REVIEW : Rintik Stretch Mark Oil, produk Lokal untuk samarkan Stretchmark!

Seiring pertambahan usia, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh kita sehingga kulit kita pun mengalami fase adaptasi terhadap bentuk tubuh kita yang baru dari waktu ke waktu. Contoh kasusnya ketika kita mengalami masa pubertas, sedang hamil atau mengalami penambahan maupun berkurangnya berat badan secara drastis dalam waktu yang cepat. Perubahan tersebut dapat berdampak pada kulit yang juga harus ‘terpaksa’ beradaptasi pada kondisi tubuh kita yang berubah. Akibatnya, kulit pun dapat menjadi renggang atau kendur sehingga dapat menimbulkan garis lekuk pada permukaan kulit yang seringkali disebut ‘stretchmark’, ‘selulit’ atau ‘singkayo’ dalam bahasa sunda.

Kita pasti sudah tidak asing dengan istilah stretchmark dan selulit. Kadangkala kita beranggapan bahwa kedua hal tersebut adalah konteks yang bermakna sama namun pada faktanya keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Dikutip dari Hellosehat, Stretch mark merupakan bekas luka/garis lekuk akibat perenggangan kulit yang salah satu pemicunya bisa diakibatkan oleh penambahan berat badan maupun peningkatan hormon. Ciri khas dari stretch mark adalah timbulnya garis lekuk berwarna putih hingga kemerahan pada permukaan kulit dimana warna tersebut jauh berbeda dengan warna kulit asli kita, sedangkan selulit merupakan tumpukan lemak yang seringkali bergelombang atau berkerut seperti kulit jeruk yang letaknya berada di bawah lapisan kulit,  sehingga dapat mengubah tekstur kulit namun tidak mengubah warna kulit. 

Selama masa pubertas, aku mengalami beberapa perubahan pada tubuhku. Kalau pada perempuan tentu jelas ketika puber payudara akan tumbuh, pinggul hingga buttocks (bokong/pantat) juga akan melebar dan lebih berisi. Dampak dari periode pubertas itu salah satunya adalah meninggalkan bekas pada buttocks-ku, yaitu stretchmark yang membentuk garis berwarna putih dan areanya lumayan luas, karena memang aku merasa bagian buttocks-ku itu lebih banyak bertumbuh dibandingkan bagian tubuhku yang lain xixi. Padahal kalau dilihat dari fisik aku termasuk kurus, tapi aku tetep punya stretch mark. Kukira stretchmark hanya dimiliki orang dengan berat badan berlebih saja, namun aku salah kira nih :’) 

Akhir-akhir ini aku sempet kepikiran dan insecure karena penampakan singkayo alias stretchmark yang ada di bokong-ku itu. Terlebih dalam waktu dekat aku akan menikah, jadinya kurang pede nanti kalau depan suami. Calon suamiku bakal mikir apa ya pas lihat stretchmark-ku itu wkwk walau aku sempet bertanya sama dia soal pendapatnya tentang stretchmark kemudian dia berpendapat gak gitu ambil pusing soal hal itu karena menurutnya itu adalah hal yang normal dan dialami hampir setiap manusia.

Tapi… aku pengen berusaha dulu deh buat meminimalisir keberadaannya. Untungnya pada zaman sekarang ini udah banyak inovasi medis, maka lahirlah produk tertentu untuk merawat kulit yang mengalami stretchmark dan selulit hingga akhirnya aku jadi kepikiran pakai produk khusus yang bisa nge-treat stretchmark-ku itu supaya penampakannya lebih samar atau pudar. Karena aku baca-baca kata dermatologist stretchmark itu sulit untuk dihilangkan secara tuntas, kita hanya bisa melakukan perawatan untuk menyamarkannya saja, bukan untuk menghilangkan ya..

Aku sempet mampir ke beberapa produk buat treatment stretchmark di e-commerce dan menelusuri ulasannya. Setelah berbagai pertimbangan dari sekian banyak pilihan, aku tertarik untuk mencoba produk stretchmark oil Rintik Skincare. Alasannya karena si Rintik Stretchmark oil ini kemarin-kemarin viral dan kategori Best Product for Mom & Baby di TikTok pada akhir tahun lalu. Sebenernya aku sudah gak asing dengan produk Rintik Skincare karena sebelumnya pernah coba shower oil dan face oil nya. Kebetulan aku cocok banget sama face oil-nya, jadinya aku berekspektasi tinggi nih dengan produk stretchmark treatment-nya yaitu Rintik Stretch Mark Oil. Btw bagi kamu yang belum tahu, Rintik Skincare merupakan brand skincare lokal asli Indonesia yang memiliki konsep produk skincare yang yang terinsipirasi dan memanfaatkan bahan natural dari alam.

Setelah mencoba selama seminggu, aku rasa waktunya sudah cukup untuk aku berbagi review-nya ke temen-temen disini yang lagi penasaran juga soal Rintik Stretchmark Oil, gimana ya performa produknya setelah seminggu aku pakai rutin? Apakah hasilnya sesuai ekspektasiku? Yuk keep scrolling!


PACKAGING

Rintik Stretch Mark Oil ini dikemas dalam botol plastik berbentuk tube silinder dengan warna coklat terang transparan sehingga kita dapat melihat berapa banyak isinya. Tutupnya berwarna hitam dan berbentuk disc cap, jadi kita tinggal tekan tutup botolnya hingga mulut botolnya terangkat. Menurutku kemasannya ini compact serta tidak terlalu besar untuk dibawa berpergian. Desain kemasannya pun simple tapi berkarakter khas brand Rintik Skincare. Pada saat keadaan baru botolnya dibalut segel plastic wrap serta box berwarna putih yang juga bersegel. Jadi insyaallah bakalan aman banget gak perlu worry produknya bakal tumpah atau diicip oleh orang yang gak bertanggung jawab sebelum produknya sampai ke tangan kita. Oh iya pada box nya juga tersedia informasi mengenai produk serta tercantum nomor registrasi BPOM Indonesia.






Oh iya, volume atau berat bersih dari Rintik Stretch Marks Oil ini 90 ml. Selama pemakaian aku gak ada masalah yang berarti dengan kemasannya. Tutup botolnya dapat berfungsi dengan seharusnya dan ukuran botolnya pun pas, jadi gak akan menuhin pouch jika seandainya mau dibawa travelling.

CLAIMS & INGREDIENTS
Rintik Stretch Mark Oil memiliki kandungan collagen dan stemcell infused yang diformulasikan dari USA, telah teruji klinis dalam membantu memperbaiki tekstur kulit dan menyamarkan stretch mark sehingga kulit Kembali halus dan mulus seperti sedia kala. Formula alaminya dapat membantu meningkatkan produksi collagen agar elastisitas kulit tetap terjaga serta dapat mencegah perubahan warna dan mengurangi rasa gatal pada area yang mengalami peregangan.

Product details, Claims & Ingredients


Hero Ingredients Rintik Stretch Mark Oil :

  • Collagen : perpaduan formula alami dari Rice Bran, Grapeseed dan Lemon extract yang kaya akan kandungan kolagen yang dapat merangsang pembentukan kolagen lebih cepat, mempercepat proses regenerasi sel kulit baru serta membuat kulit terasa lebih halus
  • Stem Cell Infused : Formula unik yang diperoleh dari Apel langka yang berasal dari Swiss. Stem cell mampu merawat dan memperbaiki jaringan kulit, mengaktifkan regenerasi stem kulit dan meningkatkan vitalitas serta umur dari stem cell kulit.
  • Grapeseed Oil : mengandung antioksidan proanthocyanidin yang mampu meratakan warna kulit, dengan penggunaan konsisten dapat menstimulasi produksi kolagen sehingga kulit tetap lembab, halus dan kenyal
  • Lemon extract : mengandung antioksidan yang tinggi dan menjadi pencerah alami dan menghancurkan kotoran dan sel kulit mati
  • Rice Bran Oil : Kaya akan kandungan antioksidan, vitamin E dan Fatty acid (omega 3, 6 & 9) yang mampu melembabkan kulit, menjaga elastisitas kulit sehingga kulit menjadi kencang dan mencegah perubahan warna kulit
  • Astragalus Root Extract : tinggi antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan serta merangsang pembentukan kolagen dan protein yang banyak ditemukan di kulit. 

Cara penggunaan : 

Oleskan Rintik Stretch Mark Oil secara merata pada area stretch mark seperti perut, payudara, pinggul dan paha hingga menyerap sempurna. Lakukan pijatan di area stretchmark dengan Gerakan lurus secara cepat selama 5-10 menit menggunakan telapak tangan atau alat pijat khusus stretchmark (fascia Roller). Untuk hasil maksimal lakukan secara rutin 2x sehari setelah mandi atau di pagi hari dan malam hari.

"Benefits dari pemakaian stretch mark oil Rintik teruji klinis dapat memudarkan stretchmark serta memperbaiki tekstur kulit akibat stretchmark dan selulit. Hasil yang didapatkan bervariasi, mulai terlihat setelah 1 minggu hingga 6 bulan pemakaian. Rintik Stretch Mark Oil ini aman digunakan oleh Remaja mulai dari usia 14, Ibu hamil sejak awal trimester dan Ibu menyusui"
(Information source : Rintik Skincare Official Shopee)


PRODUCT PERFORMANCE

Saat pertama kali mencoba produknya, aku impressed banget sama wanginya! Wanginya itu soft dan ada sedikit aroma coconut campur vanilla kalo menurut aku. Jadi keinget dengan Shower Oil nya Rintik yang pernah aku coba tahun lalu. Pokoknya aroma produknya enak, tapi soft gak nyegrak sama sekali jadi gak akan mengganggu, apalagi setelah diusap perlahan aromanya menghilang dengan sendirinya.

tekstur Rintik Stretchmark Oil

Sebagai orang yang sering menggunakan produk carrier oil dalam kehidupan sehari-hari seperti grapeseed oil, sunflower oil, candlenut oil dsb, tentu aku udah familiar dengan tekstur beragam oil. Aku pikir Stretchmark Oil Rintik ini bakalan bertekstur seperti carrier oil pada umumnya. Ternyata aku salah, Rintik Stretch mark Oil ini memiliki tekstur yang menyerupai essence. Aku pernah pakai essence korea dan teksturnya seingetku mirip dengan Rintik Stretchmark Oil ini. Teksturnya cenderung agak kental dan sedikit berwarna putih namun tidak begitu pekat. Awalnya aku pikir teksturnya akan terasa berat setelah dibalurkan di kulit, ternyata setelah diaplikasikan terasa ringan dan gak terasa greasy atau lengket. Walau Namanya ‘oil’, menurutku teksturnya gak mirip oil sama sekali. Malah lebih ke watery-gel gitu. 

Daya serapnya juga cepat, dan after feels-nya pada kulit yang ada stretchmark-nya jadi lebih nyaman sih, biasanya area yang ada stretchmark-nya sering kering dan kadang-kadang gatal karena memang aku selama ini gak ada perawatan khusus untuk area tersebut, tapi semenjak rutin pakai stretchmark oil rintik ini aku merasa area pinggul dan bokong aku yang banyak stretchmark-nya jadi lebih lembab dan halus. First impression saat pertama kali pakai juga gak menimbulkan reaksi negatif seperti perih atau gatal. Kulitku bisa beradaptasi dengan stretchmark oil Rintik Skincare.


Biasanya aku pakai produknya setiap habis mandi pagi atau sore dan reapply pemakaian Ketika mau tidur malam. Aku aplikasikan secukupnya, kira-kira 4 tetes untuk area buttocks dan pinggul menggunakan telapak tangan sembari dipijat sesuai instruksinya.  

sumber gambar : Rintik Skincare Official Shopee


Dari info yang kudapat dari Rintik Skincare Official Shopeedan Instagram resminya, mereka menyarankan penggunaan dengan teknik Fascia Treatment yang dapat membantu memudarkan stretchmark hingga ke lapisan fascia kulit. Fascia Treatment merupakan teknik perawatan yang diapatasi dari USA. Teknik tersebut mengkombinasikan penggunaan Rintik Stretchmark Oil dengan alat bernama Fascia Roller yang terbukti dapat menyamarkan stretchmark, mengurangi selulit dan bekas luka 3x lebih efektif dibandingkan tanpa menggunakan fascia roller.

 

Lalu, apakah benar Rintik Stretch Mark Oil ini bisa mengurangi/menyamarkan tampilan stretchmark pada kulitku?

Sebelum memutuskan menggunakan produknya, aku udah terlebih dahulu riset gimana sih ulasan orang-orang yang menggunakan produknya. Karena Rintik Stretch Mark Oil ini diformulasikan dari bahan-bahan alami, tentunya penggunaannya memerlukan waktu serta pemakaian yang rutin dan konsisten untuk dapat melihat kinerjanya, tidak bisa instan. Dari yang aku baca sih melalui ulasan pengguna Rintik Stretchmark oil di toko oren katanya mereka merasakan ada progress setelah pemakaian 1 minggu hingga 6 bulan tergantung dari seberapa ‘berat’ stretch mark atau selulit-nya.

Berhubung badanku termasuk kurus dan petite, aku gak memiliki begitu banyak stretchmark apalagi selulit. Namun karena pinggul dan buttocks-ku mayan bertumbuh banyak semasa pubertas, akhirnya hal tersebut berdampak meninggalkan banyak garis cakaran macan alias stretchmark yang menurutku sih mayan mengganggu karena kelihatan jelas banget, garis-garis putih memanjang horizontal di sepanjang pinggul dan buttocks aku :’) but anyway kalau biasanya aku suka share foto before after-nya, kali ini aku gak bisa share ya berhubung produknya aku pakai di area tubuh yang sensitive xixi

Nah kurang lebih selama seminggu pemakaian aku mulai notice kulit di sekitar area pinggul serta booty alias pantat aku jadi lebih halus dan agak cerahan. Garis garis putih stretch mark-nya belum samar/pudar secara signifikan, namun aku rasa garis putihnya jadi enggak terlihat sejelas/seterang pas sebelum aku rutin pake stretchmark oil Rintik, jadi garis putihnya itu masih ada tapi gak terlihat sejelas sebelumnya. Apakah itu tandanya garis stretchmark-ku sekarang mulai sedikit demi sedikit memudar? Yang jelas aku seneng sih dengan progress-nya tersebut di kulit aku. Sepertinya aku butuh pemakaian dalam rentang waktu yang lebih lama untuk melihat perubahan yang lebih signifikan lagi. Nanti aku usahakan akan update pemakaiannya setelah aku pakai selama 1-2 bulan ya, apakah perubahannya semakin terlihat atau tidak.

 

OVERALL REVIEW

Rintik Stretch Mark Oil merupakan produk perawatan stretch mark dan selulit yang bisa kamu masukin list untuk dicoba. Bahan bakunya yang berasal dari bahan alami menjadikan produknya memiliki formula yang aman dan minim risiko sehingga aman digunakan untuk ibu hamil sejak trimester pertama hingga ibu menyusui. Karena berbahan dasar alami tentunya diperlukan waktu dan pemakaian yang konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dalam pemakaian seminggu aku sudah merasakan perbedaannya karena sekarang area kulit yang ada stretch mark-nya jauh lebih lembab dan halus serta penampakan garis putih stretch mark nya menjadi sedikit lebih samar daripada sebelum pemakaian. Jadi walaupun garisnya masih ada, namun tidak sejelas ketika sebelum aku pakai stretch mark oil-nya Rintik. Menurutku hal tersebut wajar sih karena baru pakai seminggu. Mungkin aku butuh waktu 4-8 minggu untuk hasil yang lebih signifikan.

Bagi kamu yang masih ragu untuk mencoba produk ini karena parno duluan takut greasy atau lengket mengingat Nama produknya yang ada kata ‘oil’ nya, kalian gak perlu khawatir. Walaupun dia bernama ‘oil’, teksturnya sama sekali bukan oil, menurutku lebih mirip essence atau serum. Beneran ringan di kulit, cepat menyerap dan gak lengket.

Untuk mendapatkan produknya, kamu bisa dapatkan secara online melalui beberapa platform e-commerce Resmi Rintik Skincare. Berikut aku share link dari Toko Oren alias Shopee Resmi Rintik Skincare, bisa di klik melalui link dibawah ini ya untuk checkout produknya:

 Rintik Stretch Mark Selulit Oil - Rintik Skincare Official Shopee

Harga dari Rintik Stretch Mark Oil menurutku termasuk worth it karena bersaing dengan beragam macam produk stretchmark oil lainnya, saat ini harganya berkisar IDR 108.900/botol dengan isi 90 ml. Pastikan kalian membelinya dari platform resmi Rintik skincare agar terjamin keasliannya, ya. Kalau kamu masih punya pertanyaan soal produknya bisa bertanya ke akun media sosial rintik skincare di Instagram @rintik.skincare atau melalui platform shopee Rintik Skincare Official.

Oke gengs, sekian review-ku kali ini soal Rintik Stretchmark Oil, semoga bisa menambah referensi kalian terkait produk tersebut ya, see you on another review^^




0 Response to "REVIEW : Rintik Stretch Mark Oil, produk Lokal untuk samarkan Stretchmark!"

Post a Comment

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel