Rekomendasi Lagu Yerin Baek, Solois Korea anti mainstream! [MUSIC REVIEW]

photo by @mu_gung
Yerin Baek alias Baek Yerin. Salah satu penyanyi yang mencuri perhatianku sejak 4 tahun terakhir. Sebenernya aku udah tahu dia sejak dia debut sebagai grup duo 15& bersama Jimin Park. Waktu itu aku gak pernah menyangka ternyata dia  seorang genius. Baru-baru ini Yerin mengikuti jejak Jimin Park untuk hengkang dari agensi yang membesarkan Namanya, JYP Entertainment kemudian dia bikin agensi prbadi dengan nama blue vinyl. Setelah bikin agensi sendiri, tak tanggung tanggung yerin ngerilis full album studio dengan total 18 buah lagu! FYI, semua lagunya dia yang nulis dan aransemennya dibantu rekan baiknya, Gureum alias Cloud. Lagu lagu yang ia luncurkan tahun ini sukses mendapat all-kill setelah dirilis. FYI, predikat all-kill sangat sulit didapatkan, sebagai penyanyi dengan kategori underrated, Yerin tentu beruntung bisa mendapatkan gelar all-kill di negaranya. sejauh ini Yerin telah mencetak sejarah all-kill dua kali pada tahun ini, pada bulan maret dengan album "our love is great" dan certified all kill pertamanya baru-baru ini, tepatnya pada 12 Desember, 2 hari setelah albumnya dirilis. lagu yang mendapat gelar certified all-kill tersebut adalah salah satu title track pada albumnya "every letter i sent you" yaitu Square (2017). 

sumber : weheartit
Yerin Baek, 2019
Source : tumblr
Mungkin Yerin Baek ini gak gitu populer yah dikancah fans kpop internasional, bahkan di Negaranya sendiri menurutku dia gak sepopuler Taeyeon atau IU, padahal menurutku she deserves to be more popular with her music. Sejak masih di JYP Entertainment, Yerin emang selalu bikin lagu-lagunya sendiri. Asal kalian tahu aja setelah dengerin lagunya Yerin aku yakin kalian pasti dapat angin segar karena tipikal lagunya beda banget dari lagu kpop kebanyakan. Lagu-lagu dia full of artistic values. Anti mainstream, bahkan penampilannya pun anti mainstream. Berwajah imut tapi punya banyak tattoo yang cantik-cantik pula tattoo-nya itu.


Yerin Baek, 2016 masih polos tanpa tattoo
source : Kpopchart

Yerin Baek, 2017 udah punya banyak tattoo, apalagi di lengannya
source : Bimoong YouTube Channel


Berikut ini beberapa lagu dari Yerin Baek yang sangat aku suka dan aku rekomendasikan ke kalian :
  • Bunny
Lagu ini aku bangeettt! Aku suka tipikal lagu dengan petikan gitar seperti pada lagunya Yerin Baek yang judulnya Bunny ini.  Aku udah suka lagu ini sejak tahun lalu dan baru aja dirilis resmi 2 minggu yang lalu, senengnya😭💐 lagu ini terdengar easy candy, masih ringan didengerin sama telinga. Lagu ini tempo-nya sedikit cepat karena termasuk lagu romantic yang ceria. Aku aneh kenapa lagu sebagus ini masuk golongan b-side. Selera yerin emang anti mainstream, banget ya. Padahal aku kira lagu ini bakalan dibikin salah satu title track pada album studionya “every letter I sent you” ternyata cuma b-side track doang T_T Nah lagu ini Liriknya juga emang gombal banget deh. Cocok kayaknya kalo didengerin bareng gebetan atau pacar sambil rebahan di padang rumput dibawah pohon rindang ditemani angin sepoi sepoi sambil menatap langit wkwk *haluuu. Oh iya lagu ini liriknya full berbahasa inggris.
Aku paling suka part chorus, ini liriknya :

“I could be anything to you
But at the same time I’d be nothing at all
Of course now I’m very precious to you
But I will still be needing time to have faith in you”

cek lagunya via spotify dengan klik link ini Yerin Baek - Bunny

  • See You Again
Ini lagu kedua yang paling aku suka dari Yerin Baek. Lagu ini ala-ala country-folk gitu tapi gak norak. Enakeun deh aku paling suka dengerin lagu ini sambil beres-beres rumah biar lebih semangat. Aku suka bagian antara chours menuju part 2 lagu ini. Petikan gitar elektriknya ngena banget tanpa memekikan telinga. Lagu ini berbahasa korea

cek lagunya via spotify dengan klik link ini Yerin Baek - See You Again

  • How Deep is our love /Popo
Another lagu gombal dari Yerin. Aku penasaran sih siapa yang jadi inspirasi Yerin ketika dia bikin lagu. Soalnya lagunya emang bedaaaa.... dari kebanyakan lagu korea yang aku denger. Nah salah satunya lagu ini. Aku bingung lagu ini masuknya jenis lagu R&B atau Jazz, atau apakah gabungan dari keduanya? Awalnya aku gak terlalu suka lagu ini, karena agak selo selo gitu lagunya. Ehhh tapi karena keseringan keputer entah kenapa lirik lagunya jadi nyangkut di telingaku dan tanpa disadari aku nyanyi-nyanyi lagu ini.
Ciri khas lagu ini adalah suara terompet atau saxophone atau apapun itu. Jarang banget aku dengerin lagu yang ada suara terompetnya, ternyata suara terompet bisa bikin lagu terdengar makin catchy ya.
Kalau lagu ini sih lebih ke nyeritain seorang cewek yang lagi bucin sama pacarnya gitu, aduh baper deh dengerin liriknya hahaha. Lagu ini liriknya full berbahasa inggris.

cek lagunya via spotify dengan klik link ini Yerin Baek - Popo

  • Bye bye my blue
Nah kalo ini masuknya lagu mellow. Kalau kalian cari tahu makna liriknya, kalian bakal relate banget sama lagu ini. Cocok didengerin kalo lagi mellow. Mungkin lewat lagu ini kalian bakal sadar entah udah berapa banyak kita julid dan egois pada suatu hal atau orang atau betapa dramanya kita menjalani hidup dengan banyak mengeluh akan apa yang telah terjadi di masa lalu.  Intinya, bagaimana kita terus maju jika kita terus saja berjalan diatas kenangan yang menyaikiti kita? Makanya judulnya bye bye my blue yang mungkin maknanya kurang lebih kita harus meninggalkan segala kesedihan kita di masa lalu agar bisa menangani berbagai hal yang sedang kita lalui saat ini. Lagu ini berbahasa korea gaiss tapi maknanyaa bagus banget.

cek lagunya via spotify dengan klik link ini Yerin Baek - Bye bye my blue

  •  Maybe its not our fault
Kalau ini lagu kisah hubungan diambang ke-ambyar-an dan ke-ragu-ragu-an? Ya kisah hubungan yang mungkin udah stuck satu sama lain tapi rasanya sayang untuk benar-benar di ambyar-kan. Gak tahu kenapa kok hubungan kita bisa oleng gini ya? Tapi kayaknya bukan salah kita deh. Biar gak beneran ambyar, sebaiknya kitaa banyakin melakukan hal yang bisa bikin kita tumbuh menjadi manusia yang lebih dewasa, mengalami stuck atau keragu-raguan dalam hubungan itu wajar, solusinya adalah bagaimana cara kita memandang suatu permasalahan secara dewasa sehingga bisa menanganinya :’). Lagu ini berbahasa korea juga

cek lagunya via Spotify lewat link ini Yerin Baek - Maybe It's not our fault

  • Across The Universe
Ini lagu debut solonya yerin, ujureul geoneo. Lagu ini lagu romantic, mengisahkan penantian cewek yang udah kangen banget sama pacar nya yang mungkin berasal dari luar angkasa? Disini lagu yerin masih kerasa masuk kategori R&B ala korea. Tapi lagu-lagunya kini menurutku udah gak lagi ala-ala r&b korea. Karena lagu debut solo, tentu aja berbahasa korea.

cek lagunya via spotiy dengan klik link ini Yerin Baek - Across The Universe

  • Our love is great
Kalau kalian pas dengerin lagu ini tanpa tahu siapa yang nyanyi, pasti kalian bakal nyangka lagu yerin satu ini bukan lagu orang korea. Mungkin kalian nyangka lagu ini dari eropa atau amerika. Reggae jazz gitu gais. Ditambah lirik berbahasa inggris, siapa yang menduga ini lagu dinyanyikan sama cewek korea. Lagu ini okelahh didengerin sambil nugass biar hepi hepi gitu gaes hehe
cek lagunya via spotify dengan klik link ini Yerin Baek - our love is great

  • Square (2017)
    Sebenernya aku udah tau lagu ini sejak 2017 lewat soundcloud yerin dan sering dia bawa pas tampil di acara festival di korea. Hanya aja lagu ini baru booming sekarang karena emang baru dirilis resmi tahun ini. Kalau lagu ini sih genrenya lebih ke pop. Liriknya full berbahasa inggris. Temponya cepat, tapi aku lebih suka sama si bunny sih.
   cek-lagunya via spotify dengan klik link ini Yerin - Square (2017)

  •   His Ocean
Kalau lagu ini ada suara suara desiran ombak gitu pas intronya, mungkin sesuai sama judulnya laut. Aku lupa lagi lagu ini liriknya nyeritain apa tapi yang pasti berbahasa korea. Lagu ini enakeun dehhh lagu selo tapi gak mellow mellow amat
cek lagunya via spotify dengan klik link ini Yerin Baek - His Ocean

  • As I am
Kalau lagu ini genrenya lebih ke folk/akustik. Liriknya full inggris dan sumpah liriknya bagus banget. Makna liriknya sih kurang lebih kita tuh harus bangga jadi diri sendiri, jangan pedulikan kata orang lain aku paling suka part chorusnya  yang ini :
"I'm fine with livin'

Yeah I'm fine with arguing

But no one can change me
And I'm still gon' be here
I'm not like the others
But I'm fine with livin'
Yeah no one can be me

And I'm still gon' be here as I am

As I am
As I am
As I am"

cek lagunya via spotify dengan klik link ini Yerin Baek - As I am

  • Blue 
Kek nya yerin suka banget sama warna blue, nama agensinya aja blue vinyl. Judul lagunya yang ada kata blue setahuku ada 3 lagu termasuk lagu ini 😂menurutku lagu ini enakeun walau kategorinya b-side, track. Genrenya lebih ke KR&B. Liriknya full bahasa korea. Aku seneng dengerin lagu ini sambil ngerjain tugas karena part nya yang "ddu ddu tututuru tuttuturu" mengiang ngiang terus di telinga aku. Oh ya lagu ini dirilis tahun 2015, masuk ke mini album debutnya, frank.
Cek lagunya via spotify dengan klik link ini Yerin Baek - Blue


  • True Lover
Lagu ini juga keren banget, sejak dengerin intronya pertama kali aku langsung suka. Genrenya lebih ke folk. Liriknya pun berbahasa inggris. Lagu ini masuk ke album terbarunya, every letter i sent you.

Cek platform musik Yerin Baek
Spotify : Yerin Baek
Youtube : Yerin Baek

Selera Yerin soal fotografi juga aesthetic sekali, yang aku tahu dia suka banget sama fotografer mu gung. Nyampe kebutuhan fotografi untuk 2 albumnya tahun ini digarap sama mu gung. Karena emang hasil fotonya bagus bagus sih, aku juga suka karena nuansa fotonya punya ciri khas tersendiri.

photo by @mu_gung

photo by @mu_gung

Okeyy sekian rekomendasi lagu lagu mbak yerin dari aku, semoga selera musik kita sama jadi kamu yang baca juga ikut ketularan virus mbak yerin ya wkwk 😂 see you on next music review post!~


Cek album Yerin via Spotify :
Mini Album - Our Love is Great (2019)
Full Length Album - Every Letter I sent you (2019)
Mini Album - Bye bye my blue (2016)
Mini Album - Frank (2015)

1 Response to "Rekomendasi Lagu Yerin Baek, Solois Korea anti mainstream! [MUSIC REVIEW]"

  1. Ternyata ada yang kenal mb ye dari jaman dahulu kala.

    Intinya semua lagunya tuh bikin nyaman, kek kasur + ujan + rebahan wkwkkw

    ReplyDelete

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel