REVIEW : Rintik RB+ Nourish Face Oil -Vital Glow-

Kalian notice gak sih kalo sepanjang tahun 2021 kemarin kayaknya banyak banget ya brand-brand yang ngerilis produk face oil? Yupp face oil, denger namanya jadi agak gimana gitu ya mengingat ada kata "oil" nya. Eitss tapi tahukah kamu bahwa face oil ini memiliki keunggulan tersendiri dibanding produk skincare lainnya? Alasannya, karena bahan baku face oil berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan (plant based) tanpa bahan kimia jadi lebih aman penggunaannya serta minim resiko.

Face oil sendiri sebenernya bukan pendatang baru dalam dunia per-skincare-an. Setahuku sudah sedari lama para ahli dan pakar kecantikan menganjurkan penggunaan face oil karena manfaatnya dalam menjaga kelembaban kulit, menutrisi kulit hingga mencegah penuaan dini. Lantas bagaimana sih cara penggunaan face oil agar memberikan manfaat untuk kulit? face oil bisa digunakan sebagai campuran dengan foundation agar memberikan finish glowing, dijadikan primer makeup, dijadikan pelembab, campuran saat menggunakan body lotion agar lebih melembabkan, sebagai makeup remover, hingga sebagai pengganti Face serum. perlu diingat bahwa face oil bisa menggantikan fungsi face serum karena memiliki manfaat yang sama, namun face serum tidak dapat menggantikan fungsi face oil pada kulit, ya. 

Mungkin face oil terdengar lebih cocok digunakan untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering, tapi jangan keliru ya karena sebenarnya face oil juga bisa banget kok buat digunakan untuk jenis kulit apapun tentunya disesuaikan antara jenis face oil dari ekstrak tumbuhan tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan dari jenis kulitnya ya. Oh iya, Face oil memiliki 3 fungsi utama untuk kulit yaitu, Lock (mengunci kelembaban kulit), Protect (melindungi kulit dari enviromental damage seperti radikal bebas, polusi udara, bahaya mikroba dan apapran bluelight), serta nourish (menutrisi dan merawat kulit menjadi lebih sehat).  

Pada dasarnya Kulit manusia membutuhkan minyak alami agar kelembabannya tetap terjaga, kulit yang mengalami kondisi kekeringan pada jangka waktu tertentu juga bisa menimbulkan masalah kulit seperti munculnya dry flakes, terlihat kusam hingga mempercepat penuaan dini seperti munculnya fine lines (kerutan halus) hingga berkurangnnya elastisitas dan kekenyalan kulit karena rusaknya kolagen yang disebabkan karena kondisi kulit kering tersebut. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tentunya perlu penggunaan produk skincare, salah satunya adalah dengan menggunakan produk face oil. 

Pada tahun baru 2022 ini, aku punya resolusi agar kulitku makin sehat, aku pengen kulitku glowing dan bisa menghempaskan bekas-bekas jerawat, akhirnya aku bertemu dengan produk dari Rintik Skincare, lalu aku tertarik dan memilih salah satu produk face oil best seller-nya yaitu Rintik RB+ Nourish Face Oil yang ditujukan bagi pemilik jenis kulit kering dan kusam, sesuai sama jenis kulitku. Ini adalah kali pertamaku menambahkan face oil dalam skincare routine aku, jadi aku sangat berharap banyak sama performa Rintik Rb+ Nourish Face Oil ini agar bisa kasih perubahan positif pada kondisi kulit aku di awal tahun 2022 ini.

Setelah mencoba selama seminggu, aku kira aku sudah bisa share pengalamanku disini soal Rintik RB+ Nourish Face Oil. Yuk keep scroll up biar tahu gimana performa produknya!

PACKAGING
Pertama, aku pengen bahas soal kemasannya terlebih dahulu. Jujur sejak pertama kali lihat aku langsung suka hanya dengan lihat kemasannya. Alasan utamanya adalah karena dia berwarna hijau! That is my favorite color 🥺 aku melihat warnanya seperti tone fern green dan warna sage berpadu dengan warna putih yang memberikan kesan "clean" disertai desain minimalis namun tetap cantik khas brand-image Rintik Skincare. Untuk botol face oil-nya mirip seperti botol face serum pada umumnya. Berbahan plastik akrilik semi transparan doff dengan isi 10ml. Sejak pertama kali aku pegang produknya itu udah kerasa samar-amar ada wangi-wangi khas essential oil gitu, padahal aku belum buka dus maupun botol face oil-nya. Menurutku wanginya itu seperti wangi bunga ylang-ylang atau melati. Tapi bagi aku wanginya itu relax sih, bikin tenang dan gak mengganggu.



Oiya Rintik ini adalah brand skincare asli Indonesia loh alias produk lokal, merupakan produk dari PT. Rintik Natural Indonesia yang berlokasi di Bandar Lampung, produknya juga sudah teregristrasi BPOM. Brand yang memiliki tagline "Lock and protect your skincare routine" ini terinspirasi dari penggunaan bahan natural untuk produk skincare-nya yang telah teruji klinis dan dipercaya sejak ratusan tahun lalu sebagai rahasia perawatan kulit di seluruh penjuru dunia sehingga dapat memberikan manfaat untuk menutrisi dan membuat kulit menjadi lebih sehat. 
 




Pada botolnya terdapat 2 sisi, pada sisi pertama bertuliskan brand dan logo Rintik, sedangkan pada sisi lainnya ada tulisan "RB+ Nourish Face oil -vital glow-" menurutku pemilihan font nya juga bagus, walau simple tapi terkesan anggun sekaligus cute.



Nah karena botolnya semi transparan, jadi isi face oilnya pun kelihatan, warnanya seperti kuning karamel gitu. Oh iya, pipet face oil nya juga nyaman digunakan dan bisa mengambil produk sesuai yang diinginkan. Materialnya juga menurutku kokoh jadi gak ringkih gitu saat dipegang.

CLAIMS & INGREDIENTS
Pada bagian depan box tertulis bahwa Rintik RB+ Nourish Face oil ini memiliki fokus utama untuk mengurangi garis halus dan kerutan (deminishing fine lines & wrinkles) serta melembabkan (moisturizing)

Claims & Ingredients

Dikutip dari www.rintik.co.id, Highlight ingredients dari Rintik RB+ Nourish Face oil ini adalah Rosehip, Bakuchiol dan Carrot root extract. Saat melihat list ingredients-nya juga simple banget, hanya terdiri dari :
  • Rosehip Oil (minyak biji mawar) yang kaya akan vitamin A, omega 3, 6 dan 9 yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan peradangan akibat sinar matahari seperti kulit kusam, flek hitam dan kanker kulit. Rosehip juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan sel, menjaga elastisitas, mengurangi kerutan, dan melembabkan kulit sehingga kulit tampak lebih muda.
  • Vitamin e (tocopheryl acetate), berperan sebagai anti oksidan untuk kulit.
  • Ylang-ylang/Cananga oil (minyak bunga kenanga), merupakan tumbuhan asli indonesia yang memiliki kandungan flavonoid dan saponin bermanfaat sebagai anti bakteri dan mencerahkan kulit.
  • Glycine soja oil (minyak kedelai), yang mengandung omega 3, 6, linoleic acid, dan vitamin E, memiliki fungsi memperbaiki skin barrier, menjaga kelembaban kulit  serta mencegah kulit kehilangan kelembaban alaminya
  • Bakuchiol, yang diekstrak dari biji tanaman babchi, yang memiliki manfaat sangat mirip dengan retinol, bersifat lebih ringan sehingga lebih cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif, dan ibu hamil. dilansir dari The british journal of dermatology, bakuchiol sangat efektif untuk mengurangi garis halus, kerutan, meratakan warna kulit dan memiliki efek samping iritasi lebih rendah daripada retinol hingga bantu meningkatkan produksi kolagen (melawan tanda penuaan)
  • minyak wortel (Daucus Carota), kandungannya kaya akan beta karoten dan vitamin A, berfungsi sebagai antioksidan yang efektif memudarkan garis halus dan kerutan di kulit, juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, sekaligus ,mencegah kerutan dini.
bisa dilihat kan kalau ingredients Rintik RB+ Nourish Face Oil ini beneran alami, hanya mengandalkan ekstrak dari tumbuh-tumbuhan, gak ada tambahan bahan kimia seperti paraben, alcohol, perfume maupun bahan kimia lainnya. Jadi menurutku ini jadi nilai tambah keunggulan produknya yang mengandalkan bahan-bahan alami sehingga menurutku lebih minim resiko.

PRODUCT PERFORMANCE
Saat pertama kali pakai aku langsung amaze sama wanginya, beneran relaxing rasanya. Auto bikin kalem dan nyaman, berasa lagi menghirup essential oil buat aromtheraphy gitu. Aku jujur suka banget sama wanginya ini karena bikin mood-ku membaik hihi. Apalagi kalo dipakai pas malem bikin nyaman ketika mau bobo. Teksturnya pun memang seperti minyak karena memang produk ini adalah "oil" tapi gak terasa berat, setelah dibaurkan rasanya ringan-ringan saja dan hampir mirip seperti pakai serum tapi terasa lebih occlusive (lembab/basah) gitu. Karena bingung, akhirnya aku mengutip cara pemakaiannya dari website resmi Rintik skincare www.rintik.co.id, bahwa pemakaian  Rintik RB+ Nourish Face oil ini dianjurkan sebelum penggunaan day atau night cream. Aku biasanya pakai setelah pemakaian serum atau sebelum pakai night cream sebanyak 3 tetes.


Saat pertama kali pakai aku gak ada merasakan reaksi perih atau tingling di kulit, rasanya biasa aja dan tekstur kulit yang kering juga langsung lembab sekejap padahal aku belum pakai moisturizer. Tapi ada wangi dari face oil-nya yang khas bikin suasana hati jadi rileks. Aku biasanya hanya pakai face oil Rintik ini tiap skincare malam aja, kalau pagi hari suka gak keburu pakai skincare berlayer karena padatnya aktivitas. Karena ini adalah 'face oil' aku merasa dia perlu waktu sampe bener-bener meresap, sekitar setelah 1 menit aku notice face oil-nya meresap dan auto bikin kulit lembut dan lembab seketika. Pernah aku skip pakai moisturizer maupun serum sebelumnya, surprisingly hanya dengan 3 tetes Rintik Face oil ini di muka udah kerasa melembabkannya.


Setelah menambahkan Rintik RB+ Nourish Face oil dalam skincare routine aku selama seminggu, aku mulai notice perbedaan-nya. aku merasa kulitku jauh lebih lembab daripada biasanya. Ketika aku pakai makeup kadang-kadang kerasa cepet kelihatan area kering-nya setelah beberapa jam, tapi setelah pakai Rintik ini tiap malam harinya aku merasa kulitku jadi gak gampang kering. Terus aku merasa kulitku kelihatan lebih sehat aja, ada glow-glow nya even ngaca dari kejauhan, tapi bukan glowing karena berminyak ya,  glowing yang beneran mantul dari kulit aku gitu loh, me likey 😲 oh iya aku ada beberapa spot bekas jerawat, tapi ternyata Rintik Rb+ Nourish face oil ini sepertinya perlu waktu pemakaian lebih lama untuk memudarkan bekas jerawat yang menghitam, walau sebenernya udah kelihatan kok untuk bekas jerawat yang disamping dagu aku mulai sedikit memudar. Hal lain yang aku rasakan adalah tekstur kulit aku yang terasa makin halus, gak ada gradakan kulit kering lagi, beneran seneng banget huhu karena kalau tekstur kulit halus ketika pakai makeup jadi lebih mudah nempel. Oh iya hal penting lainnya adalah walau produk ini adalah 'oil' selama aku pakai aku gak merasa dia menyumbat pori-pori/bikin komedoan. Alhamdulillah, Pori-pori kulitku aman- aman saja ketika pakai Rintik RB+ Nourish face oil, gak bikin clogged pores ataupun bikin kulitku breakout selama pemakaian. Mungkin nanti akan aku update result pemakaian-nya setelah 1 bulan ya!

OVERALL REVIEW
Jujur, awalnya aku sedikit ragu untuk mencoba face oil karena takut bikin gerah dan berat di muka. Namun setelah mencoba Rintik RB+ Nourish Face Oil stigma-ku soal face oil sebelumnya mulai runtuh karena aku merasakan sendiri manfaat dan perbedaannya setelah menggunakan face oil Rintik, terutama soal kelembaban kulitku yang sekarang jauh lebih lembab, tekstur kulit aku yang jadi lebih halus serta kulit aku yang kelihatan lebih berseri (terlihat lebih sehat dan glowing) serta ada efek relaxing gitu dari aroma produknya.  Nah, untuk mencerahkan sih aku belum notice ya, mungkin perlu waktu pemakaian yang lebih lama agar lebih terlihat perbedaannya. Kalau memudarkan bekas jerawat juga perlu waktu yang perlahan-lahan alias gak instant, tapi aku seneng sih dengan proses perlahannya ini karena menunjukan bahwa kinerja produknya aman, karena patut dicurigai jika sebuah produk skincare bisa memudarkan bekas jerawat sampai bersih dalam waktu singkat bisa saja mengandung bahan yang kurang aman untuk kulit.

Aku puas dengan manfaat yang diberikan oleh Rintik RB+ Nourish Face oil ini, jadi bagi kalian yang memiliki masalah kulit gampang kering dan kusam aku sangat merekomendasikan produk ini buat ditambahin dalam skincare routine kalian. Jika mau kepo dengan produk-produk Rintik Skincare, kalian bisa cek melalui beberapa platfrom ini ya  :

instagram : @rintik.skincare
Shopee : Rintik_Skincare

Kalo kalian tertarik buat langsung coba bisa dapetin produknya lewat link ini dengan harga IDR. 180.000,- 👇 

Menurutku antara harga dan kualitas produknya sebanding dengan manfaat produk yang didapatkan, terlebih bahan-bahan yang ada didalam face oil nya beneran alami tanpa bahan kimia yang pure mengandalkan ekstrak dari tumbuh-tumbuhan, jadi worth it banget. Okay gengs, sekain review-ku kali ini soal produknya Rintik Skincare ya, see you on another review ^_^






0 Response to "REVIEW : Rintik RB+ Nourish Face Oil -Vital Glow-"

Post a Comment

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel