REVIEW : Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen SPF 50 PA++++, sunscreen dengan skincare benefits!

Yes sunscreen lagi! Aku emang aware banget soal pakai sunscreen karena aku udah rasain sendiri manfaat yang aku dapatkan dari rutin menggunakan sunscreen. Makanya tiada hariku tanpa sunscreen hehehe mungkin sebagian dari kalian juga tahu kalau Sinar matahari itu punya beragam dampak buruk terhadap kulit, selain bikin muka gosong dan belang, efek buruk sinar UV juga bisa bikin kulit mengalami penuaan dini hingga kanker kulit. Berdasarkan info yang udah aku baca, sinar UV itu terbagi menjadi dua yaitu UVA yang dapat membuat kulit menjadi keriput dan memunculkan tanda penuaan dini seperti flek hitam, sedangkan UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan menjadi gelap. 

Selain sinar matahari, permasalahan ditambah lagi dengan sinar gadget. Di zaman serba digital ini kita terus beraktivitas berdampingan dengan gadget. Sinar dari gadget alias blue light juga bisa menimbulkan dampak negatif untuk kulit loh, seperti mempercepat tanda penuaan pada kulit. Makanya kita wajib banget sih pakai sunscreen yang bisa melindungi dari efek buruk sinar matahari UVA, UVB sekaligus Blue light (triple protection) untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari sekaligus Blue light. 

Oh iya setahu aku, sunscreen punya beberapa jenis tergantung dari bahan aktif anti UV di dalamnya, yang pertama ada chemical sunscreen, physical sunscreen dan hybird sunscreen (gabungan chemical dan physical sunscreen). Biasanya aku suka pakai physical sunscreen atau hybird sunscreen, nah kali ini aku kepincut pengen cobain sunscreen dengan bahan aktif chemical seperti ethylhexyl methoxycinnamate, octolyrene dan homosalate dari salah satu brand lokal yaitu punya kak Felicia Angelista, yaitu Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen SPF 50 PA++++ dengan kandungan skincare benefits untuk melembabkan dan menjaga skin barrier kulit serta Blumilight yang teruji klinis melindungi dari sinar UV sekaligus Blue light. Ini tuh merupakan sunscreen pertamanya mereka loh, makanya aku penasaran apakah sunscreen nya efektif gak sih untuk menangkal efek buruk sinar UV serta blue light dan apakah formulanya nyaman gak tuh di kulit?

Setelah pemakaian satu minggu aku rasa aku sudah bisa berbagi review-ku soal Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ini. Yuk keep scroll up untuk review nya! 


Packaging

Pertama aku akan bahas kemasannya. Kemasannya ini simpel dan gak neko-neko. Saat keadaan baru dilengkapi dengan kemasan plastik di luarnya yang memuat informasi produk hingga ingredient. Informasi produknya ini ditulis pakai bahasa Inggris dan indonesia. Pada bagian belakang kemasan plastik luarnya terdapat logo hologram khas produk scarlett whitening, kamu bisa cek keaslian produknya lewat serial number yang tertera pada logo hologramnya lalu submit ke website verify.scarlettwhitening.com. Pastikan produk scarlett yang kamu dapatkan asli ya karena di luar sana gak sedikit oknum yang memalsukan produk scarlett. Jadi biar gak waswas pastikan juga kamu dapetin produknya dari trusted seller, lebih baik lagi purchase langsung dari official store nya atau dari reseller resmi scarlett.



Kemasan sunscreenya sendiri datang dengan tube plastik glossy dan pipih. Bikin kemasannya terlihat ramping sekaligus sleek. Dengan desain minimalis serta perpaduan warna pale yellow dan tosca yang bikin look kemasannya terlihat fun and playful. Isi sunscreennya cukup banyak yaitu 50ml. Pada kemasan tertulis bahwa Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ini ditujukan untuk pemilik normal to dry skin, ya. Jadi untuk aku sih cocok karena aku tipikal kulitnya itu kering.




Overall aku gak masalah dengan kemasannya. Semuanya oke. Mulut tube nya juga oke  gampang dibuka dan bisa secure produknya dengan baik. Selain itu bentuknya juga pipih jadi gak akan menuhin pouch skincare ketika dibawa berpergian.


Claims & Ingredients

Dilihat dari claims pada kemasannya Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen SPF 50 PA++++ ini memgklaim memiliki triple protection dari sinar UVA, UVB dan Bluelight sekaligus membantu memberikan hidrasi pada kulit dan membantu mempertahankan skin barrier  yang sehat dengan kandungan skincare yang memberikan extra moisture & glow pada kulit.


Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen bermanfaat untuk :

- Melindungi kulit dari efek buruk radiasi blue light dengan Blumilight

- Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar UVA dan UVB dengan kandungan SPF 50 PA++++ yang merupakan Broad Spectrum Sunscreen

- Pro vitamin B5 dan Phyto whitening (Arisaema Amurense Extract)  mendukung untuk ekstra mencerahkan dan ekstra melembabkan kulit

Lalu memiliki skincare benefits didalamnya yang mengandung :


Bisabolol - membantu menghidrasi kulit, melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar matahari, membantu menyejukan kulit yang teriritasi ringan, Membantu melawan bakteri penyebab jerawat


Allantoin - menyejukan kulit yang teriritasi ringan, merawat kulit agar tetap halus lembut dan tidak kering, menghidrasi kulit


Aloe barbandesis extract (aloe Vera) - membantu menyamarkan noda gelap pada wajah, membantu menyejukan kulit yang teriritasi ringan, menjaga kelembapan kulit


Glycine Soja (Soybean) Oil - membantu menyamarkan noda gelap dan meratakan warna kulit, melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari, menjaga kelembapan kulit. 


Ingredients list : 

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Homosalate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Ethylhexyl Salicylate, Octocrylene, C12-15 Alkyl Benzoate, Cetearyl Alcohol, Aminomethyl Propanol, Butylene Glycol, Glycerin, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Polyacrylate Crosspolymer-6, Trimethoxybenzylidene Pentanedione, Phenoxyethanol, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Arisaema Amurense Extract, BHT, Bisabolol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Allantoin, Aminomethyl Propanol, Decyl Glucoside, Panthenol, Glycine Soja (Soybean) Oil, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, T-Butyl Alcohol, 1.2-Hexanediol,  2-Aminobutanol, Tocopherol, Theobroma Cacao Seed Extract.

Seperti yang udah aku jelaskan sebelumnya kalau Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ini termasuk kategori Chemical Sunscreen karena mengandung bahan aktif anti UV berjenis Chemical seperti yang aku tulis dalam warna font kuning bold italic pada list ingredients. Anti UV yang terkandung dalam Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ini mencakup anti UVA, UVB, dan Broad spectrum yang mencakup anti UVA sekaligus anti UVB yaitu Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine. Even Scarlett ini termasuk Chemical sunscreen, pada kemasannya mengklaim kalau Scarlettt Sun Bright Daily Sunscreen teruji dermatologis memiliki Formula hypoallergenic yang artinya membuktikan bahwa produknya seminimal mungkin menimbulkan alergi atau iritasi pada kulit sehingga aman untuk kulit sensitif sekalipun.



Namun perlu diingat kalau skincare itu sifatnya personal ya, kadang di orang lain cocok, kadang  di kita enggak. Jadi memang kita sendiri yang perlu trial & error soal cocok atau enggaknya skincare yang kita pakai. Jangan terpaku sama hasil yang didapat orang lain ya, cukup jadikan referensi karena hasilnya bisa berbeda tergantung jenis kulit, skincare lain yang dipakai serta kondisi cuaca di tempat kita tinggal. 

Cara pakai : gunakan sunscreen secukupnya pada wajah dan leher sebelum melakukan aktivitas di pagi dan siang hari. Hindari area mata.

Kalau aku biasanya pakai sunscreen scarlett ini pagi hari setelah pakai day skincare sebanyak 2 jari. Lalu kadang aku re-apply pada siang hari ketika mau keluar rumah.

Product Performance

Sunscreen scarlett ini punya formulasi creamy lotion tapi saat dibaurkan dia akan lumer dan cukup gampang meresap di kulit. Selama 1 minggu mencoba, aku merasa dia cukup mudah untuk di blend di wajah aku. Aku apply di step terakhir day skincare. Oh iya, jangan lupa untuk pakai sebanyak 2 jari ya untuk dapat triple protection-nya yaitu melindungi dari sinar UVA, UVB dan Blue light. Teksturnya juga masih terasa nyaman di kulit, gak terasa berat dan gak yang lengket gitu di kulit. Warnanya agak sedikit kekuningan, tapi setelah dibaurkan di wajah dia gak ada warnanya dan gak meninggalkan efek whitecast.


Untuk after finishnya sesuai klaimnya yaitu extra moist & glow. Berasa lembap banget alias super moist dan terlihat extra glowing. Mungkin bagi beberapa orang dengan tipikal kulit seperti oily skin tapi pengen cobain sunscreen scarlett ini bisa skip step moisturizer karena memang aku ngerasa dia lebih moist daripada sunscreen-sunscreen yang pernah aku coba. 


Before - after pemakaian
Scarlett Sun Bright Daily sunscreen,
Maaf karena perbedaan pencahayaan.

Aku merasa efek glowingnya ini wow banget. Wajah auto kelihatan basah gitu seperti habis pakai emollient moisturizer saking lembabnya. Karena tipe kulit aku kering jadi aku oke-oke aja dengan finishnya ini. Soalnya setelah pemakaian 3-4 jam wajahku masih aman-aman aja gak jadi tambah berminyak dan gak bikin kusam. Nah karena biasanya aku suka bedakan setelah pakai sunscreen, jadinya aku suka pakai bedak loose powder setelah pakai sunscreen scarlett ini ketika lagi di rumah,  tentunya si efek glowingnya ini ketutup setelah pemakaian bedak dan hasilnya jadi matte. Personally, aku merasa jadi lebih nyaman kalau pake sunscreen kemudian ditimpa bedak karena aku memang sukanya begitu sih jadi kek clean aja ketika lihat muka. Gak kusem dan seger aja gitu lihatnya. Tapi pernah 2x aku coba gak apply bedak setelah pakai sunscreen scarlett ini karena penasaran gimana kelihatannya jika gak ditimpa bedak, jadinya memang wajahku kelihatan lebih glowing aja daripada biasanya ketika pakai sunscreen scarlett ini.


Untuk aroma sunscreen-nya ini aku sulit deskripsikan gimana aromanya. Dia ada aromanya, something chemicals but subtle dan gak lingering alias menghilang seiring produknya meresap ke kulit. Aromanya ini gak menyengat kok, aku masih bisa mentoleransi aromanya karena menghilang setelah produknya meresap. Dilihat dari ingredients-nya sih dia gak ada fragrance ya, so it's a good news dan aku juga bukan tipikal orang yang suka face products yang ada fragrance nya. Oh iya dalam sunscreen scarlett ini ada kandungan turunan alcohol yaitu Cetearyl alcohol merupakan golongan fatty acids berperan sebagai emollient (pelembap) dan t-Butyl Alcohol yang berperan sebagai pelarut dalam skincare yang terbukti klinis aman penggunaannya pada produk perawatan kulit. Tidak ada kandungan paraben juga, jadi untuk preservatif alias pengawetnya, sunscreen scarlett ini menggunakan Phenoxyethanol yang katanya jauh lebih aman dibanding penggunaan preservatif paraben.


Oh iya apakah dia piling? Di aku enggak, masih aman dipake setelah skincare ataupun dibawah makeup. Waktu reapply juga masih oke selama kondisi kulit dalam keadaan lembab. Biasanya sebelum reapply aku pake face mist Scarlett c power dulu biar kulitku agak lembab sebelum reapply sunscreen-nya. Tapiii harap hindari area mata ya. Karena pas pertama kali coba aku malah pakai sunscreen nya di area mata juga karena memang terbiasa begitu. Ternyata dia agak bikin mataku perih gitu. Pantas saja di instruksi produknya bilang hindari area mata karena memang mungkin formulasi produknya belum eye friendly nih. Semoga kedepannya scarlett improved Formula nih ya biar sunscreen-nya nyaman dipake even terkena area kulit di sekitar mata. 


Untuk perlindungannya juga aku merasa dia efektif melindungi kulit aku dari sinar UV, karena setelah pakai gak bikin wajahku jadi belang atau kusam. Gak timbul flek baru juga. Selama seminggu pakai dia nyaman-nyaman aja di kulit aku, gak nimbulin masalah kulit baru seperti jerawat atau komedo. Gak bikin wajahku berminyak juga mungkin karena memang formulanya sesuai untuk kulit aku yang dry skin. Untuk perlindungan dari blue light aku gak begitu merhatiin ya, tapi sejauh ini kulit aku baik baik aja setelah pakai sunscreen scarlett, enggak jadi nambah kusam, berminyak ataupun belang. So i think produknya bekerja efektif di kulit aku.


Conclusion

It's a good sunscreen, especially for people with dry skin type like me. Aku lebih merekomendasikan sunscreen ini untuk pemilik kulit kering mengingat finishnya yang super moist dan glowy. Tapi gak ada salahnya mencoba sih buat another skin type like combination or oily skin, bisa diakali dengan skip moisturizer saat pakai sunscreen ini biar finishnya gak terlalu basah.

Overall aku suka dengan formulasinya, tapi aku berharap kedepannya Scarlett meng-improve formula sunscreen-nya agar lebih ramah saat terkena kulit area mata dan bikin another sunscreen baru lagi yang universal untuk semua jenis kulit.

Produk Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen SPF 50 PA++++ bisa kamu dapatkan dengan harga resmi IDR 75.000 per tube-nya berisi 50ml di official e-commerce store resmi scarlett. Kalau lagi promo kalian bisa dapetin harga spesial loh jadi bisa lebih hemat. Kalau kamu penasaran mau mencoba juga bisa purchase produknya pada link ini ya  https://linktr.ee/scarlett_whitening, silahkan pilih platform e-commerce yang paling kamu suka untuk belanja produknya. 

Oke gengs sekian review-ku kali ini, semoga menambah referensi kalian terkait Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ya! See you on another review^^ 


0 Response to "REVIEW : Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen SPF 50 PA++++, sunscreen dengan skincare benefits! "

Post a Comment

Komentar berisi Link aktif, Promosi dan Spam akan dihapus. Mohon login dengan akun google saat berkomentar agar mendapatkan notifikasi balasan dariku. Komentar dari akun anonim/unknown akan otomatis terhapus :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel