#RANDOMTALK : Tips! Belajar Bahasa Korea Otodidak itu gak susah loh!

Assalamu’alaikum ! 안녕하세요!
Kembali lagi di postingan blog-ku The Yulistinay's Diary! Kesempatan kali ini, aku gak posting soal operasi bedah mulut atau biuti biuti hehe. Entah kena hidayah apa kali ini aku kepikiran mau berbagi pengalamanku soal belajar Bahasa Korea. Ya, aku suka  banget dengan Korean Culture. Mulai dari dunia hiburannya, bahasa-nya, dan hal-hal yang berbau-bau Korea, pasti aku langsung Excited mendengarnya. Akupun kena wabah Hallyu Wave. aku suka banget dunia hiburan korea, apalagi musiknya.

source : www.pinterest.com

Sejak tahun 2010, aku mulai mendengarkan lagu Korea. Lagu korea yang pertama aku dengar itu soundtrack salah satu drama legendaris korea selatan, Princess Hours yang Berjudul “Perhaps Love” yang mana dramanya sempat beberapa kali tayang di Stasiun Televisi Indonesia. Sejak saat itu juga beberapa judul drama-drama legendaris korea lainnya mulai wara-wiri di layar kaca televisi negeri kita tercinta ini. Bahkan, judul drama yang sama bisa hingga diputar ulang beberapa kali. Tahun 2017 ini masih anget-anget ada salah satu channel tv yang menayangkan drama korea walaupun drama yang udah basi menurutku diulang lagi soalnya :3. 
Akupun mulai suka penyanyi, boyband, dan girlband korea :3 aku suka lagu-lagu dan penampilan mereka. Aku tahu rasanya saat banyak hujatan soal artis korea yang katanya doyan oplas. Aku gak peduli. Itu hak masing masing kok. Suka suka mereka mau ngapain. Toh faktanya gak sedikit artis disana yang ganteng cantik dari sananya. Alasan aku suka hiburan korea adalah mereka selalu konsisten dengan konsep gaya bermusik yang mereka miliki dan ciri khas mereka gak dimiliki oleh musisi dari belahan negara lainnya. Mereka dilatih dalam waktu yang cukup lama sebelum didebutkan ke hadapan publik. So, mereka terlihat profesional saat tampil diatas panggung. Jadi, artis yang didebutkan oleh labelnya itu udah dipastikan benar-benar matang bakatnya untuk ditampilkan ke publik. Intinya sih bakat idol korea itu gak abal-abal menurutku. Siapa yang gak kagum melihatnya coba. Aku sangat suka lagu korea, nyampe di bully mamah sama temen karena dulu tuh aku sering  ngikutin part lirik lagu korea yang aku suka saat aku mendengarnya dan ngikutin lirik lagunya itu asal-asalan dan hanya tau persis part lirik inggrisnya aja. Betapa tolol-nya aku ini :3
Aku berpikir
“lu suka lagu imporan korea tapi lu gak ngerti apa arti dari lirik lagu tersebut, gimana sih gimana cara lo menghayati makna lagu yang lu denger li?”
Iya juga ternyata.
aku ngaku suka kpop, tapi pas ditanya temen
 “emang lu ngerti apa yang mereka nyanyiin? Coba dong lo kasih tau gue apa arti lagu yang lagi lo denger sekarang”
Saat terdengar kata-kata itu rasanya telingaku ini disapu badai deh L soalnya dulu aku tuh gak tahu bahasa korea. buta tuli sama sekali aku tuh gak tahu.
Dari sanalah hati dan tekad ini terpanggil untuk belajar Bahasa Korea. yap belajar otodidak dong!
“ah gue gabisa li belajar sendiri, abjad korea kan susah”
Ihhh kata siapa susah? Gampang kok guys. Kalau misalnya aku disuruh membandingkan, Bahasa Korea itu menurutku lebih gampang daripada Bahasa Jepang! Jujur nih ya, aku belajar Bahasa Jepang secara formal saat SMA selama 3 tahun. Tapi, hingga hari ini aku belum bisa nulis kanji L bahkan kosa kata yang aku kuasain pun gak terlalu banyak. Jujurlah, aku akui kalau Bahasa jepang memiliki aturan tata bahasa yang lumayan sulit dan bentuk abjad yang sulit juga untuk diingat. Hingga hari ini, aku hanya bisa menulis hiragana dan katakana saja (itupun lupa-lupa-ingat)
source : domandhyo.com

Terus bagaimana aku bisa bilang kalau bahasa korea itu lebih mudah dipelajari?

Menurutku, bahasa korea itu bunyi suara dan penulisan abjadnya emang lebih mudah diingat daripada bahasa jepang. Buktinya, Alhamdulillah berkat belajar dengan semangat akhirnya aku bisa menaklukan huruf hangul. Secara keseluruhan, Aku sudah 5 tahun-an belajar bahasa korea sendiri. Aku sama sekali TIDAK mendapat bimbingan FORMAL untuk belajar Bahasa Korea. aku murni belajar sendiri. Yah walaupun belajar amatiran, tapi berkat semangat pantang menyerah, aku sudah bisa membaca abjadnya, mengetahui kosa kata dan tata bahasanya juga. kalau ditanya kemampuan Bahasa Korea Aku gimana yah masih basic banget... untuk dialog ringan sih aku udah lumayan ngerti, tapi untuk nonton drama tanpa subtitle kayaknya aku belum sanggup wkwkwk.
Nah ini beberapa cara yang aku gunakan selama kurang lebih 5 tahun belajar sendiri bahasa korea :

1. Tujuan dan Tekad yang Kuat

source : www.pinterest.com

ini penting loh guys! kalau niat setengah-setengah atau niat belajar bahasa korea cuman buat deketin gebetan yang katanya seorang kpopers atau kdrama lovers mending lu gausah belajar deh :( Kalau misalnya temen-temen yang mau kerja ke Korea sana melalui Depnaker atau ngejar beasiswa KGSP misalnya, nah kalian wajib belajar sendiri selain belajar bahasa melalui LPK. tekad dan tujuan kita belajar sesuatu itu penting untuk menentukan kemana kita akan melangkah selanjutnya. belajar itu gak ada akhirnya. kita pasti akan terus belajar selama kita masih hidup, kan? belajar bahasa hal yang sangat bikin penasaran. semakin kita menjumpai ungakapan atau kata-kata yang baru itu pasti akan menambah ilmu pengetahuan kita. belajar bahasa hingga fasih itu perlu waktu yang lama. jadi kita harus rajin dan telaten. kalau misalnya semangat belajar bahasa itu musiman atau hanya pada waktu tertentu saja ya gimana mau lancar belajar bahasanya?
kalau tujuanku belajar bahasa korea sendiri adalah untuk menabah ilmu wawasan bahasa asingku selain bahasa inggris dan bahasa jepang, karena aku anak fikom yang gak jadi masuk jurusan Sastra dan HI sebenernya hehe :'). menurutku, belajar bahasa itu seperti gak ada ujungnya. Belajar bahasa itu suatu hal yang mengasyikan karena disaat belajar bahasa, aku selalu menemukan ungkapan atau kosa kata baru yang lebih menarik lagi daripada sebelumnya.

2. Mencari Bahan Materi Sendiri

source : www.kpopmap.com

mencari materi bahasa korea itu bukan hal yang sulit guys. internet akan memberikan materi yang banyak buat kamu kok. Saat masih newbie belajar bahasa korea, aku selalu mengandalkan internet untuk mencari referensi. tapi, sebelum kamu mengambil referensi tersebut, pastikan sumber tersebut relevan ya!
nah setelah 2tahun belajar sendiri lewat internet, aku mulai membeli buku referensi bahasa Korea dari  Toko Tisera. niat banget ya wkwkwk aku sempat diejekin temen katanya "lu segitunya belajar bahasa korea nyampe beli bukunya segala kayak yang bakal ke korea aja" ihh iya pasti dong kalau nanti gue sukses bin kaya raya,  aku bakalan ke korea ! lihat aja nanti!
Buku yang aku beli itu karya Adji Annisa Z., S.Hum. judulnya "Buku Pintar Bahasa Korea" Aku lupa harganya berapa tapi gak sampai lebih dari 50k deh kayaknya soalnya dulu juga aku sekalian beli yang Bahasa Jepangnya juga. Buku ini sangat membantu aku mempelajari tata bahasa serta kosa kata.






3. Mulai dengan Menulis
source : www.pinterest.com
setelah kamu menemukan referensi yang tepat, segeralah kamu salin referensi-mu ke buku yang 'dikhususkan' untuk belajar bahasa korea. "sekarang kan zaman digital? males deh nulis" kalian tahu gak? disaat menulis kita tuh secara tidak langsung mengingat sedikit demi sedikit materi yang kita tulis tersebut. bahasa korea pun  sama. aku prefer menulis semua materi yang aku dapatkan. karena dengan menulis aku bisa mengingat bentuk huruf dan beberapa kosa kata dalam waktu yang bersamaan. nah berikut foto buku catatan bahasa korea-ku :


Korea-Kuning, jepang-merah




karena aku sudah memahami hangul, maka aku mencatatnya langsung ke hangul dan tidak menambahkan latin/romanji untuk huruf hangulnya. kenapa? ini merupakan salah satu cara mengingat bunyi hangul dan artinya. dengan begitu, ketika aku mengulas kembali catatanku aku tidak akan terpaku membaca huruf romanji dan fokus membaca hangulnya saja. memang pada awal-awalnya huruf-huruf yang kita lihat sangatlah tidak familiar dan sulit membacanya. tapi percayalah, ketika kamu sudah memahami abjad hangul, kamu akan senang membacanya. lewat cara menulis juga melatih tangan kita untuk menulis abjad-abjad korea agar menjadi lebih rapih lagi. TIPS dariku ya agar lebih mudah mengingat dan lebih semangat belajarnya, kasih beragam warna warni dibuku catatanmu agar kamu lebih mudah mengklasifikasi serta identifikasi materi yang kamu pelajari.

4. Awali dengan mempelajari abjadnya kemudian pelajari percakapan dasar sehari-hari
Bahasa Korea memiliki sistem abjad yang dinamakan hangeul. pencipta aksara ini adalah Raja Sejeong dari dinasti Joseon pada 1443 Masehi. Belajar abjad ini mudah deh bahkan menurutku dalam satu hari-pun kalau sungguh-sungguh belajarnya pasti akan mudah mengingat huruf Hangul ini.
source : bush.adtddns.asia
menurutku, bunyi bunyi bahasa korea hampir sama seperti bahasa indonesia dan lainnya. hanya saja ada beberapa konsonan yang oleh orang korea terkadang dianggap memiliki bunyi yang sama seperti K/G = ㄱ, B/P= ㅂ , R/L= ㄹ, Jadi memang membutuhkan ketelitian telinga ketika mendengarkan konsonan tersebut. nah berikut ilustrasi mengenai bunyi huruf konsonan korea, walau dalam bahasa inggris, semoga dapat dipahami ya 

source : josefwigren.com
nanti aku akan share mengenai cara mempelajari abjad korea dengan mudah lebih detail di artikel selanjutnya ya!
Kemudian jika sudah mengerti abjadnya, kamu bisa mulai belajar diaolog dasar bahasa korea, mulai dari perkenalan, percakapan di tempat umum, mengemukakan perasaan dan masih banyak lagi. Jika dirasa hangul masih agak sulit, coba tuliskan bersama latin/romanjinya agak lebih cepat proses pemahamannya.


5. Mendengarkan Lagu Korea favorit dan Menyimak Dialog dalam drama Korea atau Variety Show lalu mencari artinya dalam bahasa indonesia/inggris
Step ini adalah step terseru menurutku. Kamu harus memiliki lagu korea kesukaanmu lalu carilah artinya dalam 2 bahasa sekaligus. Yaitu inggris dan indonesia. Terkadang di internet translate ke bahasa indonesia dari lagu korea suka ada yang tidak sesuai maknanya apalagi kalau lewat google translate :3. Maka kamu diharuskan mencari artinya dalam 2 bahasa. Jadi selain kamu belajar bahasa korea, kamu sekaligus belajar bahasa inggris juga. Great kan guys? Aku kasih rekomendasi sumber translate lagu korea ke bahasa inggris lewat situs popgasa.com, karena menurutku sumber disana translatenya itu bener bener sesuai dan gak ngaco.

source : //btsdiary.com/2017/
Aku sendiri sudah memiliki beberapa koleksi buku lirik lagu korea dengan tulisan tanganku sendiri.. nanti aku update foto buku lirik lagu korea-ku ya! memang sih terkadang suka malas buat nulis. Tapi semangat itu kembali saat menulis liriknya sambil mendengarkan lagu yang kita tulis liriknya loh. Tapi seperti yang kubilang tadi. Dengan menulis kita bisa mendapatkan lebih dari satu keuntungan. Selain mengasah kerapihan menulis, juga menambah daya ingat kita akan kosa kata secara tidak langsung.


source : //www.kpopmap.com/
Cobalah mendengarkan lagu lagu dengan tempo slow. Coba kamu hafal liriknya dan nyanyikan. Coba sesuaikan cara pelafalannya yang benar. Setelah itu telusuri arti atau makna lagu tersebut, usahakan cari artinya perkata, agar menambah daftar kosa kata yang kamu ingat. Menurutku, lagu BTS, Blackpink, Baek Yerin, Heize, Lee Hi, Taeyeon dan Winner lirik lagu nya itu pelafalan-nya jelas dan mudah ditangkap telinga, lirik lagu nya juga menggunakan bahasa sehari hari yang mudah dipahami artinya.

source : www.kpopmap.com/
Sekarang belajar lewat drama atau variety, coba kamu perhatikan dan dengarkan dialog percakapan mereka. Lewat drama, kamu bisa mengetahui bahasa informal dan formal dari bahasa korea. Jika pemeran berbicara pada orang yang lebih tua atau orang yang dihormati, dalam dialog mereka pasti ada kata kata 저/제가 (jeo/jega= Saya),  ~합니다/~습니다 (hamnida/seumnida=melakukan<present>).. dan jika ke orang sebaya atau teman biasanya tidak menggunakan seumnida/hamnida/ieyo/yo di akhir kalimat.

6.  Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa di Playstore
Kayaknya ini gak usah dijelasin panjang yah,, banyak kok aplikasi belajar bahasa asing di playstore, kamu tinggal pilih saja mana aplikasi yang menurutmu paling memenuhi kebutuhanmu. Aku juga punya aplikasi bahasa korea yang aku pake untuk belajar, nah ini aplikasi yang aku pakai :




7. Gunakan Google Translate, tapi harus ENGLISH to KOREAN atau sebaliknya!

Menggunakan app Google translate adalah hal yang paling esensial dalam belajar bahasa asing, terutama korea. Melalui Google Translate kamu bisa tahu bagaimana suara pelafalan bahasa korea yang benar, juga mencari berbagai kosa kata yang kamu inginkan. Tapi ini saranku saja, sebaiknya jangan gunakan penerjemah Korea-Indonesia ataupun sebaliknya. Karena berdasarkan pengalamanku, Google Translate dari korea-indonesia itu terjemahannya acak-acakan dan kurang relevan. Sebaiknya kamu gunakan penerjemah dari INGGRIS-KOREA maupun sebaliknya, karena berdasarkan pengalamanku dari inggris-korea artinya relevan dan sesuai.

8. Melatih Kemampuan Berbicara dengan bantuan Perekam Suara dan menyanyikan lagu korea favorit

source : https://www.kpopmap.com/
Belajar tanpa hiburan itu bosenin kan ya? Nah belajar bahasa korea juga perlu refreshing dalam pembelajarannya. Coba deh kamu download instrumen lagu kpop lalu kamu karaokean dengan instrumen lagu itu. Aku sendiri suka pakai aplikasi SingPlay (aplikasi karaoke) jadi kita bisa rekam nyanyian kita bahkan dijadikan mp3 loh.. berasa jadi penyanyi bukan? Apalagi nyanyi lagu kpop barengan sama temen sesama kpopers *ya iyalah ya* pasti rame banget. Selain mengasah kemampuan pelafalan kosa kata, juga menambah daya ingat kita dengan kosa kata tersebut dan bikin bahagia juga.

9. Mencari wawasan tentang Pelafalan/Pronunciation serta Bahasa formal dan Informal Bahasa Korea

Banyak banget youtuber diluar sana yang berbagi ilmu kepada kita soal belajar bahasa korea. Ini beneran loh ngebantu banget ilmu ilmu yang mereka bagikan itu, mulai dari dialek, prononciations, cara menulis dan masih banyak lagi bisa kita dapatkan lewat youtube. Aku sendiri sudah subscribe channel youtube Dave, seorang youtuber amerika yang sudah lama tinggal di korea, dan bahasa korea-nya itu fasih banget. Kalian cek aja sendiri di channel youtube-nya, link ada dibawah

source : davetehdave
10. JANGAN MENYERAH!
Yapp jangan menyerah selama proses belajar berlangsung ya!! Ingatt kalau niat atau tekad kita kuat serta ditunjang dengan sumber referensi yang tepat, pasti bakalan cepet memahami bahasa asing, ini gak berlaku untuk bahasa korea saja, tapi juga untuk semua bahasa asing. Intinya kita harus konsisten dalam mempelajari sesuatu, jangan berhenti belajar di tengah jalan karena bosan atau kesulitan. Jika bosan, coba cari metode belajar yang bisa meningkatkan mood kamu, dan jika kesulitan, coba cari tanya-tanya ke orang yang menurut kamu dia itu udah jago/paham bahasa asing tersebut, atau kamu bisa mencari sumber referensi lain yang menurut kamu lebih mudah dipahami.

Semoga artikel ini bisa membantu yaa! See you!



유리아 유리스티나.

7 Responses to "#RANDOMTALK : Tips! Belajar Bahasa Korea Otodidak itu gak susah loh!"

  1. beli bukunya itu bisa make aplikasi apa kak ya? tolong dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gatau kalau beli bukunya lewat aplikasi atau online shop apa, soalnya aku beli di Tisera, mungkin di Gramedia ada.

      Delete
  2. KAKAAAAAAAAAAK, THIS IS REALLY HELPING MUCH FOR LEARNING-SELF EFFORT. THANK YOU FOR SHARING YOUR EXPERIENCE. GRACIAS!

    ReplyDelete
  3. Gomawo🙏 ini bener² membantu... Aku jadi makin semangat belajarnya💜💜

    ReplyDelete
  4. 같이 공부하자,, 재미있겠어요 ㅎㅎㅎ

    ReplyDelete

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel