lain, eh balikan lagi. Hee

    ReplyDelete

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel