REVIEW : Elformula 28 Days Miracle Whitening Solutions

Halo manusia bumi, bertemu lagi dengan postingan pertamaku di tahun 2020 yang diawali dengan review produk serum! Sebagai pecinta tren korean beauty, aku sangat antusias ketika mendengar ada brand skincare korea baru, salah satunya Elformula. Namanya masih asing buatku, karena ternyata produknya baru saja dirilis di indonesia belum lama ini. Sekitar sebulan yang lalu, aku dihubungi oleh pihak Elformula, mereka menawarkanku untuk mencoba produk terbaru mereka, yaitu serum. Ada dua jenis serum, yaitu acne repair dan whitening. Karena jenis kulitku normal kering dan sedang tidak ada masalah dengan jerawat (hanya masalah bekas jerawatnya saja di pipi kanan yang masih belum hilang, padahal udah hampir 3 bulan tapi masih tetep ada bekasnya 😔), akhirnya aku memutuskan memilih yang varian whitening aja karena lebih cocok untuk kebutuhan kulitku saat ini. 

"Walau aku dapat produk ini dari Elformula, tapi tenang aku mereview dengan jujur. Lagipula pihak elformula pun memberikan kebebasan sama aku untuk mereview sejujur-jujurnya, tanpa brief atau arahan dari mereka"

Singkat cerita, serumku yang biasanya aku pakai tinggal sedikit lagi, maka aku senang banget dapet yang baru dari Elformula. Elformula ini memiliki konsep brand "simple & effective" bisa dilihat dari brand image mereka yang kelihatan simple, dan bahan-bahan yang mereka gunakan juga berasal dari bahan alami, teruji dan efektif.

Nah apakah benar produk mereka bisa efektif di kulitku? Simak review-ku setelah menggunakan Elformula 28 Days Whitening Solutions selama 21 hari. Kenapa baru 21 hari udah direview? Karena ternyata produk ini sudah menunjukan hasilnya dikulitku dan membuatku kaget. Coba tebak kagetnya karena apa? Kalau mau tahu keep scrolling guys dan siap siap karena ini akan jadi review yang cukup panjang.

PACKAGING
Aku amaze banget sama packagingnya, Kemasannya simpel dan sleek, dilengkapi box putih tebal dengan pengunci magnet, terasa kokoh dan terlihat fancy hihi. Ternyata bentukan serumnya dikemas dalam botol-botol kaca bersegel alumunium. Mamaku nyangka aku beli obat suntik putih, astaga mama.. ini bukan obat suntik tapi serum yang dikemas dalam botol kaca seperti botol cairan injeksi :(


Didalam box-nya ada total 4 botol dengan masing masing isi 10 ml, jadi semuanya ada 40 ml. Pertama kalinya aku cobain produk serum yang dikemas secara satu persatu seperti ini




Karena material botolnya terbuat dari kaca, jadi harap hati hati saat menggunakannya. Terlebih kemasannya kecil jadi emang rawan kesenggol. Kalau kesenggol terus jatuh ya petjah sis.



Jangan khawatir kesulitan menggunakannya, karena elformula memberikan aplikator semacam corong yang juga berfungsi sebagai pipet untuk mengatur seberapa banyak cairan serum yang ingin dikeluarkan. Material corongnya ini terbuat dari karet transparan yang elastis, dilengkapi penutup berwarna putih.


Untuk membuka produknya pun gampang, kalau kalian pernah beli softlens yang case nya pake botol seperti ini pasti paham lah cara bukanya gimana. Gampang banget dibuka, cuma hati-hati aja pas merobek lapisan segel alumunium nya karena agak tajam. Setelah dibuka tinggal pasangkan tutup pipetnya, beres.



CLAIMS & INGREDIENTS
Say good bye to your dark skin after 28 days
ELFormula is committed to finding simple and effective formulas based on product safety without adding ingredients such as flavors, hormones, and fluorescent agents. Every product born in ELF Lab® go through consumer research – product development – ​​full testing. After thousands of skin tests and constant adjustment of formula based on tester feedback, we finally find the golden match for each ingredient. ELF Labs® selects quality manufacturers that have passed the EU standard GMPC100 certification and possesses a number of patented technologies according to the requirements for the safety, precision and stability of the preparation of different products, and selects the top raw materials according to strict standards. 
Info tentang profil brand elformula
Source : elformula.com

Bahan aktif dalam elformula 28 days
Source : elformula.com

Ingredients

Elformula 28 days miracle whitening solutions ini mengklaim bisa mencerahkan kulit dalam 28 hari, karena mengandung bahan aktif niacinamide, arbutin dan zinc yang niacinamide bagus untuk mencerahkan dan melembabkan kulit,  arbutin bantu mempercepat dalam proses menyamarkan noda hitam, selain itu kandungan zinc nya juga baik untuk mengontrol minyak pada kulit. Setelah aku telusuri list ingredientsnya, ternyata elformula ini mengandung deretan bahan alami diantaranya licorice root extract (akar manis), opuntia dilleni extrect (tumbuhan kaktus), centella asiatica extract (centella), portulaca oleracea extract (kalau dalam bahasa indo nama tumbuhannya 'gelang biasa' sejenis rerumputan), dan tamrindus indica seed gum (asam jawa) selain itu serum ini juga mengandung allantoin yang bagus untuk mengatasi iritasi pada kulit.


Dari box-nya, aku nemu tanda PAO serum elformula hanya 6 bulan saja setelah dibuka. Biasanya kan produk serum korea itu PAO nya 12 bulan. Ternyata elformula lebih singkat, oleh karena itulah mungkin kemasannya dikemas per botol botol kecil seperti ini. Hal tersebut bertujuan karena mungkin elformula ini rendah pengawet alias preservative kali ya. Soalnya aku gak nemu preservative macam paraben ataupun phenoxyethanol pada produk elformula. Sebagai gantinya, elformula menggunakan 1,2-hexanediol sebagai preservative dan berada pada urutan terakhir, artinya konsistensi preservative-nya rendah.

REVIEW & PERFORMANCE
Tekstur serumnya mirip air! Tapi gak secair air atau semirip cairan toner. Tengah-tengahlah, gak terlalu kental seperti gel atau cair sepeti air. Kurang lebih seperti tekstur essence. Warnanya bening. Gak ada wangi apapun, seriously. Jadi bagus dong apalagi bagi mereka yang sensitif sama fragrance dalam skincare, sepertinya bakal suka sama produk ini.

Awal pertama pakai, rasanya biasa aja, gak cekat cekit. Cuma aku merasa kulitku jadi keset. Mungkin karena finish dari serum ini lebih ke matte, cepet meresap. Aku jujur belum terbiasa pake serum yang seperti ini. Sebelumnya aku pake serum yang oil based jadi berasa lengket, tapi kalau elformula tidak terasa langket. Aku pakai 3-4 drop untuk wajahku.


Sebelum pake, aku netralin kulitku selama 4 hari, biar kulitku gak terlalu kaget saat menerima produk baru. Nah berikut progress nya selama aku menggunakan produk ini, jangan kaget ya :

DAY 1-7
Maaf karena perbedaan pencahayaan

Astaga aku kaget bukan main. Aku orangnya jaraaaaaaang banget jerawatan, paling sebulan cuma punya 1 jerawat period, itupun kadang kadang munculnya. Sebelum pake Elformula kondisi kulitku baik baik aja sama sekali gak ada jerawat. Karena itu Aku sangat berharap banyak sama serum ini, tapi ternyata ekspektasiku salah. 

AKU BREAKOUT gengss! Sedih banget :( langsung muncul 2 jerawat setelah 3 hari pemakaian :( terus beruntusan juga dijidat. Biasanya aku termasuk jarang punya jerawat dan beruntusan sebanyak ini 😔 padahal selama pake aku gak merasa perih atau cekat cekit, sungguh biasa saja rasanya kek ngolesin air aja ke muka saking ringannya tekstur serum ini.

Maaf pencahyaan seadanya

Kalau kalian pernah baca post-ku soal review perskinkeran, aku tuh jarang banget kan kena breakout gara-gara nyobain skinker baru, karena kulitku itu tipe badak,  jadi jarang banget kena beruntusan kalau nyobain skinker baru, paling cuma terasa agak perih atau kena efek kering aja. nah ini gak disangka sangka kulitku bereaksi tak terduga. Tbh, jerawat yang dibawah bibir itu yang paling gede dan sakit, apalagi pas jerawatnya meletuss sumpah sakit banget. Aku gak assume ini jerawat period karena pas pake ini aku baru beberapa hari selesai period. Biasanya mukaku mulai tumbuh 1  jerawat kira kira 2-3 hari menuju period dan biasanya muncul di area T. Selama pemakaian 7 hari, aku belum notice ada perubahan lainnya di kulitku selain muncul beruntusan dan jerawat :')

Aku juga combine serum elformula ini dengan toner klavuu white pearlsation dan cream nacific yang biasa aku pakai. Setelah terjadi breakout aku coba skip pemakaian toner dan melihat bagaimana pengaruhnya. Takutnya skincare ku yang biasanya gak bisa nerima untuk di combine sama elformula.

DAY 7-14
Aku tetep pake serum ini dan bikin mindset mungkin aku kena purging aja kali. Lalu, tanggal 24 desember muncul jerawat baru dijidat, aku makin galau lanjut atau tidak. Tapi akhirnya aku memutuskan lanjut memakainya, aku menghindari penggunaan serum ini pada area kulitku yang berjerawat.  Oh iya aku lupa ambil foto jerawatnya pas pertama kali muncul di jidat, aku ambil fotonya setelah 3 hari jerawat itu muncul di jidat aku. Aku notice setelah 2 minggu pake serum elformula ini bikin mukaku terlihat lebih glowing, pipiku terasa lebih halus dan bekas jerawatku di pipi kanan mulai samar. Bahkan karena aku memakainya juga sebagai spot care (jadi aku apply lebih banyak pada area yang ada bekas jerawatnya) sebagian pipiku yang ada noda bekas jerawat jadi terlihat lebih cerah 😂 jerawatku yang muncul minggu lalu di bawah bibir dan samping cuping hidungku juga udah membaik tinggal bekasnya aja yang menggelap :(
Area yang aku lingkari terlihat lebih cerah karena aku pake serum ini juga sebagai spot care 😂

DAY 14-21
Karena peradangan jerawat dan breakout ku udah mereda, aku memutuskan pake serum ini di seluruh wajah lagi pada tanggal 29 desember 2019, tapi kemudian muncul lagi 2 jerawat baru di jidat 😭 jerawat yang dijidat itu muncul pada tanggal 1 januari , Aku makin sedih. Tapi aku masih men-deny penyebabnya dari serum elformula dan aku coba skip krim yang biasa aku pake. Pada tahap ini pula aku sadar bahwa serum elformula kurang bisa melembabkan kulitku yang kering ini jika dipake sendirian. Aku ambil fotonya setelah 3 hari jerawat itu muncul di jidatku, tepatnya hari ini. 

Jerawat breakout-ku di minggu lalu udah mulai kering dan sembuh, eh seminggu kemudian muncul jerawat baru lagi di jidat, 2 lagi munculnya barengan 😭

Ternyata gak ada perubahan. Jerawatku malah nambah lagi 1 biji di pipi kiri pas aku bangun pagi tadi😭 aku paling kesel kalau udah jerawatan di pipi. Aku udah coba segala cara untuk mengetahui bagaimana respon kulitku yang sebenarnya terhadap serum elformula ini. Aku udah skeptis sama produk skinker yang biasa aku pake karena mungkin enggak bisa di combine sama serum elformula, nyampe aku stop dulu penggunaan toner dan krim yang biasa aku pakai. ternyata tetep aja timbul jerawat baru lagi.  Aku udah hampir menghabiskan 1 botol dalam 21 hari. Masih ada beberapa tetes di botol pertama yang sedang aku pakai, mungkin sekitar 1/4 botol lagi isinya. Aku pakenya setiap malam, kalau gak hectic, aku juga pake di pagi hari.


Tumbuh jerawat di pipi kiriku dalam semalam, padahal area pipiku itu awalnya baik baik aja gak ada bekas jerawat sama sekali, tapi sekarang malah timbul jerawat 😔
Tapi bagian pipi sebelah kanan bekas jerawatnya terlihat lebih memudar sih dari sebelumnya.

Setelah 21 hari, ternyata wajahku gak menunjukan respon untuk akur dengan serumnya elformula 😭 mukaku malah jadi berjerawat dan malah timbul bekas jerawat baru. Setelah ujicoba di kulitku selama 3 minggu, nyampe aku skeptis stop dulu pake product skincare-ku yang lain,  ternyata progress-nya malah seperti ini, aku mulai menyerah untuk terus pake serum ini, aku pun mulai yakin bahwa aku gak cocok dengan serum elformula. Aku memutuskan untuk stop pakai mulai hari ini, sehingga aku bisa posting review-nya ke kalian.

CONCLUSION
kesimpulannya aku love-hate sama serumnya elformula. Love karena terbukti membantu menyamarkan noda bekas jerawatku yang susah hilang, sedikit mencerahkan kulitku dan bikin glowing juga. Tapi aku juga hate sama produk ini karena formulanya sepertinya kurang cocok untuk kulitku 😔 padahal bisanya kulitku tipe badak, jarang banget beruntusan pake skinker baru. Sebelumnya aku juga udah beberapa kali pake serum korea, palingan cuma berasa efek tingling dan kering, gak nyampe beruntusan apalagi jerawatan begini huhu sedih banget, awalnya mukaku baik baik aja gaada jerawat, sekarang malah banyak jerawat. Bahkan di pipi yang sangat jarang dihampiri jerawat tiba tiba ada jerawat muncul setelah aku nyobain pake serum-nya elformula ini.  

Padahal sebelum pake aku netralin kulit wajahku dulu kurang lebih 4 hari, aku stop pake toner dan serum yang biasa aku pake sebelum pake elformula. Selama nge-netralin kulitku, aku cuma pake facewash dan cream aja.

Setelah tanda breakout muncul aku juga berusaha cari penyebabnya dengan skip toner, dan cream yang aku pake, tapi hasilnya nihil tetep aja wajahku berontak.

Dilihat dari ingredients-nya produk ini bagus, tapi sepertinya ada bahan dalam serum elformula yang gak bisa berjodoh sama kulit aku, tapi aku masih gatau persisnya karena bahan apa. Soalnya ini bukan pertama kali aku pake produk yang mengandung niacinamide maupun Arbutin, dan dulu aku baik baik aja pake produk yang mengandung bahan itu.

Harga produk elformula ini per-box nya kisaran 300ribu, kamu bisa dapetin via shopee atau instagram dan web resminya elformula.

Sebelum menutup review, izinkan aku  untuk mengingatkan bahwa SKINCARE ITU COCOK-COCOKAN ya. Tiap individu punya pengalaman yang berbeda ketika mencoba produk yang sama. Gak cocok di aku belum tentu juga Gak cocok di kamu ya, dear. Pastikan jika kamu tertarik mencoba netralin kulit kamu dulu sebelum beralih menggunakan produk skincare baru,  bila masih ragu, lakukan juga patch test, bisa di bagian leher atau belakang kuping untuk mengetahui gimana reaksinya di kulit kamu.

What i love
+ membantu menyamarkan noda bekas jerawat, padahal baru pake 21 hari
+ terlihat lebih cerah dan glowing  setelah 2 minggu pakai

What i hate
- aku nggak cocok, selama pemakaian 21 hari kulitku terus menunjukan reaksi breakout
- masih kurang melembabkan kalo dipake sendiri tanpa dilayer dengan skincare lain
- kemasan rentan pecah

Rating dari aku 2.5/5

Ok guys sekian review ku kali ini, see you on another review~

UPDATE 2/3/2020
Karena aku merasa gak cocok dengan serum ini, aku cobain kasih ke temen aku sekitar 1 bulan yang lalu. Temenku nenes ternyata cocok pake serum elformula. Dia laporan ke aku kalau dia cocok dengan serum elformula ini karena bikin wajahnya gak kusam dan kelihatan lebih glowing. Dia bilang kalau udah habis katanya mau beli sendiri... huhuhu seneng banget ternyataa temenku cocok pake serum elformula ini. Cuma dia emang agak sedikit komplen aja karena menurutnya kemasannya agak ribet, senah. Hehehee

ULI

3 Responses to "REVIEW : Elformula 28 Days Miracle Whitening Solutions"

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel